Manfaat Performance Management Bagi Manajemen dan Karyawan

manfaat-performance-management-bagi-manajemen-dan-karyawan

Manfaat performance management dapat dirasakan oleh perusahaan dan karyawan. Sistem ini tepat untuk memudahkan pencapaian tujuan perusahaan.

Karyawan bagi perusahaan merupakan aset. Pengelolaannya harus berjalan dengan baik sehingga dapat bekerja secara optimal. Hubungan timbal balik antara karyawan dan perusahaan harus berjalan selaras, nyaman dan saling menguntungkan.

Manfaat Performance Management Dalam Sebuah Perusahaan

Perusahaan yang baik akan memperlakukan karyawan sebagai partner, bukan “mesin produksi”. Oleh karena itu manajemen harus mengelola kemampuannya dengan sebaik-baiknya. 

Pengertian Performance Management

Performa management adalah sebuah sistem yang dijalankan manajer perusahaan terhadap karyawan. Maksudnya adalah agar dapat bekerja secara optimal dengan cara menyampaikan tujuan perusahaan sehingga bersama mencapainya.

Dalam pelaksanaannya perusahaan melalui manajemen melakukan komunikasi, pengawasan, penilaian dan penghargaan terhadap prestasi karyawan. Sebagai partner, karyawan berhak menyampaikan usulan untuk kemajuan perusahaan.

Tujuan Dilaksanakannya Performance Management

Performance management yang dijalankan perusahaan secara umum untuk memudahkan pencapaian tujuan bersama, yaitu kemajuan perusahaan. Secara khusus, tujuannya adalah:

1. Menyamakan Persepsi Antara Pimpinan Dan Karyawan

Proses ini sangat penting agar karyawan mampu menafsirkan keinginan perusahaan sehingga mudah untuk mencapainya. Pimpinan sebagai leader harus turut mengarahkan sehingga tidak terjadi miss communication antara kedua belah pihak.

2. Menyamakan Goals Perusahaan Dan Karyawan

Goals perusahaan tidak akan tercapai tanpa kerja keras karyawan. Sebagai pribadi karyawan pun mempunyai goals. Hal ini tidak boleh berbeda bahkan harus selaras.

Oleh karena itu. Kedua belah pihak perlu “duduk bareng” untuk menyamakannya. Selanjutnya manajemen bertugas sebagai pengevaluasi progres pelaksanaan dan pencapaiannya.

3. Penentuan Standar Kerja Perusahaan

Setiap perusahaan mempunyai standar kerja. Manajemen performa membantu tim HRD untuk mengukur berapa besar pencapaiannya. Dalam jangka panjang menjadi bahan untuk mengatur strategi berikutnya agar standar tersebut terlampaui.

4. Melancarkan Komunikasi Perusahaan Dengan Karyawan

Suatu tujuan sering tidak tercapai karena kurang bagusnya komunikasi antara dua tim atau lebih. Manajemen performa dapat menjembatani hal tersebut dengan membuka komunikasi dua arah antara perusahaan dan karyawan.

5. Menjadi Bahan Pengembangan SDM Bagi HRD

Hasil dari manajemen performa bisa berupa masukan atau evaluasi terhadap manajemen dan HRD. Oleh karena itu sangat penting bagi semua pihak. HRD pun harus “open” dan menerima semua masukan dari karyawan.

Manfaat Performance Management

Harus diakui bahwa manajemen performa dapat bermanfaat bagi semua pihak. Bukan hanya karyawan, tetari juga manajemen dan perusahaan. Berikut diantaranya:

1. Bagi Perusahaan

Perusahaan merupakan lembaga, di dalamnya terdapat manajemen dan karyawan. Sebagai institusi, perusahaan mengalami perubahan. Hasil evaluasi performa dapat menjadi acuan perubahan kebijakan. Manfaat performance management:

  • Menjadi sarana penyesuaian tujuan tim, manajemen dan perusahaan
  • Acuan peningkatan kinerja karyawan
  • Bahan evaluasi dan perbaikan proses training serta pengembangan SDM
  • Menambah kemampuan dan keterampilan karyawan
  • Menjadi basis perencanaan pengembangan karyawan
  • Bagi karyawan berkualitas, ini merupakan cara untuk mempertahankannya
  • Dasar bagi perbaikan budaya kerja yang sebelumnya kurang sesuai
  • Pendukung dalam inisiatif kualitas dan dan pelayanan terbaik bagi konsumen

Baca Juga: 4 Manfaat dan Indikator Penilaian Karyawan

2. Bagi Manajemen

Manajemen adalah bagian yang menjadi penengah antara tujuan perusahaan dan karyawan sebagai pelaksana. Manfaat pengaturan performa bagi manajemen adalah:

  • Membantu mengklasifikasikan kinerja dan harapan karyawan
  • Penting dalam perbaikan kinerja tim dan individu
  • Merupakan penghargaan non finansial bagi karyawan berprestasi
  • Mensupport karyawan yang kurang berprestasi
  • Sebagai pengukur objektif dalam kinerja karyawan

3. Bagi Karyawan

Dalam perusahaan, karyawan bukanlah objek. Bersama dengan manajemen dan mencapai tujuan bersama. Manfaat performa management bagi karyawan adalah:

  • Sumber informasi peran dan tujuan karyawan
  • Mendukung dan mendorong kinerja karyawan agar lebih baik
  • Dasar dalam mengukur kinerja karyawan
  • Membantu dalam pengembangan karir karyawan
  • Alat untuk membantu karyawan agar fokus pada tujuan dan perbaikan.

Manfaat performance management penting bagi semua pihak. Oleh karena itu pengukurannya harus akurat. Salah satunya dengan Procurite.com yang menggunakan sistem cloud  sehingga memudahkan dalam pemantauan.

logo procurite

Tebet Timur Dalam Raya No 43 Jakarta, Indonesia

procurite phone icon+(62-21) 8357385

procurite phone icon085811417123