Daftar Kode Bank

daftar-kode-bank

Semakin mudahnya proses transaksi secara online, semakin meningkat pula aktivitas transfer bank yang dilakukan oleh masyarakat. Proses transaksi dana melalui bank kian banyak dilakukan, baik itu untuk jenis bank yang sama maupun jenis bank yang berbeda. Jika Anda ingin melakukan transfer dana ke rekening bank yang berbeda, maka Anda membutuhkan daftar kode bank tujuan. 

Misalkan Anda ingin mentransfer dana dari rekening BRI ke BCA. Maka Anda membutuhkan kode 3 digit dari bank BCA, dan kemudian diikuti dengan nomor rekening tujuan transfer. 

Setiap bank memiliki kode bank yang berbeda-beda, karena kode bank berlaku sebagai identitas bank dari setiap jenisnya. Jadi tidak ada dua bank berbeda yang memiliki kode sama.

Pentingnya Mengetahui Daftar Kode Bank Sebelum Transfer

Secara fungsi, kode bank sangat berguna untuk kebutuhan transfer beda bank. Karena kode bank dibutuhkan untuk mengirimkan dana kepada rekening bank lain. Sistem secara otomatis akan meminta kode saat Anda ingin mentransfer dana ke bank yang berbeda. Kode tersebut berlaku untuk mesin ATM, Mobile Banking, Internet Banking, dan SMS Banking.

Tanpa mencantumkan kode bank, proses transaksi atau pemindahan dana tidak akan berhasil. Sebab pencantuman kode bank untuk transaksi beda bank adalah hal wajib.  Tanpa banyak yang mengetahui, kode bank juga berfungsi sebagai perangkat untuk mengidentifikasi tiap transaksi. Jadi peran kode bank sangat penting, terutama untuk menghindari kesalahan transfer yang bisa terjadi kapan saja.

Untuk menghindari gagalnya proses transaksi, kita perlu tahu kode bank yang menjadi tujuan transfer. Sebab kesalahan satu digit saja dalam memasukan kode bank, maka proses pemindahan dana mustahil bisa berhasil. Jadi kode bank harus benar-benar tepat sesuai dengan kode yang dimiliki oleh bank tujuan.

Adapun contoh 3 digit kode bank yang dimiliki oleh bank BCA adalah 014, dan kode bank yang dimiliki BNI adalah 009. Kode tersebut tidak dimiliki oleh bank lain, karena satu kode hanya berlaku untuk satu identitas bank saja. Jadi tidak ada dua bank berbeda yang memiliki kode sama.

Untuk melihat kode bank lebih banyak lagi. Anda bisa menyimak informasi berikut ini. Karena kami telah menyiapkan semua informasi terkait kode bank yang ada di Indonesia. Mulai dari bank swasta maupun bank milik BUMN.

Daftar Kode bank BUMN dan Swasta yang ada di Indonesia

Kode bank merupakan salah satu hal yang membuat transaksi lebih mudah dan lancar. Dengan adanya kode bank ini, tentunya akan memudahkan dalam proses pemindahan dana dari satu bank ke bank lainnya. Ketersedian kode bank biasanya digunakan untuk menjamin tingkat keamanan pengguna. Khususnya dalam melakukan transfer dari nomor rekening beda bank. Sehingga dibutuhkan kode unik 3 digit yang dimiliki oleh setiap bank tujuan.

Di Indonesia sendiri, sudah ada banyak sekali jenis bank yang aktif beroperasi. Bank-bank tersebut terbagi menjadi dua instansi, yakni bank BUMN dan bank Swasta. Kali ini kami akan memberi tahu kode bank yang paling banyak digunakan di Indonesia. Mulai dari bank BUMN, ataupun bank Swasta. Berikut informasi lengkapnya : 

  • Daftar Kode bank BUMN

Bank BUMN merupakan bank nasional dari pemerintah yang memiliki aset hingga ribuan triliun. Bank BUMN hadir untuk memudahkan masyarakat dalam mencari kebutuhan peminjaman, modal usaha, sampai dengan kebutuhan yang lain. Adapun beberapa kode transfer bank dari BUMN sebagai berikut: 

  1. Kode bank BNI : 009
  2. Kode bank BTN (bank Tabungan Negara) : 200
  3. Kode bank BRI : 002
  4. Kode bank Mandiri : 008
  5. Kode bank Syariah Indonesia (BSI) BNI Syariah : 427
  6. Kode bank Syariah Indonesia (BSI) BRI Syariah : 422
  7. Kode bank Syariah Indonesia (BSI) Mandiri Syariah : 451
  • Daftar Kode Bank Swasta

Sesuai dengan namanya, bank Swasta merupakan bank independen yang berdiri atas kepemilikan swasta atau pribadi (bukan pemerintah). Akta pendirian serta kegiatan juga dijalankan oleh pihak swasta. Karena kepemilikan berada di tangan swasta, bank Swasta tetap dapat berdiri tanpa adanya modal dari pihak pemerintah. Adapun beberapa kode transfer bank Swasta sebagai berikut:

  1. Kode bank BCA : 014
  2. Kode bank BCA Syariah :536
  3. Kode bank CIMB NIAGA : 022
  4. Kode bank CIMB NIAGA Syariah : 022
  5. Kode bank Muamalat : 147
  6. Kode bank Danamon : 011
  7. Kode Permata bank : 013
  8. Kode bank Mega : 426
  9. Kode bank Bukopin : 441
  10. Kode bank BII MAYbank : 016
  11. Kode bank Sinarmas : 153
  12. Kode bank Commonwealth : 950
  13. Kode bank OCBC NISP : 028
  14. Kode bank Capital Indonesia : 054
  15. Kode bank Citibank : 031

Tutorial Transfer Antar bank Dengan ATM

Nyatanya, ada banyak orang yang masih merasa kebingungan mengenai cara transfer uang, apalagi jika rekening tujuan adalah bank yang berbeda. Mengingat mesin ATM dari setiap bank juga mempunyai sistem pengoperasian yang berbeda-beda. Namun sebenarnya prinsip yang digunakan tetaplah sama. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, kami telah menyiapkan informasi detail terkait proses pemindahan uang (transfer) di ATM. Berikut tutorial yang bisa membantu Anda dalam proses transfer beda bank : 

  1. Pertama-tama, masukkan kartu ATM dan kemudian pilih bahasa yang Anda ketahui (Inggris atau Indonesia).
  2. Disini Anda akan diarahkan ke pengisian PIN. Dan diharuskan untuk menekan nomor PIN dengan benar. Untuk menuliskan PIN ini, Anda perlu berhati - hati, dan jangan sampai ada orang lain yang mengetahuinya.
  3. Setelah PIN dirasa benar, Anda akan diarahkan ke bagian menu dan “Pilih Jenis Transaksi”.
  4. Pada menu tersebut terdapat pilihan opsi dan pilih “transfer”, lanjutkan dengan menginput kode bank + nomor rekening tujuan.
  5. Jika belum mengetahui kode bank tujuan, Anda bisa mengeceknya di bagian “daftar kode bank” . Karena disana mesin ATM telah menyediakan informasi kode bank secara lengkap.
  6. Jika kode bank telah berhasil ditemukan, maka isikan kode bank 3 digit tersebut, lalu ikuti dengan nomor rekening transfer tujuan.
  7. Selanjutnya tekan nominal yang akan Anda transfer, kemudian pilih menu “Tekan jika Benar”.
  8. Disini kita akan disuruh memilih (Pilihan jenis rekening), dan pilih “dari rekening tabungan”
  9. Tunggu beberapa detik karena sistem sedang menyelesaikan pemindahan dana.
  10. Jika proses transaksi telah selesai dan sukses, Anda akan diperlihatkan dengan tulisan “Transaksi Telah Selesai Perlu Transaksi Lain?”
  11. Pilih opsi “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan kebutuhan Anda.

Itulah daftar kode bank secara lengkap, mulai dari bank BUMN sampai dengan bank Swasta. Walaupun kode-kode tersebut telah tersedia mesin ATM, namun tidak ada salahnya untuk mengetahuinya lebih dulu sebelum proses transfer dilakukan. Karena selain lebih praktis, Anda juga bisa lebih cepat dalam menyelesaikan proses transaksi (transfer).

 

Semoga informasi mengenai daftar kode bank dan cara transfer ke rekening antar bank di atas dapat membantu serta menambah wawasan dan pengetahuan yang lebih bermanfaat bagi Anda. Untuk mendapatkan informasi lain yang lebih bermanfaat, maka Anda bisa mengeceknya di laman web Procurite.com

. Karena disana telah tersedia banyak sekali informasi lain yang berkaitan dengan bisnis, laporan keuangan perusahaan, cara menjual barang secara online, proses pengadaan barang, dan masih banyak lainnya. Perlu Anda ketahui, kami memiliki banyak fitur dan salah satu fitur terbaru dari Procurite adalah On-cloud / cloud base. 

logo procurite

Tebet Timur Dalam Raya No 43 Jakarta, Indonesia

procurite phone icon+(62-21) 8357385

procurite phone icon085811417123