Mengenal Strategi Marketing Lengkap dengan Tujuan dan 5 Tipsnya

mengenal-strategi-marketing-lengkap-dengan-tujuan-dan-5-tipsnya

Kebutuhan marketing sangat diperlukan di era persaingan bisnis yang semakin ketat seperti sekarang ini. Begitu juga dengan pemilihan strategi marketing agar mendapatkan hasil yang maksimal. Anda perlu tahu lebih dahulu tujuan dan juga beberapa tips penting untuk melakukannya.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan langkah yang tepat untuk menjalankan pemasaran atau hal-hal lain yang membutuhkan strategi tersebut. Umumnya, strategi ini juga dibutuhkan oleh beberapa perusahaan atau instansi yang memiliki hubungan erat dengan kebutuhan masyarakat.

Mengenal Apa Itu Strategi Marketing

Sebelum lanjut ke dalam pembahasan yang lebih mendalam, Anda perlu tahu terlebih dahulu sebenarnya apa yang dimaksud dengan strategi marketing. Kegiatan ini terdiri dari dua kata dengan artian yang berbeda. Strategi adalah sebuah susunan rencana atau hal-hal yang bisa dilakukan untuk bisa mencapai sesuatu.

Sementara marketing adalah kegiatan pemasaran untuk membuat sebuah jasa maupun produk dikenal dan laku keras di pasaran. Biasanya ditandai dengan meningkatnya brand awareness maupun hasil penjualan secara signifikan. 

Lalu, ketika digabungkan maka artinya menjadi semua rencana atau kegiatan yang berkaitan dengan promosi untuk membuat produk maupun jasa mendapatkan peningkatan penjualan menjadi lebih baik.

Strategi ini berkaitan dengan mencari sasaran pasar, pelanggan yang sesuai sampai dengan promosi yang bisa dipilih untuk pemasaran yang sesuai. Semuanya perlu direncanakan dengan sungguh-sungguh untuk menghindari kegagalan produk dikenal dengan luas. Strategi ini wajib dilakukan untuk semua skala bisnis maupun perusahaan. Hanya saja memang semakin besar sebuah perusahaan maka pengaturannya juga semakin sulit dan luas.

Tujuan Strategi Marketing

Setelah memahami sekilas tentang pengertiannya, Anda bisa lanjut untuk mengenal apa yang menjadi tujuan pengadaan dari strategi marketing terkait. Lalu, apa saja yang termasuk dalam tujuannya? Jangan lupa untuk mempelajarinya di bawah ini.

1. Membuat pengawasan kegiatan pemasaran menjadi maksimal

Tujuan pertama pengadaan dari strategi marketing ini adalah untuk membuat pengawasan kegiatan pemasaran menjadi lebih maksimal. Proses ini memang tidak hanya berhenti dalam sebuah rencana saja namun juga memantau langsung apa yang bisa diterapkan ketika sudah terjun di lapangan.

Sehingga jika ada hal yang kurang sesuai atau tidak sesuai harapan bisa langsung melakukan evaluasi. Mereka sifatnya lebih fleksibel untuk mengikuti keinginan pasar sehingga bisa berubah konsep dengan cara yang lebih cepat. Inilah pentingnya pengadaan pengawasan yang terjadi untuk pasar.

Biasanya pengawasan juga dilakukan untuk para pelaku marketing di lapangan. Untuk meningkatkan semangat mereka biasanya diberikan hadiah ketika berhasil mencapai target tertentu.

2. Membuat tujuan perusahaan menjadi lebih baik

Tujuan kedua dengan adanya strategi yang tepat maka pencapaian tujuan dan perumusannya menjadi lebih baik. Anda tentunya tahu sebuah perusahaan tidak akan bisa jalan atau berkembang jika tidak ada tujuan yang jelas di balik pengembangannya. Apalagi tahapan pemasaran memang menjadi suatu hal yang krusial untuk dihadapi.

Perusahaan lekat hubungannya dengan angka kuantitatif sehingga diperlukan pengawasan dan perhitungan pencapaian yang jelas dalam kurun waktu tertentu. Begitu juga hubungannya dengan tingkat pendapatan dan kerugian yang mungkin terjadi.

3. Membuat proses kolaborasi menjadi lebih baik

Tujuan berikutnya yang bisa didapatkan dengan adanya strategi marketing adalah membuat proses kolaborasi dari masing-masing tim menjadi lebih baik. Strategi yang tepat mampu memberikan pekerjaan yang sesuai dengan porsinya masing-masing sehingga setiap divisi bisa fokus untuk menjalani apa yang sudah menjadi tugasnya.

Meskipun memiliki tujuan yang berbeda dalam masing-masing divisi namun intinya mereka memiliki tujuan yang sama yakni membuat perusahaan terus maju dan mendapatkan income yang sesuai.

4. Membuat pengembangan bisnis menjadi lebih baik

Tujuan keempat dari pengadaan strategi marketing ini adalah membuat proses pengembangan bisnis menjadi lebih baik. Perusahaan yang bisa membuat atau mengatur sebuah strategi bisnis yang tepat tentu mampu merumuskan keuntungan yang mungkin didapatkan pada periode tertentu.

Hal ini erat hubungannya dengan apa saja yang perlu diubah, ditambah atau dikembangkan dari sebuah produk yang sudah meluncur di pasaran. Sehingga minat konsumen terhadap produknya akan terus berkembang dan mereka akan melakukan pembelian berulang.

Banyak promosi yang hanya membuat pembelinya penasaran namun akhirnya setelah mencoba mereka enggan untuk membelinya kembali. Kegiatan seperti inilah yang dihindari oleh para pebisnis, mereka ingin semua pelanggannya tetap nyaman dan selalu menggunakan produknya.

5 Tips Menjalankan Strategi Marketing yang Baik dan Benar

Untuk meraih sebuah tujuan yang jelas tentu saja ada beberapa tips strategi marketing yang perlu dilakukan. Adapun beberapa tips yang dimaksud bisa dilihat seperti di bawah ini.

1. Berikan tanggapan yang baik untuk kritik pelanggan

Perlu dipahami bahwa pelanggan adalah raja sehingga mereka harus didengarkan dengan baik terlebih ketika mereka memberikan kritikan terhadap produknya. Berikan tanggapan dan penyelesaian atau solusi terhadap masalah yang mereka sedang alami. Kritikan dari mereka merupakan bentuk rasa kepedulian.

Jadikan kritikan ini untuk bahan evaluasi dalam melakukan strategi marketing sehingga masalah yang serupa nantinya tidak akan terulang kembali.

2. Buat harga yang menarik

Tips kedua yang bisa dilakukan untuk meningkatkan strategi adalah dengan membuat harga yang menarik. Anda diharapkan untuk bisa membuat rentang harga yang lebih baik agar mudah dijangkau untuk semua kalangan. Bisa juga ditambah dengan pemberian potongan harga yang memanjakan mata.

3. Buat pengaturan kantor yang rapi

Tips ketiga yang bisa dilakukan adalah pastikan kondisi kantor selalu dalam keadaan yang rapi untuk membuat pelanggan semakin percaya dengan apa yang Anda kerjakan untuk mereka.

4. Investasi dengan tim

Apa yang dimaksud dengan investasi dengan tim? Anda harus memperhatikan kesejahteraan para tim yang termasuk dalam strategi marketing ini. Berikan mereka alat yang bisa menunjang proses kinerja menjadi lebih baik.

Pahami terlebih dahulu apa saja yang diperlukan untuk strategi marketing serta apa saja yang harus dilakukan. Sehingga nanti dalam proses penerapannya tentu menjadi lebih maksimal dengan tujuan yang tercapai dengan baik.

5. Buat marketing plan

Tips kelima yang bisa dilakukan untuk melakukan strategi yang tepat adalah Anda wajib untuk membuat marketing plan. Marketing plan ini berisikan tindakan apa saja yang perlu dilakukan untuk bisa meningkatkan penjualan dari masing-masing tim yang termasuk di dalamnya.

Kemudian jelaskan dengan baik tugas yang perlu dilakukan masing-masing divisi untuk mendukung tercapainya tujuan perusahaan menjadi lebih baik. Beberapa penulisannya juga berkaitan dengan inovasi produk dan apa saja yang perlu dikembangkan dalam sebuah produk yang sudah rilis.

Tidak hanya itu. Anda juga harus mempertimbangkan terkait bagaimana perolehan produk yang tepat lengkap dengan fasilitas pendukung untuk memaksimalkan produksi. Dengan begitu, bisa menerima banyak permintaan pelanggan sesuai dengan target perusahaan.

Oleh sebab itu, guna mendukung langkah ini, lakukan pengadaan bersama platform yang tepat dengan kami. Yakni hanya dengan Procurite.

Bersama Procurite, Lengkapi Kebutuhan Barang dan Jasa Perusahaan Anda!

Bagi Anda yang membutuhkan supply barang atau jasa terbaik guna mendukung proses marketing, maka solusinya ada pada tim kami. Yakni hanya di procurite. Mengingat supply barang adalah bagian penting dalam business plan pada strategi pemasaran, maka percayakan hal tersebut dengan ahlinya.

Procurite bisa dijadikan sebagai solusi jitu guna melakukan pengadaan. Procurite sendiri merupakan software e procurement Indonesia yang mempermudah Anda untuk melakukan pengadaan hanya dalam satu aplikasi. Dengan bantuan fitur seperti on-cloud/cloud base, membuat pengoperasian pengadaan dengan Procurite tidak akan merepotkan.

Memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun terhadap budaya pengadaan di Indonesia, baik secara kebiasaan dan regulasi yang ada, membuat kami bisa melayani kebutuhan pengadaan Anda dengan profesional.

Oleh sebab itu, mengingat terdapat hubungan yang erat antara strategi marketing dengan proses pengadaan, maka sukseskan dengan melakukan pengadaan bersama kami. Yakni hanya bersama Procurite sebagai solusi pengadaan terbaik dan mudah.

logo procurite

Tebet Timur Dalam Raya No 43 Jakarta, Indonesia

procurite phone icon+(62-21) 8357385

procurite phone icon085811417123