7 Keunggulan E Purchasing dalam Proses Pengadaan Barang

7-keunggulan-e-purchasing-dalam-proses-pengadaan-barang

Pernah mendengar tentang e purchasing? Bagi Anda yang bergelut di bidang pengadaan barang atau jasa mungkin sudah awam dengan kata ini. E-purchasing merupakan satu metode pembelian barang atau jasa secara daring.

Elektronik purchasing atau e purchasing mungkin masih terhitung baru khususnya di Indonesia. Sehingga penerapannya kebanyakan dalam lingkungan pemerintahan saja.

Pengertian E Purchasing

Secara harfiah e-purchasing atau electronic purchasing merupakan cara atau metode pembelian barang atau jasa menggunakan sistem elektronik atau toko daring. Pembelian barang atau jasa dalam hal ini memakai metode e-katalog.

Di Indonesia aturan tentang e-purchasing ini termuat dalam peraturan Pemerintah dalam Perpres tahun 2010 nomor 54. Dalam ruang lingkup pemerintahan metode e-purchasing menggunakan dua wadah aplikasi secara umum.

Kedua wadah tersebut yakni katalog elektronik dan toko daring. Dua wadah ini merupakan bagian dari marketplace yang tentunya memiliki beberapa keunggulan. Apa saja keunggulan tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

Penggunaan E Purchasing Lebih Mudah

Keunggulan pertama dari metode e-purchasing adalah memberikan kemudahan pada Anda sebagai pengguna. Pasalnya seluruh cara pembelian dan item yang akan Anda beli telah tercantum dengan lengkap dalam sebuah katalog elektronik.

Kemudahan ini menghilangkan kebingungan saat akan menentukan pembelian barang atau jasa yang Anda perlukan.

Informasi Dalam E-Purchasing Lebih Akurat

Elektronik purchasing menyediakan data atau informasi berkaitan dengan spesifikasi yang lebih akurat. Maksudnya adalah semua data tentang suatu barang atau jasa bisa Anda temukan apa saja spesifikasinya secara rinci dan detail.

Sehingga Anda akan mudah memilih barang yang sesuai dengan keperluan Anda saat bekerja.

Metode E-Purchasing Lebih Menghemat Biaya

Hemat biaya merupakan keunggulan metode e-purchasing selanjutnya. Dengan metode ini Anda tak perlu lagi menggunakan berlembar-lembar kertas. Karena data barang dan proses pembelian Anda lakukan secara online.

Data pembelian barang atau jasa ini juga akan tersimpan dalam sebuah file elektronik. File elektronik ini bisa Anda akses dengan mudah saat akan membuat laporan menyangkut pembelian dengan e-purchasing.

Memberikan Kemudahan Dalam Hal Pengawasan

Keunggulan dari e-purchasing lainnya adalah mudah dalam pengawasan. Untuk mendukung hal ini elektronik purchasing menyediakan satu fitur untuk memudahkan pengawasan yakni fitur history.

Fitur ini juga memudahkan pihak manajemen saat akan membuat analisa serta laporan dengan menggunakan arsip yang telah tersimpan secara elektronik.

Lebih Menghemat Waktu

Selain hemat biaya, menggunakan teknik e-purchasing juga menghemat waktu. Karena prosesnya lebih cepat sehingga Anda bisa mengerjakan dan menyelesaikan hal lainnya.

Dengan keunggulan ini bisnis perusahaan akan cepat berkembang dan mengalami peningkatan.

Lebih Maksimal Dalam Penggunaan SDM

Menggunakan e-purchasing akan lebih memaksimalkan penggunaan SDM. Pasalnya Anda hanya perlu satu / dua orang admin atau user untuk mengerjakan proses pengadaan secara elektronik purchasing.

User atau admin inilah yang akan bertanggung jawab terhadap proses pengadaan barang atau jasa mulai awal hingga akhir proses.

Metode E-Purchasing Dengan Memanfaatkan Procurite

Procurite merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang IT yang menyediakan aplikasi pengadaan barang. 

Aplikasi ini akan membantu memudahkan Anda melakukan pengadaan barang dengan lebih cepat dan akurat. Pasalnya dalam aplikasi ini terdapat fitur yang berbasis cloud. Dan ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Oleh sebab itu, jika memerlukan sebuah aplikasi yang efisien dalam membantu proses pengadaan barang Anda bisa memanfaatkan Procurite. Informasi lebih jelas bisa Anda temukan melalui website resmi di Procurite.com.

Demikian ulasan mengenai e purchasing ini. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai metode purchasingsecara online.

logo procurite

Tebet Timur Dalam Raya No 43 Jakarta, Indonesia

procurite phone icon+(62-21) 8357385

procurite phone icon085811417123