Mengenal Manajemen Resiko, Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

mengenal-manajemen-resiko-pengertian-tujuan-dan-manfaatnya

Anda pernah mendengar manajemen resiko? Biasanya dalam sebuah perusahan baik dalam skala kecil maupun besar akan menggunakannya dalam setiap operasional yang terjadi di dalam kantor.

Selain itu, manajemen atau pengelolaan resiko yang terjadi dalam perusahaan juga erat kaitannya dengan beberapa divisi di perusahaan. Mulai dari divisi pemasaran, pengadaan, dan lain sebagainya. Itu sebabnya, setiap langkah yang dilakukan harus merupakan langkah yang tepat guna meminimalisir resiko kerugian bagi perusahaan.

Mengenal Pengertian Manajemen Resiko

Sebelum lanjut ke pembahasan yang lebih mendalam Anda perlu tahu terlebih dahulu tentang pengertian manajemen resiko. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan istilah ini? Istilah ini terdiri dari dua kata yakni manajemen dan resiko. Manajemen adalah proses mengatur atau mengelola sesuatu.

Sementara resiko adalah suatu hal yang mungkin terjadi sebagai dampak buruk ketika melakukan sesuatu. Ketika disatukan maka pengertiannya adalah usaha atau kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengurangi sebuah resiko yang terjadi dalam kegiatan berbisnis atau operasional perusahaan.

Biasanya diimbangi dengan berbagai macam cara yang dipilih untuk bisa membuat dampak negatif atau resiko yang terjadi lebih bisa diminimalisir. Keahlian ini cukup penting dimiliki oleh siapapun terutama yang sedang bekerja dalam perusahaan maupun bisnis. Sehingga resiko atau kerugian yang terjadi juga bisa lebih dihindari dengan baik.

Tujuan Manajemen Resiko

Setelah kenal dengan pengertiannya, Anda bisa lanjut untuk mengenal sebenarnya apa yang menjadi tujuan manajemen resiko ini dilakukan? Anda bisa menyimak beberapa penjelasannya seperti berikut ini:

1. Membuat kinerja perusahaan menjadi lebih baik

Tujuan pertama yang bisa Anda tahu dari pengadaan manajemen resiko ini adalah bisa membuat kinerja perusahaan menjadi lebih baik. Hal ini dilakukan dengan penuangan peta resiko untuk membuat proses manajemen perbaikan yang sudah dilakukan sebelumnya menjadi berkembang dengan baik atau berkelanjutan.

2. Memberikan pemahaman terhadap resiko

Tujuan kedua pengadaan istilah ini adalah untuk memberikan pemahaman terhadap resiko menjadi lebih baik. Dengan adanya sebuah manajemen yang bagus tentang sosialisasi pentingnya membuat pengelolaan resiko yang mungkin terjadi dalam sebuah perusahaan.

3. Memberikan sisi kehati-hatian yang lebih baik

Tujuan ketiga dengan adanya pengadaan manajemen resiko untuk bisnis maupun perusahaan adalah memberikan sisi kehati-hatian menjadi lebih baik untuk dilakukan. Hal ini tentunya harus dilakukan untuk semua pihak yang terlibat dalam perkembangan perusahaan terkait.

Sehingga pemaksimalan pencapaian dari perusahaan terkait menjadi lebih bisa digapai dengan baik.

4. Bisa bersaing dengan sehat dalam mengurangi resiko yang terjadi

Tujuan keempatnya adalah diharapkan pihak perusahaan nantinya bisa bersaing dengan sehat untuk mengurangi resiko yang terjadi. Tentu saja berkaitan dengan kinerja dan juga tindakan proaktif untuk memberikan pengelolaan resiko secara unggul dan berkesinambungan selama proses pengelolaan berlangsung.

5. Memberikan gambaran yang jelas terhadap resiko yang terjadi

Tujuan kelima adalah memberikan gambaran yang jelas terhadap resiko yang mungkin terjadi. Pembahasan yang terjadi adalah dengan memahami fungsi dan proses bisnis yang dijalankan secara lebih baik dan terhindar dari resiko yang bisa saja terjadi.

6. Melindungi perusahaan dari resiko penghambat sebuah perusahaan

Tujuan keenam yang perlu dipahami untuk melakukan penerapan ini adalah bisa berguna untuk melindungi perusahaan dari resiko penghambat sebuah perusahaan. Sehingga perusahaan menjadi lebih siap dengan apa saja yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Manfaat Manajemen Resiko

Lanjut, setelah membahas tujuan mengapa manajemen resiko ini dilakukan Anda juga harUs tahu manfaat yang diberikan untuk bisnis maupun perusahaan ketika melakukannya? Adapun beberapa manfaat penting dari pengadaannya bisa Anda pahami sebagai berikut:

1. Membantu proses perhitungan dan pengukuran terhadap resiko

Manfaat pertama yang bisa Anda pahami ketika melakukan manajemen yang baik terhadap resiko adalah bisa membantu proses perhitungan dan pengukuran yang jelas terhadap resiko yang mungkin terjadi.

Beberapa hal yang termasuk di dalamnya bisa berupa risk exposure dan proses alokasi penetapan. Begitu juga dengan limit keuangan dan resiko yang mungkin terjadi ketika memutuskan untuk melakukan sesuatu.

2. Membantu antisipasi resiko yang terjadi

Manfaat kedua dengan adanya manajemen terhadap resiko yang baik adalah membantu antisipasi resiko yang mungkin terjadi dengan cara yang lebih baik. Perusahaan sudah siap dengan adanya cadangan yang perlu dikeluarkan baik dalam bentuk dana maupun penyelesaian masalah dari proses pertimbangan sebelumnya.

Sehingga menyebabkan kerugian keuangan maupun dampak yang diberikan pada perusahaan menjadi tidak terlalu besar terjadinya.

3. Memberikan profile resiko yang lebih jelas

Manfaat ketiga yang bisa didapatkan ketika melakukan manajemen yang baik adalah bisa memberikan gambaran yang jelas terhadap profil resiko dari setiap unsur-unsur yang ada dalam perusahaan. Beberapa yang termasuk di dalamnya adalah lingkungan bisnis, pasar dan juga produk.

Begitu juga dengan beberapa hal yang termasuk di dalamnya baik dalam segi pihak perusahaan maupun pengaruh yang datangnya dari luar.

4. Mampu meningkatkan image yang diberikan oleh publik

Manfaat keempat yang bisa didapatkan ketika melakukan manajemen resiko yang tepat adalah mampu meningkatkan image publik dengan tampilan yang lebih baik. Pihak yang termasuk di dalamnya berupa kreditor untuk pemasok maupun pelanggan. Sehingga resiko yang mungkin terjadi menjadi lebih sedikit untuk didapatkan.

Bisa juga untuk melindungi sebuah investasi maupun asuransi yang sudah melibatkan beberapa pihak di dalamnya. Dengan pertimbangan manajemen yang lebih baik tentu membuat perusahaan bisa mengambil keputusan dengan cepat terhadap solusi yang dibutuhkan oleh beberapa pihak yang termasuk.

5. Mencegah terjadinya gagal laba dan mengurangi kerugian

Manfaat terakhir dari proses manajemen yang baik ini tentunya untuk mencegah perusahaan gagal mendapatkan laba yang meningkat secara signifikan. Tentunya juga untuk mengurangi adanya kerugian yang mungkin terjadi tanpa bisa dipantau dengan baik. Perusahaan bisa menjamin bahwa semua kebutuhan operasionalnya seperti bagi hasil investor dan gaji karyawan tetap terbayarkan dengan baik.

Fungsinya memang sangat krusial sehingga perlu sekali dilakukan dan dipertimbangkan dengan sangat baik. Sehingga perekonomian dalam sebuah bisnis dan perusahaan lebih bisa dikendalikan dengan baik.

Anda perlu tahu, bahwa semakin besar sebuah perusahaan proses penerapan manajemen resiko yang dilakukan juga semakin mendetail. Alasannya adalah berkaitan dengan besarnya cakupan dampak atau resiko yang terjadi dalam proses pengelolaan uang dan kerja sama di dalamnya. Salah satunya adalah kerjasama dengan berbagai macam pihak seperti vendor, supplier, konsumen, hingga perusahaan yang membantu keberjalanan pengadaan perusahaan.

Berbicara mengenai hubungan pengadaan dengan manajemen atau pengelolaan resiko, maka jangan sampai Anda salah langkah. Percayakan pengadaan pada platform yang tepat dengan kami di Procurite.

Bersama Procurite, Sukseskan Manajemen Resiko Perusahaan Anda!

Mungkin Anda akan bertanya-tanya terkait hubungan antara pengelolaan resiko dengan Procurite. Nah, perlu diketahui, layanan kami memberikan kemudahaan bagi perusahaan Anda dalam melakukan pengadaan.

Baca Juga: Manajemen Persediaan Barang

Adanya kemudahan dalam proses pengadaan bersama kami, membuat perusahaan Anda tidak akan mendapatkan supplier barang/jasa yang salah. Dengan begitu, kinerja perusahaan bisa berjalan dengan lancar sebab adanya dukungan kebutuhan barang dan jasa yang tepat. Itu sebabnya, kerugian perusahaan bisa diminimalisir bahkan bisa dihilangkan ketika Anda

Supply barang atau jasa adalah bagian penting dalam upaya manajemen atau pengaturan resiko di perusahaan. Jadi, percayakan hal tersebut dengan ahlinya. Yakni bersama kami di Procurite.

Procurite bisa dijadikan sebagai solusi jitu guna melakukan pengadaan di perusahaan Anda. Procurite sendiri merupakan software pengadaan barang digital yang mempermudah Anda untuk melakukan pengadaan melalui satu aplikasi. Adanya bantuan fitur seperti on-cloud/cloud base, membuat pengadaan dengan Procurite bisa menjadi lebih fleksibel.

Perlu Anda ketahui, bahwa kami memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun terhadap budaya pengadaan barang maupun jasa yang ada di Indonesia. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi terkait profesionalitas pelayanan yang ada di Procurite.

Melihat adanya peran penting Procurite dalam manajemen resiko di perusahaan Anda khususnya dalam bidang pengadaan, maka jangan sampai salah langkah. Sukseskan aktivitas pengadaan yang Anda butuhkan hanya bersama kami. Yakni hanya bersama Procurite sebagai solusi pengadaan terbaik dan terpercaya di Indonesia.

logo procurite

Tebet Timur Dalam Raya No 43 Jakarta, Indonesia

procurite phone icon+(62-21) 8357385

procurite phone icon085811417123