Kegunaan QRIS

kegunaan-qris

Sudah pernah dengar tentang istilah QRIS? Jadi, QRIS itu merupakan salah satu inovasi terkeren yang dikembangkan oleh Bank Indonesia. QRIS bisa menjadi teknologi baru yang memudahkan Anda saat berbelanja. Sebenarnya apa saja kegunaan QRIS?

QRIS merupakan singkatan dari Quick Response Indonesia Standard. Teknologi finance tersebut tidak lama ini baru saja dikembangkan oleh Bank Indonesia. Anda bisa memanfaatkan QRIS sebagai barcode untuk melakukan segala aktivitas pembayaran saat selesai berbelanja. 

Apa Saja Kegunaan QRIS Bagi Konsumen?

QRIS memiliki banyak kegunaan, baik untuk konsumen ataupun pedagang. QRIS merupakan salah satu sistem pembayaran non tunai yang bisa membantu proses transaksi selesai tanpa perlu menggunakan cash. Penasaran apa saja kegunaan lainnya? Berikut ini informasi lengkapnya. 

  • Membantu Proses Transaksi Berjalan Cepat Tuntas

Salah satu kegunaan QRIS yaitu bisa membantu proses transaksi berjalan dengan cepat. Hal ini dikarenakan implementasi QR Code pada QRIS bisa memudahkan konsumen saat melakukan pembelian. 

Konsumen tinggal scan QR Code dan tunggu dalam waktu 1-3 menit saja. Padahal biasanya proses transaksi pembelian bisa selesai sekitar 5-10 menit. Wah menarik bukan, sehingga tidak membuat antrian belanja begitu panjang. 

  • Konsumen Tidak Perlu Repot Membawa Uang Cash

Perlu Anda ketahui, transaksi QR Code bisa membantu masyarakat melakukan transaksi cashless lebih aman dan mudah. Hal ini tentunya akan menghindarkan masyarakat dari tindak pencurian. 

Sebagai konsumen, dengan adanya QR Code bisa membuat segala sesuatu lebih ringkas saat akan bepergian. Setiap masyarakat yang ingin berbelanja tidak perlu harus membawa dompet atau tas mulai sekarang. 

  • QRIS Lebih Higienis

Walaupun terlihat sepele, siapa sangka ternyata kegunaan QRIS bisa membuat setiap orang bisa hidup lebih bersih dan higienis. Hal ini dikarenakan sarana penyebaran virus dan kuman salah satunya berasal dari uang. 

Jika masyarakat mau beralih untuk menggunakan QR Code saat menyelesaikan urusan belanja, maka proses transaksi dilakukan secara higienis. QRIS secara tidak langsung akan mendorong kualitas hidup masyarakat lebih meningkat. 

  • Kegunaan QRIS Bisa Melindungi dari Tindak Penipuan

Implementasi QRIS yang dikembangkan oleh Bank Indonesia ini sangat aman. Setiap konsumen akan terlindungi dari tindak penipuan saat melakukan transaksi dimanapun keberadaannya di Indonesia. 

Bank Indonesia menjamin merchant dalam penerapan QRIS dengan jujur serta transparan. Tujuannya agar proses transaksi pada merchant bisa berjalan lebih aman. Apakah Anda tertarik untuk menggunakan QRIS?

  • QRIS Menunjukkan Perkembangan Teknologi Kekinian

Bagi setiap konsumen, kegunaan QRIS adalah untuk meningkatkan kualitas diri untuk maju selangkan ke depan dalam menerapkan teknologi. Masyarakat yang aktif menggunakan pembayaran dengan QRIS akan terlihat lebih kekinian dan modern. 

Kegunaan QRIS Bagi Para Pedagang

Pembahasan sebelumnya merupakan macam kegunaan QRIS bagi konsumen. Lalu bagaimana kegunaannya bagi pedagang? Dengan adanya teknologi QR, maka pedagang akan mendapatkan kemudahan sebagai berikut.

  • Bisa Membantu Transaksi Jual Beli Berjalan Cepat dan Efisien

Kecepatan saat melakukan transaksi bisa membantu mempengaruhi kualitas pelayanan dalam usaha. Apalagi jika pedagang mendaftar merchant pengguna dalam sistem QR buatan BI, maka proses transaksi jual beli bisa berlangsung sangat cepat. 

Pedagang tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melayani pembeli. Operasional perusahaan tentunya akan berjalan efisien bukan? Yang terpenting, para pembeli tidak perlu antri lama untuk mendapatkan giliran bayar. 

  • Meningkatkan Potensi Kepuasan Konsumen

Selain meminimalkan tenaga dan membuat transaksi jual beli berjalan efisien, secara tidak langsung kegunaan QRIS bisa meningkatkan kepuasan konsumen. Pastinya tidak ada orang yang suka dengan sistem pelayanan toko retail yang berjalan lambat. 

  • Akan Meningkatkan Konsumen Loyal

QRIS akan membantu Anda para pelaku usaha untuk mendapatkan banyak konsumen loyal. Jika sudah membuat konsumen merasa nyaman dengan menggunakan QR Code di toko, maka tentunya menumbuhkan loyalitas di kalangan  konsumen tidak sulit. 

  • Membuat Branding Usaha Lebih Modern dan Kekinian

Kegunaan QRIS dalam proses transaksi jual beli akan membuktikan bahwa usaha Anda lebih kekinian dan modern. Apalagi di zaman sekarang, segala hal yang diterapkan dengan kombinasi teknologi pasti dianggap lebih menarik dan mendorong kemajuan. 

  • Mencegah Mengalami Penipuan Uang Palsu

Disamping bisa meningkatkan kepuasan konsumen serta memperbaiki branding usaha, QRIS merupakan sistem yang mampu melindungi Anda dari penipuan uang palsu. Bagi pedagang, uang palsu adalah penipuan yang bisa menyebabkan kerugian sangat besar. 

Penggunaan QRIS dalam transaksi jual beli, bisa menjadi solusi bagi para pedagang agar terhindar dari oknum penyebar uang palsu. Jika tertarik untuk menggunakan QRIS, maka kami bisa membantu dalam menerapkan sistem pada tempat usaha Anda secara langsung. 

Bagaimana Cara untuk Mendaftar Sistem QR Code Bank Indonesia?

Berdasarkan penjelasan langsung dari Bank Indonesia, ada sekitar 6 tahapan yang perlu Anda lakukan untuk mendaftar QRIS. Apa saja tahapan itu? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

  • Membuat Akun 

Setelah mengetahui berbagai kegunaan QRIS bagi pedagang dan konsumen, maka hal selanjutnya yang perlu Anda pahami yaitu membuat akun baru untuk mendaftar QRIS. Anda bisa langsung datang ke cabang PJSP (Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran).

Jika masih bingung, Anda juga bisa meminta layanan bantuan dari kami untuk penerapan QRIS. Tidak perlu khawatir, karena kami termasuk tenaga profesional yang bisa membantu dalam menerapkan sistem digitalisasi sesuai dengan standar.

  • Melengkapi Dokumen dan Data Usaha

Langkah berikutnya untuk mendaftar QRIS yaitu dengan melengkapi dokumen pendaftaran. Anda perlu menyiapkan dokumen serta data usaha yang diminta saat akan mendaftar QRIS, baik yang dilakukan secara online maupun offline. 

  • Verifikasi Data

Kami akan memberikan verifikasi data dan Anda hanya perlu menunggu dalam waktu sebentar. Jika proses verifikasi sudah selesai, maka akan mendapatkan merchant ID serta cetak kode QR yang sudah bisa dioperasikan. 

  • Pengiriman Sticker

Setelah melalui proses verifikasi data, maka Anda akan mendapatkan kiriman sticker yang bisa digunakan dalam implementasi QR Code Bank Indonesia. 

  • Instalasi Aplikasi

Anda juga bisa menginstal aplikasi QRIS Bank Indonesia langsung melalui App Store atau Google Play Store jika perlu. Cara ini juga bisa memberikan kemudahan dalam melakukan pendaftaran QR code dalam transaksi jual beli. 

  • Pelajari dan Terapkan dengan Baik Informasi QRIS dari Bank Indonesia

Setelah mengetahui beragam kegunaan QRIS, maka Anda bisa memanfaatkan QR Code sesuai dengan aturan dan standar yang berlaku. Pelajari dan manfaatkan dengan baik informasi QRIS yang diberikan oleh Bank Indonesia, agar tidak ketinggalan info terkini. 

Nikmati layanan jasa dari kami dengan menghubungi websiteProcurite.com. Sudah tahu mengenai Procura? Jadi, Procura merupakan perusahaan yang mampu menyediakan aplikasi sistem penting dalam operasional bisnis. 

Memanfaatkan sistem Procura Pada bisnis usaha Anda merupakan sarana untuk memajukan teknologi modern dan kekinian. Hal ini sangat mempengaruhi kinerja setiap perusahaan berjalan aman, efisien dan transparan. Nah, salah satu fitur yang terkenal di Procurite adalah On-Clode atau Cloud Based. Anda mungkin bisa mencoba menginstal aplikasi ini. 

Kegunaan QRIS bagi pedagang dan konsumen sangatlah banyak. Seiring berkembangnya teknologi, banyak masyarakat ingin segala sesuatu bisa dilakukan secara cepat dan aman. Jadi tunggu apalagi, ayo terapkan QRIS di tempat usaha Anda sekarang juga!

logo procurite

Tebet Timur Dalam Raya No 43 Jakarta, Indonesia

procurite phone icon+(62-21) 8357385

procurite phone icon085811417123