Manajemen Persediaan

manajemen-persediaan

Apakah bisnis Anda pernah mengalami ketidakpastian dalam persediaan barang? Padahal persediaan barang sangat penting untuk sebuah usaha agar dapat berjalan dengan lancar. Cara yang bisa Anda lakukan, yakni menerapkan manajemen persediaan.

Hal ini sangat penting dilakukan untuk mengatur serta menjaga persediaan yang dimiliki suatu usaha. Untuk itu Anda perlu mengetahui seputar manajemen pengadaan bisnis, apalagi jika memang Anda adalah pelaku usahanya. Berikut penjelasannya yang akan kami ulas dalam artikel kali ini.

Tentang Manajemen Bisnis

Manajemen persediaan merupakan suatu bagian dari perusahaan yang tugasnya untuk menjaga serta mengontrol persediaan yang dimiliki suatu perusahaan. Tugas itu terdiri dari cara untuk mendapatkan persediaan, mengawasi penggunaan persediaan serta melakukan penyimpanan dari persediaan tersebut.

Persediaan sendiri mencakup bermacam-macam jenis, dari mulai bahan baku, bahan pendukung, suku cadang, barang yang sedang dalam proses sampai barang yang sudah jadi. Memang, dalam mengontrol persediaan tidaklah mudah.

Bagian yang berwenang harus mempunyai ketelitian serta ketekunan dalam mengawasi persediaan. Jika jumlahnya terlalu banyak, biaya penyimpanannya pun akan semakin tinggi.

Dan sebaliknya, jika jumlahnya terlalu sedikit, hal ini bisa menghambat proses produksi. Masalah lain yang mungkin bisa dihadapi oleh suatu perusahaan yakni ketidakpastian, seperti halnya ketidakpastian pasokan dari pemasok (supplier), permintaan pasar, hingga waktu pemesanan.

Itulah mengapa, manajemen persediaan mempunyai fungsi yang sangat penting bagi suatu perusahaan.

Peranan Manajemen Persediaan

Selain memiliki peran utama untuk mengawasi persediaan, manajemen persediaan juga mempunyai peran penting lainnya dalam bidang usaha, diantaranya:

1. Untuk memastikan pesanan persediaan sesuai dengan apa yang dibutuhkan

Terkadang, lonjakan pesanan dapat membuat pendataan mengalami kesalahan. Hal ini tentunya perlu Anda hindari, akan tetapi human error dapat terjadi pada siapa saja.

Oleh sebab itu, manajemen ini perlu untuk selalu memastikan, apakah pesanan persediaan telah sesuai dengan kebutuhan produksi ataukah belum.

2. Untuk mengantisipasi adanya kekurangan persediaan

Untuk sebuah perusahaan, khususnya yang memproduksi barang, supply bahan yang datang terlambat tentunya juga bisa menghambat proses produksi. Walaupun pada umumnya sudah terdapat jadwal, namun hal semacam ini kemungkinan bisa tetap terjadi.

Untuk itu, disinilah bagian manajemen persediaan sangat diperlukan untuk mengantisipasi hal tersebut. Agar lebih aman, sebaiknya jauh sebelum hari jadwal kedatangan, bagian manajemen harus sudah menghubungi supplier untuk memastikan bahan-bahan produksi bagi perusahaan.

3. Untuk memastikan supply bahan selalu tersedia

Manajemen persediaan juga mempunyai peranan untuk selalu mengantisipasi jika kebutuhan persediaan sudah sulit ditemukan di pasaran. Hal ini bisa karena stok yang sudah habis, adanya keterlambatan produksi yang berkaitan dengan bahan tersebut dan alasan-alasan lainnya.

Untuk itu, disinilah pencatatan serta pemeriksaan perlu dilakukan dengan sangat ketat.

4. Untuk menjamin kelancaran proses produksi

Untuk kelancaran proses bisnis Anda, proses produksi tentunya juga perlu berjalan dengan lancar. Dengan begitu, manajemen persediaan harus memeriksa kelancaran proses ini agar para pelanggan tetap mendapatkan kebutuhannya serta Anda juga akan memperoleh keuntungan.

Metode Dalam Manajemen Persediaan

Dalam mengelola manajemen persediaan, suatu perusahaan biasanya akan menerapkan beberapa metode seperti berikut ini:

1. Metode just in time

Dalam manajemen persediaan just in time merupakan metode yang perlu diperhatikan. Metode tepat waktu menerapkan kebijakan untuk tidak menyuplai serta memiliki persediaan. 

Persediaan yang dimiliki juga hampir tidak ada, bahkan tidak ada sama sekali, yang dengan ini perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya persediaan. Jadi, suatu persediaan baru bisa dibeli hanya saat sedang dibutuhkan untuk mencegah adanya sisa.

Cara yang digunakan untuk menerapkan metode ini, yakni dengan membangun relasi yang baik dengan para supplier bahan baku. Dengan begitu, akan membuat supplier selalu siap dalam menyediakan atau menyetok persediaan untuk perusahaan Anda kapanpun dan berapapun yang Anda butuhkan.

2. Metode material requirement planning (MRP)

Selanjutnya, ada metode perencanaan material requirement planning. Metode ini mengendalikan serta menjamin ketersediaan bahan baku namun dalam jumlah yang tidak banyak.

Tujuan dari metode ini, agar bisa menekan biaya pengelolaan. Dalam menerapkannya, MRP dalam melakukan perencanaannya meliputi pembuatan jadwal untuk produksi, pembelian serta waktu pengiriman supply bahan baku.

3. Metode periodic review

Metode yang satu ini memungkinkan perusahaan Anda secara rutin dapat memesan persediaan bahan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Cara tersebut membuat manajer keuangan dapat memperkirakan berapa banyak biaya yang akan dibutuhkan untuk membeli bahan baku tersebut.

Dengan metode ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang mampu menekan fluktuasi dari berbagai permintaan bahan baku serta mudah diterapkan, karena tidak membutuhkan proses administrasi yang terbilang rumit.

Akan tetapi, perusahaan perlu menyiapkan stok dalam jumlah yang banyak untuk mengantisipasi overload pesanan yang datang secara tiba-tiba.

4. Metode analisis ABC

Suatu perusahaan yang menggunakan metode analisis ABC dapat menggolongkan persediaan berdasarkan pada persediaan dan nilai/total persediaan. Setiap barang akan diberi label sesuai dengan golongannya masing-masing,  hal ini karena setiap barang memerlukan perlakuan yang berbeda untuk menjaga kualitasnya.

Manajemen persediaan perlu ditangani dengan baik, karena memiliki peran yang cukup krusial untuk suatu perusahaan. Metodenya sendiri, Anda dapat menyesuaikan dengan bisnis serta budget yang dimiliki.

5. Metode economic order quantity

Terakhir ada metode kuantitas pesanan ekonomi atau economic order quantity. Metode ini bekerja dengan cara menyiapkan persediaan seperlunya disesuaikan dengan pesanan yang diterima dari para pelanggan.

Dengan begitu, bisnis ini tidak memasok banyak persediaan, karena jika mendapatkan pesanan saja. Para pemesan nantinya akan menyebutkan barang pesanan, spesifikasi barang, jumlah barang, serta waktu penyelesaian yang diinginkan.

Dari sana, suatu perusahaan kemudian akan mempertimbangkan banyak hal, seperti jumlah bahan yang diperlukan, harga serta spesifikasi bahan baku. Metode yang satu ini bisa memberikan banyak manfaat.

Karena tidak terdapat sisa bahan, maka biaya pemeliharaan pun menjadi tidak diperlukan lagi, dan tidak harus mengeluarkan biaya gudang sebagai tempat untuk menyimpan sisa bahan.

Itulah beberapa penjelasan penting mengenai manajemen persediaan  yang penting untuk Anda ketahui, apalagi jika Anda memiliki perusahaan bisnis. Dalam memudahkan proses persediaan Anda, Procurite hadir sebagai solusi pengadaan atau penyedia yang terpercaya. 

Procurite sendiri adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang procurement atau pengadaan yang sangat penting untuk kesejahteraan suatu perusahaan atau bisnis. Procurite menjamin, kerjasama Anda bersama kami akan membuahkan dampak yang cukup baik antara kedua belah pihak. 

Bersama Procurite, kegiatan Manajemen Penyediaan maupun penyediaan barang yang Anda lakukan bisa menjadi lebih mudah dan efisien. Hal ini karena, Procurite terdiri dari beberapa fitur yang bisa mendukung keberlangsungan pengadaan barang atau jasa yang Anda lakukan menjadi lebih tertata, efisien dan maksimal.

Informasi lebih lanjutnya, Anda bisa mengunjungi website resmi kami dan Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan kami. Tunggu apalagi, yuk segera hubungi kami di kontak yang tersedia di website resmi kami ini!

logo procurite

Tebet Timur Dalam Raya No 43 Jakarta, Indonesia

procurite phone icon+(62-21) 8357385

procurite phone icon085811417123