Net Profit Adalah

net-profit-adalah

Dalam suatu perusahaan atau sebuah usaha yang dijalankan perorangan maupun kelompok, umumnya tidak akan terlepas dengan istilah net profit. Net profit adalah laba bersih yang menunjukkan tingkat keuntungan sebuah perusahaan maupun perdagangan.

Nah, guna mendapatkan net profit yang optimal, maka perusahaan harus memperhatikan setiap aktivitas atau kegiatan yang terjadi di dalamnya supaya tidak menimbulkan kerugian. Sementara, penjelasan lebih lanjut terkait net profit adalah sebagai berikut.

Net Profit Adalah? Ini Pengertiannya

Net profit merupakan laba bersih yang menjadi salah satu tujuan penting perusahaan. Nah, laba bersih ini merupakan kelebihan pendapatan atau keuntungan yang didapatkan dari aktivitas maupun kegiatan perusahaan dalam satu periode kerja.

Namun, keuntungan yang didapatkan tersebut sudah dikurangi dengan beban pajak penghasilan. Berbeda dengan laba kotor yang menjadi keuntungan akibat aktivitas usaha atau perdagangan sebelum dikurangi pajak penghasilan atau pengeluaran lainnya.

Selain itu, di dalam laba bersih ini juga sering muncul istilah net profit margin. Tidak perlu bingung. Istilah yang sering disingkat sebagai NPM ini memiliki definisi serupa dengan net profit itu sendiri.

NPM bisa Anda hitung dengan cara membandingkan laba bersih dengan pendapatan maupun penjualan yang Anda lakukan. Itu sebabnya melalui NPM bisa dilihat terkait seberapa besar keuntungan yang sebenarnya dari sebuah perusahaan. Sedangkan untuk penyajiannya sendiri, NPM umumnya disajikan dalam bentuk prosentase.

Mengingat net profit adalah bagian penting dalam perusahaan, maka penyusunan NPM ini pun harus dengan cermat yang bisa ditunjukkan dalam sebuah rumus. Yakni melalui laba bersih dibagi dengan pendapatan dan dikali 100. Sementara, laba bersih sendiri diperoleh dari perhitungan laba kotor dikurangi beban usaha. Beban usaha di sini seperti pajak, pengeluaran, pembengkakan, dan lain sebagainya.

Lantas, dimana bisa mendapatkan perhitungan laba kotor? Anda bisa memperolehnya dari hasil perhitungan penjualan bersih dikurangi dengan harga pokok penjualan atau HPP.

Peran Net Profit Adalah Sebagai Rasio Profitabilitas

Rasio profitabilitas sendiri merupakan perbandingan yang bisa menunjukkan kemampuan perusahaan guna memperoleh profit atau laba dari pendapatan. Hal ini erat kaitannya dengan penjualan aset, dan ekuitas melalui pengukuran atau perhitungan tertentu. Nah, salah satu jenis dari rasio profitabilitas sendiri adalah net profit.

Sebagaimana yang disinggung sebelumnya, perhitungan laba net profit dilakukan selama satu periode kerja di dalam perusahaan atau dalam kurun waktu tertentu. Bisa bulanan, kuartal, bisa juga dalam kurun waktu tahunan.

Mengingat net profit adalah bagian yang sangat penting di dalam perusahaan, maka perhitungannya juga wajib untuk Anda lakukan. Hal tersebut guna mengetahui sejauh mana perusahaan Anda berkembang.

Selain itu, peran net profit di sini juga bisa dijadikan sebagai tolok ukur kesuksesan perusahaan secara keseluruhan sehingga ketahuan bagian mana yang perlu dipertahankan dan mana yang perlu diperbaiki.

Dengan adanya perhitungan net profit yang tinggi, bisa menunjukkan penetapan lengkap dengan pengendalian biaya usaha. Bahkan, net profit juga memiliki peran sebagai pembanding hasil usaha antara perusahaan satu dengan lainnya yang serupa dalam hal profitabilitas.

Selain Net Profit, Ini Jenis Profitabilitas Lainnya

Setelah mengetahui pengertian dari net profit, selanjutnya Anda akan mengetahui jenis-jenis dari rasio profitabilitas. Perlu Anda ketahui, net profit merupakan bagian dari rasio profitabilitas yang tidak bisa dilepaskan. Namun, di samping net profit, terdapat istilah lain di dalam rasio profitabilitas sebagai berikut.

1. Margin Laba Kotor

Anda tentunya juga sudah tahu bahwa di samping laba bersih, terdapat laba kotor yang juga tidak bisa dilepaskan dalam profitabilitas.

Margin laba kotor sendiri merupakan bagian dari profitabilitas guna menilai persentase dari laba kotor itu sendiri. Anda juga perlu tahu bahwa margin kotor ini juga sering disebut sebagai gross margin ratio.

2. Rasio Pengembalian Aset

Rasio profitabilitas berikutnya selain margin laba kotor dan net profit adalah rasio pengembalian aset.

Rasio satu ini digunakan untuk menilai persentase laba yang didapatkan oleh perusahaan tentang sumber daya total. Bisa juga terkait total aset yang menciptakan efisiensi perusahaan dalam melakukan pengelolaan.

Nah, rumus dari rasio ini adalah laba bersih dibagi total aset.

3. Rasio Pengembalian Ekuitas

Berikutnya terdapat rasio pengembalian ekuitas sebagai rasio profitabilitas yang berguna untuk menilai kemampuan perusahaan dalam hall aba dari investasi pemegang saham. Nah, rasio ini juga disajikan dalam bentuk prosentase.

Biasanya, rasio ini dapat menunjukkan seberapa besar sebuah perusahaan mampu mengelola modalnya. Itu sebabnya, berkaitan erat dengan pemegang saham atau pemilik modal dari perusahaan yang bersangkutan.

Sementara, rumusnya dihasilkan dari laba bersih setelah pajak dibagi ekuitas pemegang sahamnya.

4. Rasio Pengembalian Penjualan

Jenis rasio profitabilitas disamping beberapa hal di atas dan net profit adalah rasio pengembalian penjualan. Rasio kali ini dapat memperlihatkan keuntungan perusahaan usai melakukan pembayaran variable-variabel gina kepentingan produksi.

Perhitungannya dilakukan dengan laba sebelum pajak dan bunga dibagi penjualan dan dikali seratus persen.

5. Pengembalian Modal

Pengembalian modal hadir sebagai jenis rasio profitabilitas yang mengukur keuntungan perusahaan dari segi modal dalam bentuk prosentase. Anda bisa menghitung dengan menggunakan rumus laba sebelum pajak dan bunga dibagi dengan modal kerja.

6. Return on Investment

Dalam return of investment, memuat laba bersih yang sudah dikurangi pajak terhadap total keseluruhan aktiva. RoI ini berguna untuk menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan secara keseluruhan. Anda bisa menghitungnya dengan cara laba atas investasi dikurangi investasi awal dibagi dengan investasi. Nah, hasil perhitungan tersebut tinggal dikalikan dengan serratus persen.

7. Earning per Share

Rasio profitabilitas berikutnya selain net profit adalah earning per share. Dengan memperhitungkan rasio satu ini, Anda bisa mengetahui tingkat kemampuan saham per lembarnya dalam memberikan laba kepada perusahaan Anda.

Sementara, perhitungannya dilakukan menggunakan rumus laba bersih setelah pajak dikurangi dividen saham preferen dan dibagi dengan jumlah saham biasa yang sedang beredar.

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Laba Rugi untuk Perusahaan

Jangan lupa, untuk memaksimalkan setiap keuntungan yang ada, Anda harus memperhatikan dengan detail aktivitas atau kegiatan perusahaan. Mulai dari produksi, SDM, distribusi, pengadaan, dan lain sebagainya.

Nah, berbicara mengenai pengadaan, Anda bisa mempercayakannya kepada kami di Procurite. Dengan pengadaan yang sukses, maka perusahaan Anda tidak akan mengalami kerugian dan proses produksi bisa berjalan dengan lancar.

Bersama Procurite, Dapatkan Net Profit Terbaik di Perusahaan!

Tidak dapat dipungkiri bahwa pengadaan memiliki andil dalam penyusunan margin net profit perusahaan. Oleh sebab itu, guna mendapatkan prosentase margin net profit yang maksimal, sukseskan pengadaan bersama Procurite.

Kenapa harus layanan kami di Procurite, sebab layanan kami bisa dijadikan sebagai solusi jitu guna melakukan pengadaan yang mudah dan terbaik. Procurate sendiri merupakan e procurement managemeny system  yang mempermudah Anda untuk melakukan pengadaan dengan inovasi canggih menggunakan satu aplikasi. Buktinya, dalam layanan kami terdapat fitur on cloud atau cloud base yang dapat membantu pengadaan bisa menjadi semakin mudah.

Berbekal pengalaman lebih dari 15 tahun dan tim yang profesional serta ahli di bidang teknologi pengadaan di Indonesia, membuat kami bisa melayani kebutuhan pengadaan Anda dengan lancar.

Gunakan Layanan Kami Sekarang!

Nah, mengingat net profit adalah bagian penting yang ternyata memiliki keterkaitan dengan pengadaan perusahaan, tunggu apa lagi, sukseskan kegiatan tersebut bersama kami. Yakni hanya bersama Procurite sebagai solusi pengadaan terbaik dan terpercaya di Indonesia.

logo procurite

Tebet Timur Dalam Raya No 43 Jakarta, Indonesia

procurite phone icon+(62-21) 8357385

procurite phone icon085811417123