Harga Pokok Penjualan Adalah

harga-pokok-penjualan-adalah

Ketika berbisnis, bagi pelaku usaha perlu untuk memahami dengan baik tentang harga penjualan pokok. Pasalnya ini merupakan suatu hal yang penting sebelum memulai melakukan penjualan. Harga pokok penjualan adalah peranan penting dalam proses produksi karena dapat meminimalisir terjadinya kerugian pada bisnis yang dijalankan. 

Meski sebagian orang mengira harga pokok penjualan ini cukup sulit, tetapi nyatanya ini mudah untuk dipelajari. Anda perlu menyimak pembahasan dari kami mengenai harga pokok penjualan untuk menambah pengetahuan dan agar tidak salah dalam menafsirkannya. Serta saat prakteknya di bisnis tidak salah juga. Simak pembahasan di bawah ini.  

Harga Pokok Penjualan Adalah?

Harga pokok penjualan adalah semua biaya langsung yang dikeluarkan oleh pelaku usaha dalam proses produksi barang atau jasa, meliputi biaya bahan baku, tenaga kerja, overhead pabrik, dan biaya lainnya.

Harga pokok penjualan ini tidak termasuk dengan biaya penjualan umum seperti biaya iklan. Harga pokok penjualan tersebut nantinya akan dijadikan acuan oleh perusahaan dalam menentukan harga penjualan dari produk atau jasa yang telah diproduksi. 

Harga pokok penjualan meliputi semua pengeluaran dari proses produksi barang atau jasa dan dapat mempengaruhi laba yang dihasilkan dari suatu bisnis. 

Dalam laporan laba rugi, biasanya terdapat harga pokok penjualan untuk menghitung semua biaya pengeluaran yang dikeluarkan selama proses produksi berlangsung. Dalam memperhitungkan harga ini, perusahaan harus teliti agar tepat dalam menentukan harga jual, sehingga dapat memperoleh keuntungan yang maksimal dan meminimalisir kerugian.

Komponen Menghitung Harga Pokok Penjualan Adalah Sebagai Berikut!

Dalam menghitung harga pokok penjualan, terdapat tiga komponen dalam perhitungannya, yaitu persediaan awal barang atau stok, pembelian bersih, dan persediaan akhir barang. Berikut penjelasan lebih detailnya di bawah ini:

1. Persediaan awal barang atau stok

Pada harga pokok penjualan adalah perhitungan persediaan awal barang dapat dilakukan pada saat awal periode tahun buku atau akuntansi sedang berjalan. Persediaan awal barang ini meliputi stok bahan baku yang tersedia dan yang akan digunakan dalam proses produksi. 

Menghitung persediaan ini harus menjadi komponen pertama dalam perhitungan harga pokok penjualan karena merupakan suatu hal yang penting karena dapat meminimalisir dari kekurangan stok bahan baku selama produksi berlangsung.   

2. Pembelian bersih

Perusahaan harus melakukan pembelian barang dagangan. Pembelian bersih ini bertujuan agar stok barang dagangan tetap aman atau tersedia. Dalam perhitungannya, Anda dapat mengurangi biaya pembelian bersih ini jika mendapatkan diskon terhadap barang yang dibeli. Kemudian biaya transportasi juga perlu untuk diperhitungkan.

3. Persediaan akhir barang dagangan (stok akhir pada akhir periode tahun buku)

Persediaan akhir barang dagangan merupakan komponen terakhir dalam perhitungan harga pokok penjualan. Persediaan akhir ini meliputi stok akhir dari akhir periode tahun buku. 

Item Harga Pokok Penjualan

Dalam perhitungan harga pokok penjualan, terdapat beberapa item yang perlu diperhatikan antara lain:

1. Biaya bahan baku produksi

Biaya ini merupakan biaya dari bahan baku yang dikeluarkan selama proses produksi barang atau jasa berlangsung. 

2. Biaya suku cadang untuk produksi 

Biaya dari suku cadang atau mesin yang digunakan saat produksi barang atau jasa perlu diperhatikan dalam perhitungan harga pokok penjualan. Biaya ini meliputi harga mesin, listrik yang dikeluarkan, dan biaya lainnya.

3. Biaya tenaga kerja 

Biaya tenaga kerja ini adalah biaya yang diberikan atau dibayarkan oleh perusahaan kepada tenaga kerja yang turut andil atau memiliki kontribusi dalam proses produksi barang atau jas berlangsung. 

4. Biaya overhead pabrik (seperti lokasi ketika memproduksi barang atau jasa)

Perlu diperhatikan juga bagi Anda terkait biaya overhead pabrik seperti harga dari lokasi ketika memproduksi barang atau jasa. Hal ini perlu diperhitungkan juga dalam perhitungan harga pokok penjualan.

5. Biaya transportasi pembelian bersih

Biaya transportasi dalam hal ini adalah pembelian barang dagang oleh perusahaan dalam komponen pembelian bersih. 

6. Biaya distribusi

Biaya distribusi adalah biaya yang dikeluarkan saat mendistribusikan barang dagangan dari proses produksi barang atau jasa.

Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan

Setelah mempelajari komponen dari harga pokok penjualan, Anda dapat mempraktikkan dalam perhitungannya. Dalam menghitung harga pokok penjualan, Anda dapat menggunakan rumus berikut: 

“Harga pokok penjualan = Persediaan awal + Pembelian bersih – Persediaan akhir barang     dagangan”. 

Manfaat Menghitung Harga Pokok Penjualan

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, harga pokok penjualan digunakan untuk menentukan harga jual suatu produk atau jasa agar memperoleh keuntungan yang maksimal dan meminimalisir kerugian yang didapat.

Tidak hanya itu saja, dengan menghitung harga pokok penjualan Anda dapat mengevaluasi berbagai hal dan menikmati manfaat lainnya yang didapat, antara lain:

1. Mengevaluasi keuntungan penjualan produk atau jasa

Dengan harga pokok penjualan, Anda dapat menghitung laba kotor dan bersih yang didapatkan selama proses penjualan produk atau jasa sebelum dikurangi pajak dan biaya lainnya (untuk laba kotor), serta ketika telah mengurangi dengan biaya lainnya (untuk biaya bersih).

Untuk menghitung laba kotor, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

“Laba kotor = Penjualan – Harga pokok penjualan”.

Sedangkan untuk menghitung laba bersih, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

“Laba bersih = Pendapatan -  Potongan atau diskon penjualan – Retur penjualan”.

2. Mengevaluasi perkembangan bisnis

Dengan mengetahui laba yang didapatkan selama proses penjualan produk atau jasa, Anda dapat melihat perkembangan bisnis yang sedang dijalankan. 

Apakah sudah memenuhi target penjualan? Apakah keuntungan yang didapat sudah memenuhi target? Dengan keuntungan tersebut, Anda dapat mengevaluasi perkembangan bisnis Anda apakah perlu ditingkatkan kembali atau mempertahankan agar keuntungan yang didapat maksimal dan tidak mengalami penurunan pendapatan.

3. Cara terbaik untuk menentukan harga jual dari produk atau jasa

Menentukan harga jual dari suatu produk atau jasa merupakan suatu hal yang sangat penting dilakukan sebelum memulai penjualan agar mendapatkan keuntungan yang maksimal. Selain itu, Anda juga dapat menentukan harga jual perlu dinaikkan atau tidak. 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa harga pokok penjualan adalah semua biaya langsung yang dikeluarkan oleh pelaku usaha selama proses produksi barang atau jasa berlangsung. Nah itulah pembahasan dari kami mengenai harga pokok penjualan. Semoga menambah wawasan Anda dan dapat membantu.

Procurite Bisnis Indonesia (PBI) merupakan salah satu anak perusahaan dari PT Mitra Mandiri Informatika yang bergerak di bidang teknologi informasi terutama pengembangan aplikasi electronic procurement. Untuk meningkatkan bisnis Anda dengan salah satu fitur dari kami yaitu on-cloud/cloud base terlengkap dan terintegrasi di oleh Procurite. Anda dapat menikmati efisiensi proses pengadaan barang yang dapat mempercepat pertumbuhan bisnis, mendorong inovasi, dan menjadikan perusahaan Anda tetap kompetitif. Nikmatilah fitur kami tersebut segera dan rasakan kemudahannya. Jika Anda tertarik untuk menggunakan fitur on cloud/ cloud base dari kami, silahkan mengunjungi website Procurite.com. Pelajari juga penggunaan aplikasinya secara lebih detail disana. Kunjungi halaman home page kami sekarang juga!

logo procurite

Tebet Timur Dalam Raya No 43 Jakarta, Indonesia

procurite phone icon+(62-21) 8357385

procurite phone icon085811417123