Mekanisme Pengadaan Barang dan Jasa

mekanisme-pengadaan-barang-dan-jasa

Pengadaan barang dan jasa sangat identic dengan program pemerintah. Dalam memahami mekanisme pengadaan barang dan jasa, Anda perlu memahami terlebih dahulu apa itu pengadaan barang dan jasa?

Sederhananya, pengadaaan barang dan jasa memang sangat penting dilakukan karena mengingat kebutuhan barang dan jasa semakin bertambah. 

Mulai dari kebutuhan lengkap rumah sakit, alat tulis perkantoran, obat-obatan bahkan bahan bakar milik pemerintah itu sendiri. 

Tentunya untuk memperlancar mekanisme pengadaan barang dan jasa ini diperlukan metode dan suatu proses tertentu untuk mencapai kesepakatan termasuk berupa spesifikasi tertentu.

Untuk lebih detailnya apa itu pengadaan barang dan jasa serta bagaimana mekanisme pengadaan barang dan jasa, Anda perlu menyimak artikel kali ini dari awal hingga selesai.

Mengenal Mekanisme Pengadaan Barang dan Jasa

Istilah pengadaan sendiri diartikan sebagai upaya untuk memenuhi suatu kebutuhan. Pengadaan barang dan jasa sendiri dapat didefinisikan sebagai salah satu kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh barang dan jasa yang mana dilakukan terlebih dahulu tahap perencanaan pemenuhan kebutuhan. 

Perencanaan kebutuhan ini selanjutnya diselesaikan hingga tahap akhir

Terdapat 2 jenis pengadaan barang dan jasa yaitu pengadaan barang dan jasa dari sektor pemerintahan dan non pemerintahan. 

Dalam pengadaan barang dan jasa sektor pemerintahan terbilang memiliki proses yang lebih rumit. Hal ini dikarenakan dalam pengadaan barang dan jasa sistem pembiayaannya berkaitan erat dengan APBN.

Sedangkan untuk pengadaan barang dan jasa sektor non pemerintahan memiliki proses yang terbilang mudah dikarenakan aturan aturannya lebih banyak mengacu pada instansi atau perusahaan.

Ada beberapa istilah yang dapat digunakan dalam pengadaan barang dan jasa ini.

  1. PPK

Pertama, PPK yang mana merupakan seorang pejabat yang diangkat oleh pengguna anggaran sebagai pemilik yang bertanggung jawab dalam mekanisme pengadaan barang dan jasa.

  1. Penyedia barang atau jasa

Kedua, penyedia barang atau jasa. Penyedia barang atau jasa ini merupakan sebuah badan usaha baik kelompok maupun perorangan yang menyediakan barang dan jasa.

  1. Barang

Ketiga, barang itu sendiri. Barang ini merupakan segala benda dalam berbagai bentuk maupun jenis baik itu berupa bahan baku, bahan setengah jadi maupun bahan jadi yang memiliki spesifikasi tertentu dan sudah ditentukan oleh penyedia barang dan jasa. 

  1. Jasa

Keempat adalah jasa itu sendiri. Jasa ini dibagi menjadi 3 jenis, antara lain jasa konsultasi, pemborongan dan jasa lainnya.

Pengadaan barang dan jasa ini memiliki tujuan untuk memperlancar dan memudahkan proses pembangunan nasional dalam rangka pembangunan nasional ini untuk meningkatkan pelayanan masyarakat baik pusat atau daerah. 

Dalam proses mekanisme pengadaan barang dan jasa nantinya mengacu pada sebuah prinsip prinsip tertentu serta dilakukan dengan metode yang tepat.

Terdapat beberapa pedoman yang perlu Anda perhatikan dalam pengadaan barang dan jasa. 

Yaitu efisien, efektif, transparan, bersaing, terbuka, akuntabel, dan adil. 

Efisien artinya pengadaan barang dan jasa dilakukan dengan biaya seminimal mungkin namun tepat sasaran dengan membutuhkan waktu yang tidak lama atau singkat. 

Efektif sendiri artinya ketepatan antara kebutuhan dengan pengadaan barang dan jasa yang dilakukan oleh penyedia.

Pengadaan barang dan jasa juga harus bersifat akuntabel yang artinya dapat ditelaah dari segi pembiayaan dan keuangan yang mana hal ini harus jelas dan dapat dipertanggung jawabkan. 

Adil artinya pengadaan barang dan jasa ini bersifat sama rata dan memberikan perlakuan yang sama atau tidak pilih kasih.

Mekanisme Pengadaan Barang dan Jasa

Terdapat 3 mekanisme pengadaan barang dan jasa, yaitu perencanaan, persiapan dan pelaksanaan. Berikut ini penjelasannya!

1.  Perencanaan

Dalam tahap perencanaan sendiri terdiri dari beberapa kegiatan mulai dari mengidentifikasi kebutuhan. 

Selanjutnya, dilakukan penetapan barang dan jasa. Setelah itu menentukan cara pengadaan, jadwal pengadaan dan anggaran pengadaan barang dan jasa tersebut.

2.  Persiapan

Dalam tahap kedua yaitu persiapan terdiri dari 2 kegiatan inti. Yaitu persiapan swakelola dan persiapan melalui penyedia barang dan jasa. 

Alur tahapan dalam persiapan swakelola yaitu penetapan sasaran, penyelenggaraan swakelola, merencanakan kegiatan, menentukan jadwal pelaksanaan dan menyusun RAB. 

Sedangkan alur tahapan dalam persiapan yang dilakukan melalui penyedia barang dan jasa antara lain menetapkan HPS, menetapkan rancangan kontrak, menetapkan spesifikasi teknik, menetapkan uang muka. 

Selain uang muka, juga ada uang jaminan pelaksanaan, pemeliharaan, dan sertifikat garansi.

3.  Pelaksanaan

Dalam tahap ketiga yaitu pelaksanaan terdiri dari 2 kegiatan utama dan inti yaitu pelaksanaan swakelola dan pelaksanaan melalui penyedia. 

Alur pelaksanaan swakelola yaitu pelaksanaan swakelola, pembayaran swakelola, dan pengawasan serta pertanggungjawaban swakelola. 

Sedangkan alur pelaksanaan melalui penyedia yaitu pelaksanaan pemilihan, pelaksana kontrak dan terakhir adalah serah terima hasil pekerjaan.

Swakelola sendiri diartikan sebagai sebuah lembaga untuk memperoleh barang dan jasa bisa melalui kementerian, lembaga, perangkat daerah maupun organisasi kemasyarakatan. 

Dalam mekanisme pengadaan barang dan jasa ini diperlukan metode yang tepat diantaranya melalui pelelangan, penunjukkan langsung, pengadaan langsung dan kontes.  

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, terdapat suatu brand yang mampu menyediakan aplikasi penyediaan barang dan jasa secara mudah dan cepat, yaitu Procurite

Brand kami ini selain mempermudah dalam pengadaan barang dan jasa, juga menawarkan harga terjangkau dengan kualitas terbaik.

Procurite, Solusi Pengadaan Produk dengan Baik

Terdapat beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan ketika Anda menggunakan Procurite.

1.  Tersedia banyak kategori

Pertama, Anda dapat memilih banyak kategori yang telah disediakan untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa di perusahaan Anda. Tentunya pemenuhan barang dan jasa dilakukan secara efisien dan cepat.

2.  Terdapat proses pelelangan

Kedua, adanya proses pelelangan yang bisa Anda ikuti untuk mendapatkan harga dan kualitas terbaik dari setiap kategori barang dan jasa yang Anda pilih.

3.  Dapat melakukan negosiasi

Ketiga, Anda bisa melakukan negosiasi yang dilakukan secara online. Tentunya hal ini sangat memudahkan Anda karena dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Selain itu, Anda juga dapat meningkatkan approval sesuai dengan nominal dan tipe pengadaan barang dan jasa tersebut.

Hebatnya lagi, brand kami telah memiliki banyak review yang positif yang mana tentunya hal ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang sedang mencari pengadaan barang dan jasa yang tepat, efektif, cepat serta efisien. 

Dengan adanya review yang bagus inilah, Anda tidak perlu ragu dalam menggunakan aplikasi Procurite karya kami ini.

Procurite menggunakan sistem manajemen yang sangat bagus sehingga hasil dari pengadaan barang dan jasa pun juga dapat optimal. 

Baca Juga: Syarat Pengadaan Barang dan Jasa

Hebatnya juga, Procurite menyediakan banyak katalog yang mana memudahkan Anda dalam mencari barang yang Anda butuhkan.

Aplikasi dari Procurite lengkap dengan fitur-fitur canggih yang bisa membantu Anda dalam mengatasi segala kendala dan permasalahan selama proses pengadaan barang dan jasa berlangsung. 

Dari segi estimasi biaya pun, aplikasi Procurite bisa menjadi solusi terbaik bagi Anda dalam memenuhi kebutuhan barang dan jasa perusahaan atau instansi Anda. Untuk info lebih lanjut, kunjungi landing page kami supaya tidak ketinggalan informasi terkait mekanisme pengadaan barang dan jasa yang terotomatisasi dan praktis.

logo procurite

Tebet Timur Dalam Raya No 43 Jakarta, Indonesia

procurite phone icon+(62-21) 8357385

procurite phone icon085811417123