Keunggulan dan Macam-Macam Dompet Dompet Digital yang Ada di Indonesia

keunggulan-dan-macam-macam-dompet-dompet-digital-yang-ada-di-indonesia

Ketika berbelanja secara online, Anda akan diberikan beberapa pilihan saat akan melakukan pembayaran. Terdapat setidaknya tiga metode yaitu transfer bank, pembayaran melalui minimarket, dan dompet digital yang merupakan cara paling mudah dan cepat yang bisa Anda pilih.

Tidak hanya digunakan untuk melakukan transaksi pada tingkat individu, dompet digital juga cocok digunakan pada tingkat perusahaan untuk pengadaan dan pembayaran bahan baku. Sangat menarik bukan?

Apa itu Dompet Digital?

Sebelum membahas terlalu jauh, Anda harus mengetahui terlebih dahulu pengertiannya. Dompet digital atau (e-wallet) merupakan alat pembayaran elektronik untuk melakukan transaksi secara online. 

Berbeda dengan dompet biasa, dompet ini dapat digunakan untuk menyimpan uang non-fisik dan dapat digunakan untuk menyimpan uang dengan nominal yang cukup besar. Penggunaannya juga mudah karena berupa aplikasi yang dapat dipasang pada smartphone Anda.

Macam Dompet Digital di Indonesia

Setelah mengetahui pengertian di atas, sekarang saatnya Anda mengetahui informasi mengenai apa saja dompet digital yang ada di Indonesia saat ini. 

Terdapat banyak sekali jenis e-wallet yang dapat Anda pilih. Mulai dari yang bebas biaya hingga yang terkena biaya admin ketika melakukan transaksi. Namun semua kembali lagi kepada Anda dalam memilih mana yang paling cocok dan nyaman digunakan.

1. DANA

DANA merupakan salah satu dompet digital yang paling banyak digunakan di Indonesia. Hal ini karena DANA memberikan banyak sekali layanan untuk memudahkan transaksi para penggunanya. 

DANA dapat digunakan untuk melakukan berbagai pembayaran mulai dari aktivitas harian seperti pembelian pulsa dan data, pembayaran belanja online, transfer bank, pembayaran asuransi, top-up aplikasi hiburan, pembayaran transportasi, dan pembayaran donasi kemanusiaan.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menggunakan DANA untuk melakukan pembayaran listrik, air, internet/TV kabel, kartu kredit, samsat, pajak, PLN non taglis, hingga biaya pendidikan. 

Berbagai layanan di DANA juga dilengkapi dengan berbagai penawaran keuntungan seperti DANA Surprize, DANA Kaget, serta berbagai voucher diskon dan cashback.

2. OVO

Dompet digital selanjutnya adalah OVO. Sama seperti DANA, OVO juga dapat melakukan berbagai transaksi pembayaran.

OVO dapat digunakan untuk transaksi pembelian pulsa dan data, transfer bank, PLN, pajak, asuransi kesehatan, samsat, aplikasi hiburan, internet/TV kabel, dan angsuran kredit.

OVO juga dapat digunakan untuk membayar air PDAM, iuran lingkungan, retribusi, donasi, dan biaya pendidikan maupun kursus belajar mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Tidak perlu khawatir, OVO juga menyediakan berbagai promo spesial dengan diskon dan cashback yang mantap. 

3. GoPay

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ojek online bernama GoJek bukan? perlu Anda ketahui lagi, perusahaan pengembang GoJek juga memiliki e-wallet yang dikenal dengan nama GoPay.

GoPay memiliki banyak layanan pembayaran. Walaupun awalnya, GoPay hanya dapat digunakan untuk pembayaran GoRide (motor) ataupun GoCar (mobil) pada aplikasi GoJek.

Akan tetapi, saat ini GoPay sudah dapat digunakan untuk membayar GoFood (makanan), GoSend (pengiriman barang), GoMart/GoMall/GoShop (belanja online), GoPulsa (pembelian pulsa), GoGive (donasi dan zakat), dan GoMed (obat dari apotik terdekat).

GoPay juga dapat digunakan untuk membayar tagihan listrik, aplikasi hiburan, dan asuransi kesehatan. Promo diskon dan cashback juga banyak disediakan khusus bagi para pengguna GoPay.

4. LinkAja

Mungkin Anda belum terlalu familiar dengan nama yang satu ini. Akan tetapi, Anda harus tahu bahwa LinkAja merupakan dompet digital yang dikeluarkan oleh sinergi beberapa perusahaan yaitu HIMBARA, Pertamina, dan Telkomsel. 

Sama seperti yang lainnya, LinkAja juga dapat digunakan untuk melakukan  pembayaran telekomunikasi, pembayaran tagihan seperti listrik, PDAM, TV kabel, maupun koperasi. 

LinkAja juga dapat digunakan untuk pembayaran pajak, retribusi, dan pembelian tiket transportasi. Jangan takut, LinkAja tentunya dapat melakukan transfer antar bank dan dapat ditarik tunai melalui beberapa bank yaitu BTN, Mandiri, BNI, dan BRI bertanda Link.

Keuntungan Menggunakan Dompet Digital

Setelah mengetahui macam dompet digital dan fitur menarik yang disediakan, apakah Anda akan tertarik menggunakan salah satunya? jika iya, bersiap-siaplah untuk mendapatkan banyak kejutan yang menguntungkan. 

1. Transaksi Cepat

Beberapa orang pastinya menginginkan kecepatan dalam melakukan berbagai aktivitas. Tidak terkecuali dalam melakukan pembayaran sesuatu. Dengan menggunakan e-walletl, Anda akan menghemat banyak sekali waktu. 

Anda cukup melakukan scan kode QR pada tempat Anda membeli barang atau memasukkan kode keamanan ketika berbelanja online. Setelah itu, pembayaran akan langsung selesai. Sangat cepat bukan?

2. Transaksi Mudah

Selain cepat, Anda juga akan mendapat kemudahan dibanding menggunakan dompet saku biasa. Anda dapat melakukan pembayaran hingga nominal yang sangat kecil dan tidak perlu susah payah membawa uang receh. 

Jika ingin berbelanja banyak barang pun, Anda tidak perlu membawa uang tebal di dompet. Dengan menggunakan e-wallet, Anda cukup membawa gawai saja. Selain menghemat tempat di tas, hal ini juga dapat membantu mengurangi resiko hilang atau terjatuh di jalan jika uang yang Anda bawa sangat banyak.

3. Banyak Promo Menarik

Ini adalah keuntungan yang sangat nyata ketika Anda menggunakan e-wallet. Masing-masing aplikasi akan menawarkan promo yang berbeda namun tentunya tetap menarik untuk digunakan.

Promo dapat berupa diskon maupun cashback. Diskon atau potongan harga biasanya dimulai dari 1% hingga 30%, namun tak jarang diskon yang diberikan hingga 70%. Sementara cashback atau potongan harga yang dikembalikan sangat beragam nilainya mulai dari 10% hingga 50% dari harga aslinya.

Promo biasanya akan hadir ketika tanggal kembar seperti tanggal 1 Januari atau 2 Februari maupun perayaan hari penting seperti hari valentine dan hari ulang tahun perusahaan. Promo tersebut sangat bervariasi dan dapat Anda pilih sesuai  dengan kebutuhan.

4. Kejutan Berhadiah

Keuntungan menarik lainnya adalah kejutan berhadiah yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan aplikasi e-wallet pilihan. Kejutan ini dapat berupa poin maupun koin yang dapat Anda gunakan untuk transaksi selanjutnya.

Semakin tinggi aktivitas yang Anda lakukan, semakin besar pula kesempatan Anda mendapatkan poin maupun koin. Bagaimana? sudah siapkah Anda mengumpulkan poin maupun koin tersebut?

Cobalah Dompet Digital untuk Transaksi yang Mudah dan Cepat

Setelah mengetahui semua keuntungan diatas, kini saatnya Anda mencoba transaksi yang mudah dan cepat sesuai dengan pilihan Anda.

Jika Anda hanya perseorangan, mungkin informasi ini cukup penting untuk aktivitas harian. Akan tetapi jika Anda memiliki usaha, informasi ini tentunya sangat penting untuk menunjang aktivitas perusahaan dalam melakukan berbagai transaksi bersama para klien.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobile Banking

Tidak perlu khawatir, jika Anda masih awam dan kesulitan untuk menggunakan Dompet Digital dan ingin mencoba inovasi untuk mempermudah kegiatan di perusahaan, Anda dapat menggunakan jasa procurement yang tersedia saat ini.

Salah satu aplikasi procurement yang dapat Anda pilih adalah Procurite. Aplikasi ini dapat mengelola pengeluaran dan pembelian serta memantau aktivitas pengadaan barang dalam waktu yang singkat. Anda tidak perlu ragu karena procurite memiliki lima fitur terbaik yaitu sourcing, custom approval, 3 way matching, bid & auction, dan online negotiation disertai fitur canggih on-cloud/cloud base.

Tunggu apalagi, segera gunakan Procurite untuk perusahaan Anda. Informasi lebih lanjut tentang Kami silahkan Klik disini.

logo procurite

Tebet Timur Dalam Raya No 43 Jakarta, Indonesia

procurite phone icon+(62-21) 8357385

procurite phone icon085811417123