E-Catalog

e-catalog

Procurement memiliki definisi sebagai pengadaan barang dalam instansi maupun perusahaan tertentu. Sementara, e-procurement diartikan sebagai solusi untuk mempercepat proses pengadaan barang kepada vendor. Pasalnya dalam proses ini dilakukan dengan memanfaatkan elektronik dan internet. Nah, di dalam e-procurement sendiri tidak akan terlepas dengan yang namanya e-catalog.

Nah, sudahkah Anda tahu istilah dari electronic catalog di dalam e-procurement? Meskipun tampilannya hampir serupa dengan e-commerce, nyatanya keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Lebih jelasnya, simak pembahasan di bawah ini terkait e-catalog.

Mengenal E-Catalog di Dunia E-Procurement

E-catalog atau yang memiliki nama sebagai electronic catalog merupakan sistem informasi secara elektronik yang memuat beberapa kebutuhan procurement. Di antaranya seperti daftar, jenis, merk, spesifikasi, jumlah ketersediaan barang dan jasa dari supplier, dan lengkap dengan harganya.

Sebagaimana yang disinggung sebelumnya bahwa e-catalog ini memiliki tampilan hampir serupa dengan e-commerce sebagai platform belanja online. Nah, bedanya, katalog elektronik berisi informasi seputar barang dan jasa yang diperjual belikan sebagai pemenuh kebutuhan pengadaan oleh pemerintah atau perusahaan tertentu.

Mengingat luasnya definisi dari e-catalog, membuat electronic catalog juga dikelompokkan ke dalam beberapa jenis. Sudahkah Anda tahu apa saja jenis-jenis tersebut? Jika belum, simak pembahasan di bawah ini.

Jenis-Jenis E-Catalog dalam Dunia E-Procurement

Terdapat beberapa jenis e-catalog yang dimanfaatkan berdasarkan kebutuhan dari suatu perusahaan atau instansi maupun pemerintah yang nantinya akan memanfaatkannya. Berikut pembahasan selengkapnya.

1. E-Catalog Nasional

Jenis pertama yang akan dibahas bernama electronic catalog nasional. Sesuai dengan namanya, tentu katalog satu ini merupakan jenis katalog yang dikelola bahkan disusun langsung oleh pemerintah maupun langsung dari lembaga kebijakan pengadaan barang Indonesia.

Umumnya, katalog jenis ini berisi tentang informasi seputar pengadaan barang-barang namun notabenenya dikhususkan untuk penyaluran bantuan.

Sebagai contohnya adalah untuk menunjang fasilitas negara layaknya pekerjaan konstruksi, alat berat, jasa konsultasi, buku seolah, obat-obatan untuk menunjang kesehatan, dan masih banyak lagi lainnya.

Yang pasti, katalog jenis ini erat kaitannya dengan aspek kehidupan secara nasional. Entah yang berkaitan dengan aspek pendidikan, kesehatan, maupun instansi lain.

2. E-Catalog Sektoral

Selanjutnya, terdapat katalog elektronik jenis sektoral yang menjadi bagian dari dunia e-procurement. E-catalog satu ini merupakan katalog yang disusun oleh pihak kementerian.

Sementera, ruang lingkup atau pihak yang terlibat dalam katalog satu ini lebih kecil jika dibandingkan dengan e-catalog jenis nasional.

Nah, barang maupun jasa yang didaftarkan di dalam katalog ini lebih berkaitan dengan kepentingan sektoral tertentu atau kementrian tertentu saja. Dengan demikian, daftar barang atau jasa yang ada di dalamnya pun lebih spesifik dibandingkan dengan jenis nasional yang lebih luas.

3. E-Catalog Daerah

Jenis berikutnya dari e-catalog di dunia procurement adalah katalog elektronik daerah. Jika dibandingkan dengan jenis katalog sebelumnya, maka penyedia barang atau jasa yang ada di katalog satu ini lebih menjangkau lingkup secara mengerucut lagi.

Sesuai dengan namanya, tentu katalog satu ini berkaitan dengan proses pengadaan untuk perusahaan atau instansi pemerintah di daerah tertentu. Sedangkan penyusun dari katalognya itu sendiri berasal dari pemerintah daerah langsung berdasarkan ketetapan oleh kepala daerah setempat.

Begitu juga dengan pihak yang mengelola katalognya. Yakni masih berasal dari pemerintah daerah yang masih masih sama dengan bagian penyusun katalognya.

Sedangkan isi daftar barang atau jasa di dalam katalog jenis daerah merupakan barang-barang atau jasa yang dibutuhkan untuk pengadaan di daerah tersebut. Umumnya, berisi tentang kebutuhan pengadaan untuk pekerjaan konstruksi, jasa konsultasi, ATK, dan lain sebagainya.

4. E-Catalog Swasta

Jenis terakhir terdapat e-catalog bernama katalog swasta yang tentunya sangat berbeda dengan jenis-jenis katalog di atas. Katalog satu ini memiliki kategori utama yang terdiri dari dua jenis.

Masing-masing jenis dari electronic catalog swasta dikelompokkan berdasarkan target perusahaan yang membutuhkannya. Sementara, masing-masing jenis tersebut di antaranya adalah katalog swasta untuk bisnis, dan katalog swasta untuk konsumen.

Nah, Anda juga perlu tahu bahwa electronic catalog swasta dibentuk oleh suatu badan usaha maupun perusahaan swasta dalam bentuk daftar barang maupun jasa yang siap untuk memenuhi kebutuhan pengadaan. Selanjutnya, barang atau jasa tersebut akan dijual kepada pihak yang membutuhkan pengadaan.

Daftar harga yang berkaitan dengan barang maupun jasa juga sudah tercantum di dalam katalog atau website resmi milik badan usaha yang membuatnya.

Baca Juga: Mekanisme Pengadaan Barang dan Jasa

Manfaat Penggunaan E-Catalog dalam E-Procurement

Setelah mengetahui beberapa jenisnya, selanjutnya Anda akan mengetahui manfaat dari electronic catalog itu sendiri. Selengkapnya simak di bawah ini.

1. Hemat Ruang

Sebagaimana yang diketahui, bahwa katalog konvensional membutuhkan banyak ruang hingga waktu sehingga mengeluarkan biaya lebih mahal. Melalui e-catalog, memudahkan pembaruan data dan pengaksesan lebih cepat serta lebih hemat ruang sebab dapat diakses menggunakan media elektronik bermodalkan internet.

2. Pencarian Produk Lebih Efektif

Manfaat satu ini tentu sudah bukan menjadi rahasia umum lagi. Pasalnya, melalui e-catalog, Anda dapat dengan mudah mencari produk yang dibutuhkan untuk melakukan pengadaan dibandingkan ketika melakukan pencarian menggunakan katalog manual.

Umumnya, cukup memanfaatkan menu pencarian sehingga barang atau jasa yang dibutuhkan bisa ditemukan dengan mudah.

3. Fitur Pengelompokkan yang Memudahkan Pengguna

Dengan adanya fitur e-catalog yang lebih lengkap, membuat siapapun yang menggunakan katalog tersebut akan merasa terbantu oleh berbagai macam layanan yang ada.

Bahkan, dengan adanya pengelompokkan dari barang maupun jasa yang dibutuhkan, dapat juga mempercepat pencarian dan pengaksesan yang dilakukan oleh pengguna.

4. Data Lebih Akurat

Anda akan mendapatkan manfaat lain ketika menggunakan e-catalog dibandingkan menggunakan katalog manual. Pasalnya, tidak perlu khawatir terkait ketersediaan barang maupun jasa yang ada di dalamnya.

Hal tersebut dikarenakan melalui electronic catalog, maka data yang tercantum di dalamnya bisa lebih dipercaya sebab akurat sehingga dapat menghindari kesalahan antara ketersediaan dengan permintaan.

Keakuratan yang ada disebabkan karena pembaharuan yang selalu dikontrol oleh pihak yang bertugas sehingga mudah juga untuk divalidasi.

5. Meningkatkan Efisiensi E-Procurement

Selain beberapa hal di atas, adanya e-catalog juga dapat meningkatkan efisiensi kegiatan pengadaan secara online.

Bagaimana tidak, melalui electronic catalog, pemasok atau pihak vendor lebih merasa terbantu dalam melakukan pemasokan, analisis, hingga validasi bahan katalog. Selain itu, kegiatan monitoring dan maintenance tentang komunikasi pihak-pihak yang terlibat dalam proses pengadaan juga semakin dipermudah.

Dengan demikian, keberjalanan proses pengadaan barang atau jasa tentu akan lebih efisien jika dibandingkan dengan prosedur pengadaan yang memanfaatkan katalog manual. Nah, Anda dapat memperoleh keefektifan dalam proses pengadaan melalui fitur kami di procurite.

Layaknya electronic catalog, dalam pelayanan kami juga terdapat fitur sourcing yang dapat Anda manfaatkan untuk pencarian barang atau jasa guna pengadaan dengan lebih cepat dan efisien. Hadir sebagai solusi proses pengadaan secara benar.

Procurite sendiri merupakan salah satu anak perusahaan dari PT Mitra Mandiri Informatika sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi, khususnya pengembangan aplikasi e-procurement. Berpengalaman lebih dari 15 tahun terhadap budaya pengadaan di Indonesia, membuat kami dapat mengembangkan aplikas pengadaan untuk SMB di Indonesia.

Kami juga menyediakan layanan-layanan lain seperti 3way matching, bid and auction, online negotiation, hingga custom approval yang semakin memudahkan Anda yang hendak melakukan e-procurement yang dilengkapi e-catalog. Oleh sebab itu, tasakan kemudahan dan kesuksesan pengadaan bersama kami sekarang juga!

logo procurite

Tebet Timur Dalam Raya No 43 Jakarta, Indonesia

procurite phone icon+(62-21) 8357385

procurite phone icon085811417123