4 Manfaat dan Indikator Penilaian Karyawan

4-manfaat-dan-indikator-penilaian-karyawan

Penilaian karyawan merupakan salah satu bagian dari manajemen SDM yang harus diterapkan oleh perusahaan. Prosesnya dilakukan secara berkala.

Perusahaan yang baik akan selalu care terhadap progress dan kendala yang dihadapi oleh karyawan. Karyawan tidak dapat bekerja secara maksimal tanpa adanya apresiasi dan dukungan dari manajemen.

Penilaian Karyawan, Manfaat dan Indikatornya

Karyawan merupakan komponen penting dalam pencapaian tujuan perusahaan. Kontribusinya sangat signifikan bagi perkembangan usaha. Proses penilaian bagi karyawan bersifat terbuka untuk mengenai potensi serta kelemahan SDM.

Arti proses terbuka, dilakukan secara dua arah dan melalui diskusi sehingga kedua pihak saling memahami kekurangan dan potensi masing-masing. Dalam hal ini baik karyawan maupun perusahaan mempunyai posisi sama penting.

Penilaian terhadap karyawan terkenal dengan istilah Performa Appraisal. Ini penting bagi perusahaan, terutama HRD dalam menentukan tindakan yang akan dilaksanakan sehingga potensi karyawan dapat bermanfaat secara optimal. Prosesnya efektif jika:

  • Fair
  • Sensitive
  • Objektif
  • Melalui perencanaan
  • Terdapat data pendukung
  • Relevan sesuai dengan job description karyawan
  • Dilakukan dengan diskusi dua arah antara karyawan dengan perusahaan
  • Dapat ditarik kesimpulan dalam bentuk laporan hasil penilaian

Proses Penilaian Karyawan

Sistem penilaian karyawan sangat penting. Sesuai dengan tujuannya, untuk mengetahui progress dalam bekerja, maka proses penilaian harus dilakukan secara berkala. Prosesnya adalah

1. Analisis Pekerjaan

Langkah awalnya adalah dengan mengetahui jabatan karyawan. Hal ini terkait dengan tanggung jawab dan job description yang menjadi tanggung jawabnya. 

2. Sistem Penilaian 

Terdapat beberapa sistem penilaian yang biasa digunakan oleh manajemen perusahaan. Sistem mana yang berlaku, karyawan perlu tahu sehingga bisa  mengupayakan pencapaiannya, yang biasa digunakan adalah:

  • Behavioral Appraisal: fokus pada tingkah laku
  • Personal/performer Appraisal: fokus pada sifat individu atau pribadi karyawan
  • Result Oriented Appraisal: fokus hanya pada hasil akhir dari pekerjaan
  • Contingency Appraisal: kombinasi dari beberapa sistem penilaian yang ada.

Manfaat Penilaian Karyawan

Manfaat penilaian bukan hanya bagi karyawan, tetapi juga terhadap perusahaan. Ini merupakan salah satu cara untuk menjalin kedekatan perusahaan dengan karyawan. 

  • Dapat secara langsung mengetahui prestasi karyawan
  • Menjalin komunikasi dua arah yang baik antara karyawan dan perusahaan
  • Menghindari kesalahan penilaian terhadap kinerja dan pencapaian karyawan
  • Menyampaikan informasi secara jelas dan detail terhadap hasil pekerjaan karyawan

Indikator Dalam Penilaian Seorang Karyawan

Masing-masing perusahaan mempunyai indikator yang berbeda untuk mengukur kinerja seorang karyawan. Hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Berikut diantaranya:

1. Disiplin

Sikap seorang karyawan terhadap peraturan perusahaan merupakan salah satu poin dalam mengukur kinerjanya. Kedisiplinan menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu, mengikuti peraturan perusahaan dan ketentuan lain sangat penting.

2. Leadership

Leadership atau kepemimpinan adalah modal dasar bagi seorang karyawan untuk menjadi team leader. Bukan itu saja, hal ini penting dan berhubungan dengan bagaimana bertanggung jawab terhadap tugas dan diri sendiri.

3. Kecepatan Menyelesaikan Pekerjaan

Setiap karyawan bukan hanya dituntut untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik, tetapi juga tepat waktu. Jika karyawan lambat dalam menjalankan tugas, bukan hanya dirinya yang rugi. Perusahaan bisa kehilangan banyak peluang.

4. Teamwork

Teamwork atau kerjasama tim merupakan modal untuk kemajuan karyawan. Perusahaan merupakan organisasi, di dalamnya banyak individu yang harus saling bekerja sama.

Jika seorang karyawan tidak bisa bekerja sama, maka bukan hanya dirinya yang rugi, tetapi jalannya perusahaan juga timpang. Oleh karena itu, team work merupakan bagian penting pada proses penilaian seorang karyawan.

Untuk membantu mengelola bisnis Anda dengan mudah di perusahaan. Khususnya dalam pengadaan barang Anda bisa menggunakan aplikasi dari Procurite, yang memiliki fitur base cloud terbaik untuk pengelolaan procurementnya. 

Anda bisa mendownload aplikasinya di App Store atau Google Store secara langsung. Sementara jika Anda ingin mempelajarinya lebih lanjut. Anda bisa mengunjungi home pagenya di website

logo procurite

Tebet Timur Dalam Raya No 43 Jakarta, Indonesia

procurite phone icon+(62-21) 8357385

procurite phone icon085811417123