Laporan Keuangan Perusahaan

laporan-keuangan-perusahaan

Laporan keuangan perusahaan secara umum merupakan laporan yang berisi pencatatan uang serta transaksi yang terjadi dalam sebuah perusahaan.  Baik itu transaksi pembelian ataupun penjualan serta transaksi lainnya.

Laporan ini biasanya dibuat dalam periode waktu tertentu. Ditentukan oleh kebijakan suatu perusahaan, apakah itu dibuat setiap bulan atau bahkan setiap tahun.

Lebih jelasnya, berikut akan kami jelaskan mengenai laporan keuangan di perusahaan yang penting untuk Anda ketahui.

Tentang Laporan Keuangan Perusahaan

Laporan keuangan dibuat untuk mengetahui bagaimana kondisi finansial suatu perusahaan secara keseluruhan. Dengan begitu, para stakeholder atau pemangku kebijakan dan para karyawan bisa melakukan berbagai evaluasi dan melakukan cara pencegahan secara tepat dan tepat, apabila kondisi keuangan perusahaan mengalami permasalahan.

Karena pentingnya hal tersebut, laporan ini perlu dibuat dengan cermat, tepat serta diperlukan pertanggungjawaban yang diserahkan secara mutlak kepada orang-orang yang ahli dibidangnya, sebut saja seorang akuntan.

Merekalah yang nantinya mempresentasikan laporan yang sudah dibuatnya dengan detail di hadapan para stakeholder yang biasanya sering dilakukan ketika evaluasi kinerja keuangan tahunan.

Dengan begitu, bisa disimpulkan bahwa pengertian laporan keuangan perusahaan yakni laporan yang berisi data-data transaksi keuangan perusahaan  pada periode tertentu. Laporan tersebut perlu dilaporkan serta dipertanggungjawabkan sebagai pembahasan evaluasi perkembangan usaha nantinya.

Jenis-jenis Laporan Keuangan Perusahaan

Perlu Anda ketahui, bahwa laporan keuangan terdiri dari beberapa jenis. Semua itu disesuaikan dengan bentuk transaksi yang terjadi dalam suatu perusahaan, karena memang setiap laporan mempunyai fungsi serta prinsip yang berbeda.

Tentunya mereka yang membuat laporan tersebut harus bisa membedakan pembuatan laporan keuangan yang sesuai dengan keperluannya. Untuk itu, berikut adalah beberapa jenis laporan keuangan utama pada perusahaan, lengkap dengan jenis serta fungsi yang penting untuk Anda ketahui: 

1. Laporan keuangan laba rugi

Pertama ada laporan laba rugi yang merupakan laporan finansial perusahaan yang dibuat oleh pemilik bisnis, agar mengetahui pengeluaran serta pemasukan bisnis secara lebih mendetail. Laporannya berisi berbagai data pendapatan sekaligus pengeluaran keuangan yang menjadi tanggung jawab perusahaan. 

Laporan ini biasanya dibuat untuk menjelaskan mengenai kondisi keuangan perusahaan pada suatu periode. Oleh karena itu, sebagian besar laporan keuangan dikerjakan di akhir bulan maupun akhir tahun, disesuaikan dengan ketentuan di perusahaan tersebut.

Dengan laporan ini, para stakeholder dapat mengetahui keadaan finansial perusahaan terbaru. Sehingga, laporan ini dapat dijadikan sebagai dasar evaluasi sebagai langkah kebijakan selanjutnya.

Laporan finance mengenai laba rugi terdiri dari dua macam, yakni single step dan multiple step. Single step (langkah tunggal) merupakan laporan yang hanya menunjukkan satu kategori pendapatan dan juga satu kategori pengeluaran.

Laporan ini sifatnya sederhana, tidak berisi detail perputaran keuangan yang terjadi pada perusahaan tersebut. Sedangkan  laporan laba rugi multiple step yakni laporan keuangan yang berisi lebih banyak informasi umum dari yang disertakan dalam laporan laba rugi single step.

Akan tetapi, laporan yang satu ini menggunakan banyak persamaan dalam menentukan perhitungan laba rugi secara keseluruhan. Ini memisahkan pendapatan serta pengeluaran yang langsung terkait dengan operasi bisnis dari yang tidak terkait langsung dengan operasinya.

2. Laporan keuangan arus kas

Jenis laporan yang satu ini merupakan suatu informasi keuangan mengenai aliran kas yang masuk atau keluar, yang terjadi di suatu perusahaan selama periode  laporan tersebut. Dengan adanya laporan keuangan arus kas, Anda bisa mengetahui tingkat operasional dan aktivitas keuangan yang dialami oleh sebuah perusahaan. 

Laporan yang satu ini bisa menjadi acuan untuk memperkirakan jumlah aliran uang tunai yang nantinya akan diterima perusahaan di periode akuntansi selanjutnya. Disamping itu, para investor juga bisa memanfaatkan laporan ini untuk mengetahui efektivitas langkah keuangan yang akan diambil suatu perusahaan.

3. Laporan perubahan modal

Jenis laporan keuangan yang satu ini dapat memberi Anda informasi berupa penambahan modal yang dimiliki perusahaan, setelah Anda melakukan kegiatan usaha. Terdapat hubungan antara laporan yang satu ini dengan laba maupun rugi di perusahaan tersebut.

Umumnya modal akan mengalami penambahan ketika perusahaan meraih keuntungan. Berbagai informasi yang dicantumkan dalam laporan perubahan modal yakni jumlah modal awal operasional, laba atau rugi, prive dan dividen yang bisa dibagikan.

Itulah mengapa, laporan yang satu ini sangat diperlukan oleh para investor yang akan menanamkan modalnya. Hal ini dikarenakan dengan adanya laporan perubahan modal, investor bisa melihat efisiensi penggunaan modal serta potensi hasil yang akan didapatkan oleh investor. 

Tidak mengherankan, apabila laporan yang satu ini penting juga untuk melihat kondisi perusahaan.

4. Catatan laporan

Jenis laporan keuangan selanjutnya yang penting juga untuk Anda ketahui yakni catatan laporan. Catatan yang satu ini dapat memberi gambaran secara lebih detail tentang apa yang tercantum pada laporan keuangan lainnya.

Melalui catatan laporan yang satu ini, baik pimpinan perusahaan maupun investor bisa mengetahui penyebab suatu kendala yang dihadapi dalam sistem operasionalnya. 

5. Laporan neraca

Terakhir, jenis laporan keuangan lainnya yakni laporan neraca. Dalam laporan ini, terdapat informasi mengenai aktiva dan pasiva yang dimiliki suatu perusahaan. Modal yang dimiliki suatu perusahaan juga tercatat dalam laporan ini.

Singkatnya, balance sheet/ neraca adalah laporan yang terdiri dari tiga komponen utama, diantaranya ekuitas, aset, serta kewajiban.

Fungsi Laporan Keuangan Bagi Perusahaan 

Laporan keuangan sendiri dibuat untuk fungsi tertentu. Jelasnya laporan ini digunakan sebagai sarana untuk menentukan kebijakan pimpinan yang terkait dengan perusahaan di periode selanjutnya. Berikut adalah beberapa fungsi dari laporan ini, diantaranya:

1. Sebagai penilaian untuk kondisi bisnis

Semua laporan ini berguna sebagai penilaian keadaan bisnis. Maksudnya, apabila dari catatan keuangan terlalu banyak kerugian, itu berarti perusahaan Anda sedang mengalami kemunduran.

Sebaliknya, apabila dalam laporan tersebut terdapat banyak data profit, usaha atau bisnis Anda sedang mengalami perkembangan. Dengan penilaian tersebut, tentunya pihak pimpinan dapat memutuskan apakah usaha dilanjutkan atau malah menutupnya karena terdapat kerugian usaha yang cukup banyak. 

2. Sebagai bentuk pertanggungjawaban perusahaan

Laporan keuangan ini juga memiliki fungsi sebagai pertanggungjawaban suatu perusahaan. Baik itu untuk investor atau kepada pemerintah yang berhubungan dengan pajak dan sebagainya.

Apabila laporan keuangan detail, itu berarti perusahaan Anda dinilai kredibel di mata para stakeholder. Paling tidak, manajemen tersebut berjalan dengan baik sesuai dengan porsi mereka masing-masing. 

Namun, sebaliknya, apabila perusahaan dengan laporan keuangan tidak beres atau berantakan, dapat dikatakan ini sebagai badan usaha yang tidak kredibel serta berpotensi dapat mengalami permasalah kedepannya.

3. Sebagai bahan evaluasi

Terakhir, laporan keuangan perusahaan dibutuhkan sebagai bahan evaluasi. Dapat dipastikan apabila tidak ada laporan tersebut, evaluasi yang dilakukan pun tidak dapat berjalan secara maksimal. Bahkan Anda seperti melakukan suatu hal yang sia-sia.

Baca Juga: Daftar Kode Bank

Keseluruhan laporan keuangan merupakan parameter evaluasi dalam menjelaskan permasalahan dan solusinya. Jika perusahaan mengalami kemunduran, maka dapat diketahui apa yang menjadi penyebab kemunduran tersebut, serta bagaimana cara mengatasinya.

Apabila evaluasi ini berjalan maksimal, tentu saja kebijakan selanjutnya akan lebih mudah untuk dilakukan, karena telah ditemukan penyebab masalah serta solusi terbaiknya. Evaluasi yang dilakukan pada periode selanjutnya pun diharapkan dalam menyelesaikan masalah agar  tidak terulang lagi.

Dalam memudahkan penyusunan laporan keuangan di perusahaan Anda, Procurite bisa menjadi solusinya. Kami bisa membantu Anda dalam memenuhi berbagai kebutuhan dalam pengadaan barang hingga proses rekap laporan keuangan perusahaan yang lebih transparan dan terpercaya.

Kami adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi, khususnya pengembangan aplikasi e-procurement. Hanya dengan satu aplikasi semua transaksi dan keperluan finance Anda seputar procurement akan teratasi.

Dengan pengalaman kami yang sudah lebih dari 15 tahun dalam bidang pengadaan di Indonesia, kami menciptakan Procurite yang merupakan aplikasi pengadaan untuk SMB di seluruh Indonesia. Bahkan laporan keuangan perusahaan Anda bisa kami urus dengan baik. Yuk bergabung dengan Procurite! Perlu Anda ketahui, kami memiliki banyak fitur dan salah satu fitur terbaru dari Procurite adalah On-cloud / cloud base.

logo procurite

Tebet Timur Dalam Raya No 43 Jakarta, Indonesia

procurite phone icon+(62-21) 8357385

procurite phone icon085811417123