3 Syarat E Tendering Adalah Hal Wajib, Apa Saja?

3-syarat-e-tendering-adalah-hal-wajib-apa-saja

E tendering adalah pemenuhan kebutuhan barang bagi instansi pemerintah. Sistemnya memungkinkan semua pihak berpartisipasi dan memenangkan tender. 

Kebutuhan barang, seperti alat tulis kantor, mesin produksi dan lainnya bagi sebuah lembaga sangat penting. Untuk memenuhinya, sebuah institusi melakukan kerja sama dengan vendor sebagai pihak penyedia.

Pengertian E Tendering Adalah, Syarat dan Tujuannya

E tendering banyak dilakukan oleh institusi karena prosesnya cepat, singkat dan tidak membutuhkan seleksi panjang. Pihak vendor hanya perlu memasukkan data penawaran harga saja, selanjutnya bisa dilakukan proses seleksi.

Pengertian E tendering adalah

Proses E Tendering merupakan sistem sekali penawaran secara terbuka untuk menentukan vendor yang akan mensuplai kebutuhan barang. Sistem ini dilakukan secara elektronik. Institusi yang mengadakannya adalah milik pemerintah.

Seperti namanya, proses ini dilakukan secara online melalui aplikasi yang tersedia. Jenis aplikasi tersebut harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:

  • Melindungi Hak Atas Kekayaan Intelektual atau HAKI
  • Dalam pertukaran domuken, kerahasiaan data terjamin
  • Terdapat sistem keamanan data, dimana semua informasi aman dan hanya dapat diakses pada waktu tertentu.

Perbedaan E Tendering Dengan E Purchasing

Dua istilah ini seringkali digunakan dalam proses penyediaan barang untuk sebuah institusi. Hal yang membedakan adalah, dalam E tendering, prosesnya sangat simpel, tanpa ada tawar menawar.

Sedangkan dalam e purchasing untuk proses pembelian barang atau jasa berdasarkan katalog yang diinformasikan. Prosesnya sama, menggunakan aplikasi yang sudah teruji. Untuk pengambilan keputusan melalui tahap yang panjang.

Syarat E Tendering Adalah

Tahap pada e tendering simpel, dimulai dengan pengumuman kebutuhan barang sampai ada yang menang tender. Pihak yang menyelenggarakan adalah Lembaga Pengadaan Secara Elektronik atau LPSE. Persyaratan yang harus terpenuhi adalah: 

  • Proses mengacu pada integrasi dan interoperabilitas dengan pengadan barang atau jasa secara elektronik.
  • Acuannya adalah standar untuk pengadaan barang dengan cara elektronik
  • Free lincency

Pelaksanaan tender dilakukan dengan cara simpel dan virtual. Vendor hanya cukup memasukkan penawaran harga. Proses tambahan seperti penilaian kualifikasi, teknis atau pun sanggahan tidak ada. Tahap E tendering adalah:

  • Pengiriman undangan untuk mengikuti proses seleksi
  • Pemasukan penawaran harga dari vendor
  • Pengumuman hasil atau pemenang proses E tendering

Tujuan e tendering

Semua proses e tendering tidak luput dari tujuan yang ingin dicapai oleh institusi atau lembaga pemerintah tersebut. Oleh karena itu, prosedur harus berjalan dengan fair dan transparan. Berikut tujuannya:

  • Meningkatkan sistem pengadaan barang yang transparansi dan akuntabilitas
  • Dengan sistem ini harapannya semua dapat meningkatkan persaingan yang sehat dalam usaha
  • Penggunaan sistem pendukung efisiensi sehingga meminimalkan biaya
  • Monitoring dan audit dapat berjalan dengan baik
  • Semua informasi dapat disampaikan secara akurat dan realtime

Istilah yang Biasa Digunakan Dalam E Tendering

Dalam E tendering terdapat beberapa istilah yang biasa digunakan. Agar tidak terjadi rancu dan bingung, perlu untuk mengetahui beberapa poin ini penting berikut:

  • E lelang: proses lelang secara elektronik untuk semua penyelenggara dengan tidak ada pembatasan peserta.
  • E seleksi: metode untuk memilih salah satu kandidat yang bisa mendapatkan proyek untuk pemenuhan kebutuhan barang atau jasa
  • Apendo: merupakan sebuah aplikasi khusus pengadaan barang yang dikeluarkan oleh Lembaga Sandi Negara

Saat ini banyak lembaga yang menggunakan e tendering karena simpel dan akurat, cepat dan terbuka. Untuk mendapatkan informasi lebih banyak tentang hal ini dapat mengakses Procurite.com.

Baca Juga : Proses Tender Pengadaan Barang

Aplikasi tersebut menggunakan basis cloud yang sangat nyaman dan ringan sehingga penggunaanya mudah dan tidak mengganggu sistem penyimpanan data yang lain. 

Penggunaan aplikasi ini memudahkan proses akses dan monitoring karena dapat dilakukan dari mana saja. E tendering adalah salah satu layanan dengan menggunakan sistem yang tepat, cepat dan akurat. 

logo procurite

Tebet Timur Dalam Raya No 43 Jakarta, Indonesia

procurite phone icon+(62-21) 8357385

procurite phone icon085811417123