3 Keuntungan Tender Bisnis Bagi Vendor, Juga Penyedia Jasa

3-keuntungan-tender-bisnis-bagi-vendor-juga-penyedia-jasa

Tender bisnis adalah aktivitas dimana perusahaan penyelenggara mempresentasikan proyek yang dimilikinya, lalu perusahaan peserta bersaing untuk dapat mengerjakan proyek tersebut.

Sebagai aktivitas bisnis, tender melibatkan dua pihak, vendor (pemilik proyek) dan penyedia jasa (pihak yang akan mengerjakan proyek). Dengan demikian, istilah tender tidak melulu tentang pemerintah dan swasta.

Keuntungan Tender Bisnis, Di Mata Vendor dan Penyedia Jasa

Tender dalam bisnis dilakukan agar vendor (pemilik proyek) mendapatkan penawaran terbaik dari puluhan atau ratusan penawaran perusahaan sejenis. Sedangkan bagi penyedia jasa, Mendapatkan tawaran bisnis merupakan jalan keberlangsungan operasional usaha. 

Sebagaimana bisnis lainnya, tender memiliki manfaat bagi kedua belah pihak, vendor dan penyedia jasa. Berikut manfaat tender bisnis bagi vendor:

Efektifitas Pengadaan Barang Dan Jasa

Tender merupakan proses pemilihan mitra dengan sistem lelang, sehingga akan lebih efektif. Selain menghemat waktu, pemilik tender dapat menjatuhkan pilihan pada penyedia jasa yang memberikan penawaran terbaik.

Terbuka dan Transparan

Tender bersifat terbuka, karena pembukaan tender dan penawaran penyedia jasa dilakukan bersamaan dalam satu ruangan. Penawaran penyediaan jasa dari setiap perusahaan dapat dilihat perusahaan lain. 

Hal Ini dapat meminimalisir terjadinya penipuan atau bid and run. Terlebih lagi jika ada peraturan proses tender hanya dapat diikuti oleh peserta yang sudah diverifikasi.

Penawaran Kompetitif Dalam Tender Bisnis

Oleh karena dilakukan di ruangan dengan beberapa penyedia jasa, maka harga yang ditawarkan akan semakin murah sedangkan fitur semakin baik.

Hal ini sangat menguntungkan bagi pemilik tender, karena dapat menghemat anggaran yang ditentukan sebelumnya.

Terlihat hanya menguntungkan satu pihak sajakah bagi Anda? Tentu tidak, bisnis hanya akan berjalan jika kedua pihak merasa diuntungkan. Keuntungan yang akan didapat penyedia jasa adalah bertambahnya omset perusahaan.

Semakin besar nilai kontrak akan membantu pertumbuhan operasional perusahaan. Selain itu, mendapatkan tender akan dapat memperbanyak portfolio penyedia jasa, seperti menciptakan track record yang sangat diperlukan dalam dunia bisnis.

Memenangkan tender merupakan awal pencapaian suatu perusahaan, karena contoh tender akan dilibatkan dalam proyek besar perusahaan. Selain itu juga merupakan kesempatan untuk menaikkan prestige dan reputasi perusahaan.

Meski harga yang diberikan kompetitif, tapi dalam bisnis, mendapatkan keuntungan berlimpah bukan satu-satunya pencapaian.

Dengan keuntungan standar atau bahkan kurang dari itu, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan yang manis di masa yang akan datang. Salah satu keuntungan tersebut adalah kontinuitas projek.

Sifat dasar manusia untuk memberikan kepercayaan. Jika pemenang tender dapat membuktikan kualitas pekerjaannya pada tender pertama, maka kemungkinan tender-tender berikutnya akan sangat besar diberikan padanya.

Keuntungan lainnya adalah menambah relasi. Dalam dunia bisnis, relasi sangatlah penting, seumpama jalan raya yang mendukung jalan protokol. Semuanya dapat melancarkan arus baik ketika menyelesaikan proyek, atau juga untuk mendapatkannya.

Dalam penawaran tender, vendor akan mencantumkan  nama-nama perusahaan peserta beserta dengan profil singkat, termasuk juga nomor kontak. 

Baca Juga: Contoh Bisnis Plan, Lengkap dengan Jenis dan Cara Membuatnya

Kelak, hal ini akan menguntungkan, karena bisa saja ternyata di lain waktu Anda membutuhkan bantuan mereka. Dalam dunia bisnis, semua lawan adalah teman, dan teman bisa menjadi lawan.

Manfaatkan Procurite Untuk Perlancar Tender

Setelah mendapatkan tender bisnis, Anda dapat mencari supplier di Procurite. Fitur katalognya memakai kategori yang umum, sehingga Anda dapat mencari barang yang diperlukan dengan mudah.

Adalah Procurite, aplikasi yang mengelola pembelian juga pengeluaran perusahaan Anda dengan langkah yang mudah dipahami. Aplikasi ini sudah didukung dengan sistem on cloud dan base cloud dengan teknologi terkini yang mampu mempermudah penggunanya.

Anda dapat mengkoordinasikan pembelian, mengurangi biaya pengeluaran, juga memantau semua proses pengadaan barang di satu aplikasi dengan cepat dan akurat.

Dalam mengajukan penawaran tender bisnis, pertimbangkan kelanjutan usaha kedepannya, keuntungan merupakan prioritas akhir. Langkah ini akan membuahkan hasil yang lebih manis kelak, di kemudian hari.

logo procurite

Tebet Timur Dalam Raya No 43 Jakarta, Indonesia

procurite phone icon+(62-21) 8357385

procurite phone icon085811417123