Contoh Perencanaan Pengadaan Barang Perusahaan

contoh-perencanaan-pengadaan-barang-perusahaan

Berdasarkan peraturan Presiden No. 16 tahun 2018, membahas contoh perencanaan pengadaan barang yang disebut dengan “Perpres Tenderisasi”. 

Pada pasal 1 ayat 1 berisi tentang pengadaan yakni “semua aktivitas Pengadaan Barang atau Jasa oleh Kementerian/Lembaga/Perangkat Daerah yang dibiayai oleh APBN/APBD dimana prosesnya sejak identifikasi kebutuhan, hingga serah terima hasil pekerjaan.” 

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait contoh perencanaan pengadaan inventaris yang baik untuk perusahaan, usahakan untuk membaca artikel berikut!

Contoh Perencanaan Pengadaan Barang

Tender dikenal sebagai sistem jual beli atau lelang yang dilaksanakan oleh suatu pihak dengan cara mengundang vendor. 

Tender berguna untuk merepresentasikan kualitas dan harga yang diperlukan.

Nantinya yang akan menjadi pemenang, harga dan kualitas yang terbaik. 

Mengingat jumlah nominal dan durasi kontrak dalam suatu lelang sangat besar dan bervariasi, lelang atau sistem tender sangat digemari terutama oleh perusahaan-perusahaan besar maupun kecil.

Pada umumnya, penyedia lelang atau tender adalah pemerintah. Namun siapapun bisa mengadakan suatu lelang juga bisa menghematnya. 

Pihak lelang biasanya akan mengumumkan iklan lelang melalui berbagai media seperti koran ataupun situs. 

Hal ini dilakukan untuk mengadakan suatu lelang (jenis lelang tertentu).

Dengan mengikuti tender, bisa menjadi salah satu upaya untuk memperluas jaringan kerja dan meningkatkan nilai usaha. 

Adapun tipe dari perusahaan yang bisa menjadi salah satu peserta tender ialah seluruh badan usaha berskala menengah, mikro, kecil, atau besar yang legal secara administrasi. 

Apabila perusahaan ingin mengikuti tender, maka harus siap untuk selalu membuka pengetahuan dan wawasan akan berbagai hal. 

Terutama yang berhubungan dengan informasi harga-harga barang di pasaran.

Saat ini pencarian tender menjadi lebih mudah, dengan adanya digital platform. 

Seluruh pencari tender dapat mengaksesnya hanya melalui smartphone secara real time, apalagi sejak hadirnya aplikasi berbasis mobile.

Contoh Perencanaan Pengadaan Barang dan Persyaratan Joinnya

Guna memperlancar proses filterisasi oleh badan pengawas tender, maka untuk mengikuti tender harus mematuhi aturan tender yang berlaku. 

Dibawah ini syarat-syarat untuk mengikuti tender, yaitu :

  • Pertama, yang perlu diperhatikan ialah kualifikasi persyaratan yang diperlukan dan peraturan perusahaan yang menawarkan tender.
  • Kedua, harus melakukan riset hal apa saja yang akan membantu bisnis Anda apabila tender tersebut berhasil dimenangkan.

Selanjutnya, pastikan modal yang Anda miliki cukup untuk menjalankan pekerjaan yang diminta oleh pemberi tender.

  • Ketiga, periksalah kesiapan semua sumber daya baik itu sumber daya manusia, peralatan,  dan sumber daya lainnya.

Kemudian, yakinlah bahwa tender tersebut bisa meningkatkan profit pada usaha Anda.

  • Setelah itu, Anda harus bisa memahami tujuan dari mengikuti tender agar bisa mempersiapkan hal-hal yang dapat memenangi tender yaitu : Tanda wp-signup.php Perusahaan (TDP), kelegalan perusahaan dibuktikan dengan Akta Perusahaan, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Kemudian, Anda harus mencari Informasi pengadaan yang tersedia di media massa atau pada portal e-procurement milik pemerintah daerah, atau datang ke lembaga/instansi yang bersangkutan seperti Procurite.
  • Lalu lihatlah proposal penawaran dengan harga yang sesuai untuk memperhatikan layanan purna jual, garansi, dan item-item pekerjaan yang diminta.
  • Periksalah dokumen lelang/tender agar mengetahui metode penilaian dokumen yang akan dilakukan oleh Panitia Pelelangan.
  • Telitilah dalam melakukan pengisian dokumen penawaran. Perhatikan juga instruksi yang telah diberikan. Jangan sampai Anda mengubah semua deskripsi yang ada di dalam dokumen tersebut.
  • Kemudian, Anda harus menghindari upaya mengintimidasi peserta tender lainnya.

Berlaku sopanlah pada saat mengikuti tender, dan saling menghormati agar lebih banyak menimbulkan simpati.

  • Berikanlah contoh perencanaan pengadaan inventaris yang sesuai dengan kualitas, type, jenis, jumlah sesuai dengan dokumen penawaran yang telah Anda buat, jika Anda sudah memenangi tender tersebut.

Bila semua hal tersebut sudah dipahami maka Anda bisa langsung sign in untuk menjadi peserta lelang.

Tahapan Umum Dalam Melakukan Tender

Panitia lelang atau panitia pemilihan langsung atau panitia penunjukan langsung yang ditugasi untuk melaksanakan contoh perencanaan pengadaan produk oleh kepala kantor/satuan kerja/pemimpin proyek/ bagian proyek yang disamakan, dikenal dengan sebutan Panitia Pengadaan.

Dibawah ini ada beberapa tahapan umum contoh perencanaan pengadaan produk yang mungkin perlu Anda ketahui, yaitu :

  • Tahap Pertama, Anda harus membuat undangan untuk mengikuti tender.

Orang yang sudah terbiasa mengikuti tender adalah perusahaan atau vendor yang mendapat undangan tersebut. 

Namun, ada terdapat berbagai macam kasus terdapat sebuah perusahaan yang mengundang perusahaan lain yang belum pernah mengikuti tender sebelumnya.

  • Tahap kedua, membuat penjelasan tender terlebih dahulu.

Semua peserta nantinya akan diundang akan diberi penjelasan terlebih dahulu secara terbuka mengenai contoh perencanaan pengadaan inventaris yang ditenderkan, persyaratan legal, cara penilaian, dan teknisnya. 

Perusahaan yang baru diundang harus bisa memenuhi syarat legalnya, agar bisa masuk ke tahap berikutnya, misalnya NPWP, laporan pajak, kopi akte notaris, laporan keuangan 3 tahun terakhir, dan sebagainya.

  • Tahap ketiga, harus melakukan pengajuan proposal teknis. Perusahaan memang biasanya tidak mengatakan biaya tender, apalagi untuk proyek yang dianggap kecil nilainya.

Umumnya, ada biaya tender yang bisa dicairkan jika proses tender selesai, untuk proyek yang dianggap besar.

  • Tahap Keempat, harus membuat undangan presentasi proposal.

Perusahaan harus secara langsung langsung memilih bahan yang nantinya akan dimasukkan untuk presentasi berdasarkan penilaian proposal teknis.

  • Tahap kelima, melakukan presentasi proposal. Untuk melakukan presentasi di hadapan tim penilai, masing-masing perusahaan atau vendor nantinya akan diberi kesempatan.

Pada tahap yang satu ini, biasanya peserta tender diwajibkan memberikan bank garansi atau bisa diterbitkan oleh bank atau asuransi. 

Sebagai salah satu perjanjian contoh perencanaan pengadaan barang  bisa menggunakan bank garansi. 

Isi saldo pada bank garansinya berupa uang penalti jika proyek yang didapat tidak bisa diselesaikan. 

Nantinya, uang yang diletakkan di bank garansi akan menjadi hak milik pemberi tender dan tidak bisa dicairkan oleh vendor.

  • Tahap keenam, membuat pengumuman hasil presentasi. Hasil presentasi masing-masing perusahaan, nantinya akan diumumkan di tahap ini.

Nantinya, yang berhak lolos pada tahap ini bisa langsung diundang dalam tahap berikutnya, yaitu auction dengan memasukkan harga.

  • Tahap terakhir, berupa auction. Tahap ini menjadi salah satu cara yang harus dilakukan perusahaan pemberi tender untuk mencari pemenang dengan solusi yang bagus dan harga paling bagus.

Anda harus mempersiapkan perizinan perusahaan Anda melalui Procurite untuk melakukan pemenuhan persyaratan tender. 

Baca juga: Proses Tender Pengadaan Barang

Jangan sampai salah mempersiapkan langkah mengikuti tender, karena akan berdampak dengan perusahaan Anda. 

Lakukan semuanya secara hati-hati agar bisa dikelola dengan baik dan benar serta mendapatkan keuntungan besar dari hasil tender yang dilakukan.

Demikianlah informasi yang disampaikan mengenai contoh perencanaan pengadaan barang. semoga bisa bermanfaat untuk semuanya. 

Untuk informasi terkait contoh perencanaan pengadaan barang, bisa langsung mengunjungi website yang sudah tertera diatas. Agar mendapatkan keuntungan yang banyak dan mengetahui proses pengadaan terbaik.

logo procurite

Tebet Timur Dalam Raya No 43 Jakarta, Indonesia

procurite phone icon+(62-21) 8357385

procurite phone icon085811417123