Manajemen Inventory adalah

manajemen-inventory-adalah

Dalam dunia perusahaan, tentu tidak akan terlepas dengan yang namanya pengaturan persediaan atau dikenal sebagai manajemen inventory. Manajemen inventory adalah satu bagian penting dalam perusahaan. Bagian tersebut memiliki peran untuk mengatur segala hal terkait persediaan yang ada di dalam perusahaan.

Sementara, aktivitas yang ada di dalam manajemen persediaan umumnya berkaitan dengan bagaimana cara menyimpan persediaan, memanfaatkannya, dan bagaimana cara memperoleh persediaan atau lebih dikenal sebagai kegiatan pengadaan. Untuk mendapatkan kesuksesan dalam pengadaan, jangan lupa gunakan jasa kami di Procurite sebagai satu aplikasi yang bergelut di bidang e-procurement.

5 Fungsi Manajemen Inventory adalah Sebagai Berikut

Mengingat manajemen inventory adalah bagian penting dalam perusahaan, maka dalam menjalankan setiap bagian yang ada di dalamnya tidak boleh sembarangan. Salah satunya adalah bagaimana persediaan digunakan untuk optimalisasi produksi, dan bagaimana persediaan itu ada kembali secara efisien melalui pengadaan.

Efisien yang dimaksud dari manajemen inventory adalah efisien dari segi jumlah barang, dana yang dikeluarkan untuk membelinya, dan pengeluaran untuk operasional seperti biaya kirim dan lainnya. Oleh sebab itu, misi Anda sebagai bagian dari inventory manager sangat dibutuhkan di sini. Sebagaimana yang disinggung sebelumnya, Anda bisa mempercayakan kegiatan pengadaan untuk perusahaan bersama Procurite.

Dengan demikian, beban Anda di dalam manajemen persediaan bisa dikurangi satu persatu sebab dibantu oleh fitur yang mempermudah pengadaan oleh Procurite.

Nah, selain memiliki peran penting secara keseluruhan di dalam perusahaan, apa sebenarnya fungsi dari manajemen inventory itu sendiri? Berikut pembahasannya.

1. Tindakan Tepat Mencegah Kekurangan Persediaan

Tahukah Anda, tanpa adanya manajemen dalam persediaan atau manajemen inventory, maka kejadian-kejadian seperti kehabisan stok barang atau bahan guna kepentingan produksi di perusahaan bisa saja terjadi. Tentu hal ini akan menghambat bisnis perusahaan dan berakibat pada kerugian.

Oleh sebab itu, perusahaan yang profesional, tentu akan dengan rutin melakukan pengecekan sebagai bagian dari manajemen inventory sehingga bisa terungkap kapan masanya barang di perusahaan akan habis.

Setelah itu, barulah perusahaan melakukan pengaturan terkait persiapan pengadaan untuk memulihkan kembali persediaan yang kurang. Jangan lupa untuk melakukan pengadaan hanya bersama kami di Procurite. Tentu untuk mendapatkan pendampingan pengadaan terbaik dan lancar.

Meskipun diketahui adanya supply bahan menjadi rutinitas dalam waktu tertentu oleh sebuah perusahaan, namun adanya antisipasi tetap wajib dilakukan. Tentu guna berjaga-jaga jika sewaktu-waktu persediaan datang terlambat sehingga mengganggu proses produksi di dalam perusahaan.

2. Antisipasi Stok yang Tidak Sesuai dengan Kebutuhan

Tahukah Anda, manajemen inventory adalah bagian penting di dalam perusahaan yang tidak hanya bergelut di bagian pengecekan jumlah stok yang dibutuhkan saja. Melainkan adanya monitoring bahan-bahan yang bisa jadi tidak sesuai dengan kebutuhan.

Meskipun kondisi pesanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan masih jarang terjadi, namun tidak menutup kemungkinan bahwa kejadian tersebut bisa saja terjadi.

Nah, untuk mengantisipasinya, maka diperlukan adanya manajemen inventory supaya tidak ada kesalahan dalam stok yang dikirim oleh supplier. Dalam kasus ini, tim inventory manager harus memastikan bahwa barang yang dipesan dan sampai di perusahaan sudah benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Jadi, selain melakukan analisa pada pra persediaan, maka dilakukan juga tindakan pengecekan ketat melalui pasca persediaan atau usai perusahaan menjalankan kegiatan pengadaan.

Supaya hal-hal buruk tersebut tidak terjadi, Anda juga bisa menggunakan beberapa fitur yang ada di Procurement. Mulai dari transparansi barang, harga, dan monitoring transaksi, bisa Anda dapatkan hanya dalam satu aplikasi. Menarik bukan?

3. Antisipasi Kosongnya Barang Persediaan di Pasaran

Nah, fungsi selanjutnya dari manajemen inventory adalah untuk berjaga-jaga jika ternyata barang atau bahan yang dibutuhkan oleh perusahaan tidak ada di pasaran.

Manajemen inventory adalah solusi untuk mengatasi hal tersebut. Pasalnya, tanpa melakukan manajemen inventory, maka pihak perusahaan tidak akan memiliki planning a, b, c, dan seterusnya.

Namun, melalui manajemen inventory, akan tersusun dengan rapi terkait barang-barang-barang yang dibutuhkan, di mana mendapatkannya, dan bagaimana cara memperolehnya jika di tempat yang dituju tidak ada.

Bukan hanya itu saja, mulai dari pengiriman, pengelolaan barang, dan jadwal untuk belanja perusahaan juga akan tertangani dengan adanya manajemen inventory.

Jika diperhatikan, fungsi utama dari manajemen persediaan atau manajemen inventory terletak pada tindakan untuk memastikan bahwa persediaan barang di dalam perusahaan harus selalu ada. Jadi, tidak heran jika manajemen inventory juga memiliki peran penting untuk antisipasi ketersediaan barang yang kosong di pasaran.

4. Menjamin Kelancaran Proses Produksi dalam Perusahaan

Berikutnya, fungsi dari manajemen inventory adalah untuk menjamin kelancaran proses produksi dalam perusahaan.

Khususnya, bagi perusahaan-perusahaan yang bergelut di bidang produksi barang. Tentu keberjalanan proses produksi harus tetap berjalan yang salah satunya ditunjang stok bahan yang harus selalu ada.

Kelancaran proses produksi tentu erat kaitannya dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan di dalam perusahaan. Selain itu, menjaga pemenuhan kebutuhan oleh para konsumen.

Oleh sebab itu, peran manajemen inventory ini cukup kuat dalam menjamin kelancaran produksi yang menyangkut kepentingan banyak pihak. Bukan hanya dari pihak perusahaan saja, melainkan dari pihak konsumennya.

5. Meminimalisir Kerugian Perusahaan

Jika persediaan habis, tidak ada rencana matang atau konsep bagaimana cara melakukan pengadaan, dan tidak ada ide bagaimana mengoptimalkan stok bahan di perusahaan untuk kegiatan produksi, tidak heran jika perusahaan bisa mengalami kerugian.

Nah, fungsi yang tidak kalah pentingnya dengan fungsi di atas dari manajemen inventory adalah guna meminimalisir kerugian perusahaan yang diakibatkan oleh hal-hal tadi.

Dengan demikian, lakukan setiap hal yang berkaitan dengan manajemen persediaan dengan baik. Mulai dari pengelolaan barangnya, hingga bagaimana cara mendapatkan barang dengan optimal melalui kegiatan pengadaan.

Procurite Penyedia Sistem Manajemen Inventory Adalah Sebagai Solusi Planning Perusahaan

Sebab, di luar sana tidak terhitung perusahaan-perusahaan yang tingkat kerugiannya lebih besar daripada keuntungannya karena mengabaikan manajemen persediaan khususnya dari segi pengadaan. Oleh sebab itu, guna memperlancar pengadaan untuk mendapatkan fungsi manajemen persediaan secara maksimal, percayakan pada layanan kami di Procurite.

Anda perlu tahu bahwa Procurite merupakan anak perusahaan dari PT Mitra Mandiri Informatika yang tidak perlu diragukan lagi terkait pengembangannya di bidang pengadaan khususnya e-procurement. Pengadaan yang menjadi aspek tercapainya fungsi manajemen inventory bisa dilaksanakan secara maksimal bersama Procurite melalui fitur yang ada.

Mulai dari bagaimana cara mendapatkan supplier yang tepat, negosiasi secara online, hingga fitur-fitur menarik lainnya seperti custom approval bisa Anda dapatkan hanya dengan menggunakan satu aplikasi yakni Procurite. Procurite hadir sebagai solusi pendampingan kegiatan pengadaan barang dan jasa perusahaan yang Anda butuhkan. Nah, mengingat fungsi dari manajemen inventory adalah menjaga ketersediaan barang yang salah satunya didukung oleh kegiatan pengadaan, maka wajib bagi Anda mencari solusi pengadaan yang tepat untuk perusahaan. Oleh sebab itu, yuk gunakan Procurite sekarang juga!

logo procurite

Tebet Timur Dalam Raya No 43 Jakarta, Indonesia

procurite phone icon+(62-21) 8357385

procurite phone icon085811417123