Cara Daftar Qris

cara-daftar-qris

Bagi Anda yang memiliki bisnis dan ingin mulai menerapkan sistem pembayaran digital agar lebih praktis. Tepat sekali membaca artikel satu ini, karena kami akan membahas mengenai cara daftar QRIS.

Apalagi saat ini sistem pembayaran berbasis QRIS terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan, sejak Bank Indonesia menginstruksikan pemakaian QRIS menjadi standar kode QR Nasional sejak tahun 2020.

Langsung saja, simak pembahasannya berikut ini!

Cara Daftar Qris Melalui Situs Resmi

Sebelum And mengenal lebih jauh lagi tentang sistem pembayaran nontunai ini, alangkah baiknya untuk mengetahui definisi umum dari sistem yang satu ini. QRIS sendiri merupakan suatu standar kode QR nasional sebagai fasilitas dalam sistem pembayaran kode QR di Indonesia.

Sistem yang satu ini dikeluarkan oleh Bank Indonesia dan ASPI atau Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia. Kode yang satu ini sebenarnya bukanlah hal yang baru, karena telah diluncurkan sejak Agustus 2019 silam. 

Kode QR ini bukan hanya digunakan untuk usaha, namun bisa juga digunakan untuk keperluan lainnya. Adapun metode pertama yang dapat Anda lakukan dalam melakukan registrasi QRIS ini yakni melalui situs resminya sendiri. 

Cara pendaftarannya pun terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu mengisi beberapa data pada form yang diperlukan.

Untuk itu, berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  1. Kunjungi halaman resmi pendaftarannya di situs resmi mereka QRIS.
  2. Selanjutnya, Anda bisa mengisi semua data serta lampiran file yang diperlukan.
  3. Kemudian klik tombol “Lanjut”.
  4. Setelah itu, Anda tunggu proses pendaftaran disetujui, kemungkinan paling cepat sekitar 14 hari.

Itulah cara daftar Qris secara umum yang bisa Anda lakukan dengan mudah melalui halaman resminya. Selain itu, ada juga cara pendaftaran QRIS merchant (untuk bisnis/toko) diantaranya sebagai berikut:

  1. Pastikan bahwa Anda sudah memiliki rekening bank maupun akun layanan e-wallet yang mendukung penyelenggaraan QRIS. Jika memang Anda belum memilikinya, terlebih dahulu, bukalah dengan mendatangi kantor cabang atau Anda juga bisa mendaftar secara online pada salah satu PJSP (Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran) QRIS.
  2. Setelah itu, lengkapi dokumen serta data-data yang diminta oleh PJSP tersebut, baik itu data pribadi maupun data usaha.
  3. Tunggulah proses verifikasinya, pembuatan Merchant ID serta pencetakan kode QRIS oleh PJSP tersebut.
  4. Setelah itu, PJSP akan mengirimkan stiker maupun perangkat pendukung untuk mencetak atau memindai kode QRIS tersebut.
  5. Selanjutnya, Anda perlu memasang aplikasi yang ditentukan PJSP sebagai merchant. PJSP akan melakukan edukasi pada merchant terkait tata cara untuk menerima pembayaran QRIS sebelum mulai beroperasi untuk menerima pembayaran QRIS.

Syarat-syarat Cara Daftar QRIS

Sebelumnya Anda sudah memahami bagaimana cara daftar Qris ini dengan mudah melalui situs resmi mereka. Akan tetapi, sebelum melakukan pendaftaran tersebut, Anda perlu mempersiapkan beberapa persyaratannya. 

Terdapat beberapa kategori untuk pengguna QRIS ini, seperti halnya untuk kelompok perorangan, pendidikan, badan usaha, SPBU serta yayasan atau donasi. 

1. Syarat pendaftaran QRIS kategori perorangan

Adapun persyaratan untuk melakukan pendaftaran QRIS secara perorangan ini, Anda perlu menyiapkan:

  • Scan atau foto KTP pemilik usaha.
  • Nomor KK atau kartu keluarga yang sesuai dengan KTP Anda.

2. Syarat pendaftaran QRIS kategori pendidikan

Persyaratan yang Anda perlukan untuk mendaftarkan QRIS dalam kebutuhan pendidikan, diantaranya:

  • Scan atau foto KTP pemilik usaha.
  • Nomor KK atau kartu keluarga yang sesuai dengan KTP yang terdaftar.
  • Foto akta pendirian sesuai dengan nama lembaga.
  • Foto Surat Kuasa Asli, jika memang Anda adalah wakil yang ditunjuk oleh badan usaha terkait.
  • Foto NPWP perusahaan yang sesuai dengan badan usaha.
  •  

3. Syarat pendaftaran QRIS kategori badan usaha

Persyaratan cara daftar Qris selanjutnya yakni untuk badan usaha Anda perlu menyiapkan beberapa persyaratan seperti berikut ini:

  • Scan atau foto KTP pemilik usaha.
  • Nomor KK atau kartu keluarga yang sesuai dengan KTP yang terdaftar.
  • Foto akta pendirian sesuai dengan nama badan usaha.
  • Foto NPWP perusahaan yang sesuai dengan badan usaha.
  • Foto Surat Kuasa Asli, jika memang Anda adalah wakil yang ditunjuk oleh badan usaha terkait.

4. Syarat pendaftaran QRIS kategori yayasan atau donasi

Terakhir, persyaratan yang perlu Anda siapkan dalam mendaftar QRIS, jika untuk keperluan yayasan maupun donasi, diantaranya:

  • File gambar NPWP atau Surat Yayasan Resmi atau Akta Pendirian yayasan atau Surat ketetapan dari pemerintahan.
  • Nomor Kartu Keluarga yang sesuai dengan KTP yang didaftarkan
  • File gambar KTP PIC, yakni pihak yang diberi kuasa.
  • Unduhan form registrasi InterActive QRIS, ini harus bertanda tangan basah.
  • Surat kuasa yang terdapat nama PIC atau pihak yang diberikan kuasa, serta tanda tangan diatas materai. Surat ini perlu Anda isi secara manual yang kemudian diberi tanda tangan basah, kemudian Anda foto form tersebut dan unggah dengan file-file lainnya.

Itulah beberapa persyaratan yang perlu Anda penuhi ketika akan melakukan pendaftaran QRIS sesuai dengan kebutuhan. Setelah Anda memenuhi semua persyaratan diatas, Anda bisa langsung mendaftarkannya dengan cara daftar Qris yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Metode pembayaran QRIS ini dapat digunakan oleh berbagai lapisan usaha, seperti halnya pedagang kaki lima, UMKM bahkan toko-toko yang berada di pusat perbelanjaan. 

Manfaat QRIS Bagi Pemilik Bisnis

Dengan Anda mendaftar QRIS, tentu bisa mendapat banyak kemudahan untuk menunjang bisnis menjadi lebih maju serta berkembang secara pesat. Adapun beberapa manfaat QRIS, diantaranya:

  1. Dapat mempermudah proses transaksi, karena Anda cukup menyediakan 1 QR Code untuk nantinya menerima pembayaran digital dari berbagai aplikasi pembayaran.
  2. Bisa melayani berbagai pembayaran digital dari berbagai bank maupun e-wallet.
  3. Dapat mencegah peredaran uang palsu dan Anda turut menumbuhkan cashless society.
  4. Meja kasir Anda akan lebih rapi, modern serta kekinian. Anda hanya perlu menampilkan 1 QR Code untuk menerima berbagai aplikasi pembayaran, jadi lebih enak dipandang.
  5. Dapat mempermudah pendaftaran merchant.
  6. Memudahkan dalam pemantauan serta analisis keuangan bisnis. Anda bisa memeriksa atau mengecek riwayat transaksi di toko atau usaha secara real-time.

Anda juga tidak perlu repot mencatat setiap transaksi secara manual, karena seluruh data transaksi akan terekam secara otomatis. Dengan begitu, ini bisa memudahkan Anda saat memantau hasil penjualan di toko Anda.

Penggunaan QRIS untuk berbagai kebutuhan seperti halnya untuk bisnis, tentu menjadikan proses transaksi lebih praktis dan simpel. Selain pengaplikasian QRIS, proses bisnis Anda akan semakin berjalan lancar jika bekerjasama dengan Procurite.

Procurite sendiri merupakan software dan aplikasi pengadaan berbasis on-cloud/ cloud base pertama di Indonesia. Segala proses pengadaan barang bisa Anda lakukan dengan mudah, bahkan aplikasi ini akan memantau setiap pengeluaran dalam proses pembeliannya.

Seluruh transaksi akan terekam dengan jelas dan terstruktur, karena Procurite sangat transparan dalam hal apapun. Aplikasi B2B Procurement Software Indonesia ini sudah banyak dipercaya oleh banyak orang, baik dari pebisnis profesional maupun yang masih pemula.

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami mengenai cara daftar Qris ini, dan jangan lupa jika Anda ingin lebih mudah lagi dalam mengembangkan bisnis Anda, Procurite bisa menjadi solusinya!

logo procurite

Tebet Timur Dalam Raya No 43 Jakarta, Indonesia

procurite phone icon+(62-21) 8357385

procurite phone icon085811417123