Apa Itu RPA

apa-itu-rpa

Saat dunia bisnis semakin luas dan berkembang. Dalam prosesnya tentu tak luput dari solusi digital yang dapat membantu bisnis Anda, seperti halnya RPA. Apakah Anda sudah mengenal apa itu RPA (Robotic Process Automation)?

RPA (Robotic Process Automation) merupakan bagian dari kemajuan teknologi yang dapat menerapkan otomatisasi proses bisnis Anda. 

Jika biasanya Anda melakukannya secara manual, maka pekerjaan Anda akan dilakukan secara otomatis dengan adanya RPA.

Apa Itu RPA (Robotic Process Automation)

Anda mungkin sering mendengar istilah RPA. Tapi, apa itu RPA (Robotic Process Automation)?

RPA (Robotic Process Automation) adalah istilah yang sering digunakan untuk menyebut sebuah perangkat lunak yang dapat mengotomatisasi sebagian atau seluruh aktivitas manusia yang berbasis aturan tertentu dan dilakukan secara berulang.

Perangkat lunak atau software ini dapat bekerja seperti halnya yang dilakukan oleh manusia dengan mereplikasi tindakan manusia, seperti halnya proses transaksi standar, entri data, atau menanggapi pertanyaan customer yang sederhana.

Salah satu contoh sederhana yang sering Anda temukan adalah adanya chatbot yang menggunakan konsep RPA. Selain itu, software ini juga mampu merekam segala transaksi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Sehingga dalam prosesnya, RPA ini dapat membantu menjawab pertanyaan secara otomatis, scraping data dari website, mengirimkan email, maupun memproses konten secara otomatis.

Hal ini karena RPA dapat menirukan klik mouse dan ketukan keyboard dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Akan tetapi perlu diingat bahwa RPA ini bukan sebagai pengganti aplikasi bisnis Anda, melainkan memudahkan Anda malam melakukan pekerjaan sederhana yang biasanya dilakukan secara manual.  

Sekarang Anda tentu sudah paham tentang apa itu RPA (Robotic Process Automation). Dengan begitu, Anda akan terbantu dalam menyelesaikan pekerjaan yang cukup dilakukan oleh sistem digital pada komputer maupun perangkat mobile.

Apa itu RPA (Robotic Process Automation) dan Manfaatnya

Untuk memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis yang semakin berkembang, tentu tak ada salahnya jika Anda mulai menggunakan kecanggihan teknologi dari RPA.

Anda tentu telah mengenal apa itu RPA (Robotic Process Automation) dengan jelas. Akan tetapi, tahukah Anda bahkan akan ada banyak manfaat yang akan Anda peroleh dengan menggunakan RPA pada bisnis Anda?

Berikut adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan RPA (Robotic Process Automation) :

1. Proses bisnis menjadi lebih efisien

Tak dapat dipungkiri bahwa RPA (Robotic Process Automation) memiliki pengaruh yang baik terhadap proses bisnis Anda di masa sekarang ini.

Dengan menggunakan RPA (Robotic Process Automation), maka perusahaan Anda dapat meningkatkan produktivitasnya untuk semakin berkembang.

Selain itu RPA (Robotic Process Automation) juga dapat menghemat energi karyawan dalam mengerjakan pekerjaan yang berulang. Dengan begitu, karyawan Anda dapat menyelesaikan pekerjaan lainnya yang perlu ditangani segera.

2. Pelayanan konsumen dengan cepat

Untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan cepat kepada konsumen, maka perusahaan Anda perlu menggunakan RPA (Robotic Process Automation) untuk menjalankan pekerjaan yang biasanya dilakukan manual.

Anda bisa menggunakan fitur chat bot yang telah tersistematisasi RPA. Hal ini akan membantu Anda untuk menjawab pertanyaan konsumen dalam waktu yang cepat.

Dengan demikian, Anda dapat memberikan pelayanan yang konsisten dan responsive kepada konsumen.

3. Proses audit keuangan lebih akurat

Dalam menjalankan bisnis, tentu Anda membutuhkan laporan keuangan dalam jangka waktu tertentu untuk memantau perkembangan bisnis Anda.

Agar hasil audit keuangan perusahaan Anda lebih akurat, maka Anda bisa mengandalkan RPA untuk membantu menyelesaikan pekerjaan ini.

RPA memiliki sistem komputasi yang canggih dalam melakukan proses audit yang dilakukan secara otomatis. Sehingga hasilnya pun bisa lebih akurat dan cepat.

4. Dapat membantu mengembangkan bisnis

Melalui RPA (Robotic Process Automation), maka sebagian tugas karyawan Anda yang biasanya dilakukan secara manual dapat terotomatisasi dengan baik dan optimal.

Oleh karenanya, Anda dapat lebih mudah mengembangkan bisnis Anda karena dapat melakukan pekerjaan lebih banyak dengan karyawan yang ada.

5. Mengurangi tingkat kesalahan atau human error

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan melalui penggunaan RPA adalah dapat mengurangi tingkat kesalahan atau human error pada bisnis Anda.

Human error atau kesalahan manusia ini wajar terjadi dalam melakukan pekerjaan, tetapi akan lebih baik jika kesalahan ini tidak terjadi. Maka, sistem RPA akan membantu Anda dalam meningkatkan akurasi proses input data yang biasanya dilakukan secara manual.

Untuk itu, Anda bisa menghubungi kami untuk mendapatkan kemudahan dalam berbisnis melalui sistem yang otomatis yang telah terotomatisasi dengan RPA.

Hanya melalui kami, Anda bisa melakukan pekerjaan ini dengan mudah dan praktis. Segera hubungi kami melalui link berikut untuk informasi selengkapnya!

Proses Apa Saja yang Dapat Dijalankan dengan RPA?

Tak hanya mengenal tentang apa itu RPA (Robotic Process Automation), akan tetapi Anda juga perlu mengetahui jenis proses seperti apa yang dapat diotomatisasi dengan RPA itu sendiri.

Pada dasarnya ada proses yang harus memenuhi syarat untuk dapat diotomatisasi dengan RPA. Jika syarat ini telah dipenuhi, maka kami dapat membantu Anda untuk melakukan otomatisasi pekerjaan manual di perusahaan Anda.

Sebelum Anda menghubungi kami melalui link berikut, maka Anda perlu mengenal proses-proses yang memenuhi syarat untuk dikembangkan dengan otomatisasi RPA berikut ini :

1. Proses yang dilakukan manual dan berulang

Perusahaan yang semakin berkembang tentu akan mengalami berbagai transaksi yang kian meningkat. Jika proses yang dilakukan berulah itu dilakukan secara manual tentu hasil yang diperoleh tidak optimal.

Untuk mendapatkan proses yang cepat dan meminimalisir kesalahan manusia, maka Anda perlu melakukan otomatisasi melalui RPA.

Dengan begitu, pekerjaan yang biasanya dilakukan secara manual dan berulang akan menjadi lebih otomatis dan cepat.

2. Berbasis aturan

RPA dapat memudahkan Anda dalam menyelesaikan suatu proses yang berbasis aturan. Hal ini karena adanya intrusi proses yang jelas dari aturan yang diberlakukan.

Dengan begitu, pengambilan keputusan dapat dilakukan berdasarkan aturan standar dan prediktif.

3. Proses yang matang dan stabil

Untuk memudahkan sistem dapat terotomatisasi dengan RPA, maka perlu adanya proses yang matang dan stabil. Hal ini akan memudahkan dokumentasi yang baik dalam proses pengerjaannya.

4. Tingkat pengecualian yang rendah

Proses lain yang memenuhi syarat untuk dapat dijalankan dengan RPA (Robotic Process Automation) adalah proses dengan tingkat pengecualian yang rendah.

Dengan skenario pengecualian yang rendah, maka proses yang dijalankan dapat dikerjakan dengan otomatis melalui RPA.

5. Proses dengan jenis input elektronik standar

Proses yang dapat diinput dengan elektronik standar ini maksudnya adalah proses yang dilakukan dapat dibaca melalui data Excel, Word, email, PPT, PDF, maupun xml.

Maka, proses dapat dilakukan secara konsisten oleh input standar ini. Akan tetapi ada jenis input yang tidak dapat dibaca seperti gambar yang dipindai tanpa OCR.

Dengan proses yang telah memenuhi syarat, maka Anda bisa menjalankan bisnis dengan baik melalui pemanfaatan RPA (Robotic Process Automation).

Untuk lebih jelasnya, maka Anda bisa menghubungi kami sebagai perusahaan software e-procurement terpercaya. Hanya melalui kami di Procurite yang dapat membantu meringankan pekerjaan Anda dalam menjalankan bisnis.

Melalui kami di Procurite, maka pengelolaan bisnis Anda akan semakin baik dan dapat berkembang pesat. Untuk info lengkapnya, Anda bisa mengunjungi landing page kami.

Penutup

Untuk menjalankan suatu bisnis yang terus berkembang, maka Anda perlu memahami manfaat dari apa itu RPA (Robotic Process Automation).

Software RPA (Robotic Process Automation) dapat memberikan kemudahan bagi Anda untuk melakukan pekerjaan perusahaan dengan minim kesalahan. 

Jika proses perusahaan Anda memenuhi syarat, maka Anda bisa menjalankan setiap transaksi manual dengan otomatis melalui kami di Procurite.

Baca Juga: Pentingnya Purchasing Software Dalam Dunia Bisnis

Kami dapat membantu Anda dalam memenuhi berbagai pengadaan barang yang dibutuhkan perusahaan Anda. Melalui Procurite, Anda pun dapat memantau berbagai transaksi perusahaan Anda dengan mudah dan praktis.

Anda telah mengetahui apa itu RPA. Segera kembangkan aplikasi e-procurement Anda dengan basis RPA melalui kami di Procurite. Dapatkan informasi lengkapnya hanya di laman berikut

.

logo procurite

Tebet Timur Dalam Raya No 43 Jakarta, Indonesia

procurite phone icon+(62-21) 8357385

procurite phone icon085811417123