Penjualan Bersih Adalah

penjualan-bersih-adalah

Pembuatan laporan keuangan tidak pernah lepas dari yang namanya penjualan bersih. Hal ini wajar mengingat penjualan bersih adalah angka atau bagian yang sangat penting. Angka tersebut akan memberikan pengetahuan mengenai besarnya pendapatan yang dihasilkan perusahaan atas sebuah produk dan layanan.

Memahami penjualan bersih dan cara menghitungnya  juga akan membantu Anda yang berprofesi sebagai finance lebih mudah dalam menyiapkan dan mengevaluasi sebuah laporan keuangan. Melalui Artikel ini Anda akan segera tahu pengertian dan cara menghitung penjualan bersih. 

Pengertian Penjualan Bersih adalah Sebagai Berikut

Net sales atau penjualan bersih adalah penghasilan angka dari sebuah perusahaan setelah melakukan pemotongan terkait sudah diambil atau disisihkan. Angka inilah yang nantinya akan dievaluasi oleh para analis keuangan ketika proses penilaian laporan laba rugi bisnis dilakukan.

Apabila laporan keuangan mempunyai garis yang hanya ada label penjualan biasanya laporan tersebut merujuk pada net sales. Adapun laporan itu sendiri adalah representasi keuangan yang lebih akurat dan tepat.
Baca Juga: Menghitung Laba Bersih

Penjualan bersih adalah angka yang mampu mewakili kesehatan keuangan dari suatu perusahaan dibandingkan penjualan kotor. Inilah kenapa net sales sangat penting dalam pembuatan laporan dan kemajuan sebuah perusahaan.

Net sales atau penjualan bersih sendiri meliputi semua pendapatan yang berhubungan dengan penjualan kotor. Adapun penjualan kotor merupakan hasil dari penjualan yang dilakukan oleh suatu perusahaan. 

Penjualan bersih umumnya dihitung secara triwulan dan tahunan. Net sales atau penjualan bersih dipengaruhi oleh tiga jenis potongan atau pengurangan yaitu:

1. Tunjangan Penjualan

Tunjangan penjualan merupakan potongan harga yang diberikan khusus pada seorang pelanggan apabila produk mempunyai cacat atau kekurangan. Potongan ini biasanya diberikan setelah pembeli melakukan pembelian pada produk tersebut. 

Jadi pembeli tetap bisa menyimpan produk tersebut namun mendapatkan pengembalian dana. Dana tersebut diberikan sebagai bentuk kompensasi dari kesalahan tersebut.

2. Diskon Penjualan

Diskon penjualan adalah potongan harga yang diberikan pada pembeli yang melakukan pembayaran secara penuh dalam jangka waktu tertentu. Sebagai contoh, pembeli akan mendapatkan diskon sebesar 2% bila mereka membayar pesanan secara penuh dalam waktu 5 hari atau batas waktu tertentu sesuai kesepakatan. 

3. Pengembalian Penjualan

Pengembalian penjualan terjadi bila pembeli mengembalikan barang yang sudah dibeli. Selanjutnya pengembalian dana harus dilakukan dengan cara menghitung berdasarkan pengurangan ini. Pengembalian dana yang diberikan biasanya sesuai harga barangnya, jadi dana penuh. 

Penjualan bersih adalah hal yang sangat penting bagi perusahaan maupun analis yang menilai tren bisnis. Untuk itulah penyajian datanya harus dilakukan dengan cara khusus dan hati-hati. 

Cara yang paling sederhana adalah dengan memperhatikan net sales pada laporan laba rugi sebagai nomor penjualan yang utama. Potongan dan penjualan kotor harus Anda sederhanakan jadi satu item baris. 

Selain itu anda juga bisa menyajikan data net sales dengan cara yang lebih terperinci. Untuk melakukan cara ini Anda harus memperhatikan beberapa poin seperti

  • Perhatikanlah penjualan kotor yang ada di bagian atas pernyataan
  • Anda harus membuat daftar pengurangan dengan cara terperinci di bagian bawah penjualan kotor
  • Anda harus memperhatikan bagian net sales yang letaknya ada di bawah pernyataan.

Pendekatan dengan cara tersebut dapat memberikan gambaran keuangan dari sebuah perusahaan yang lebih luas dan jelas. Dengan memasukan pengurangan secara rinci maka seorang analis akan lebih mudah dalam menilai kondisi bisnis dari suatu perusahaan. 

Cara Menghitung Penjualan Bersih Adalah Seperti Berikut

Mengetahui cara menghitung penjualan bersih adalah hal yang sangat penting saat Anda ingin menyusun laporan keuangan. Supaya lebih mudah Anda bisa mengikuti langkah-langkah menghitung penjualan bersih yang ada di bawah ini:

1. Menghitung Penjualan Kotor Untuk Perusahaan

Langkah pertama dalam menghitung penjualan bersih adalah mulai dengan penjualan kotor bisnis tersebut. Penjualan kotor merupakan seluruh penjualan yang terjadi selama periode Anda bekerja. 

Disini Anda tidak perlu menentukan apakah itu nanti dibuat menggunakan kartu kredit, uang tunai atau cara yang lainnya. Anda hanya perlu menyertakan jumlahnya saja.

2. Mengurangi Diskon Penjualan

Diskon penjualan merupakan hadiah apa saya yang biasanya diberikan kepada pelanggan karena membayar tagihan dengan tepat waktu. Hadiah seperti ini memang bisa membantu memastikan jika Anda mempunyai arus kas yang stabil dan mudah diprediksi.

Namun disisi lain hadiah seperti ini juga bisa memberikan dampak yang negatif pada penjualan bersih Anda. Untuk itulah Anda harus tetap hati-hati dan bijak dalam memberikan hadiah berupa diskon ini.

3. Mengurangi Tunjangan  Penjualan dan Retur

Saat pelanggan melakukan pengembalian sebuah produk biasanya mereka akan menerima jumlah yang penuh dari penjualan kembali. Adapun tunjangan tersebut merupakan potongan atau diskon besar-besaran yang ditawarkan untuk produk cacat.

4. Menghitung Penjualan Bersih

Penjualan bersih adalah jumlah dari semua penjualan kotor yang kemudian dikurangi dengan semua total pengurangan seperti diskon dan lain sebagainya. Sebagai contoh, Anda mempunyai penjualan kotor sebesar 100 ribu rupiah lalu dikurangi 2 ribu rupiah dalam diskon penjualan, dikurangi seribu rupiah dalam potongan penjualan dan seribu rupiah lagi dalam retur penjualan maka penjualan bersih Anda adalah 96 ribu rupiah.

Menghitung penjualan bersih adalah cara yang paling tepat untuk mengetahui banyaknya keuntungan bisnis Anda secara keseluruhan. Dengan data ini Anda bisa lebih mudah dalam membuat sebuah keputusan terbaik untuk bisnis. 

Dalam melakukan bisnis apapun, data penjualan adalah hal yang sangat vital dalam laporan keuangan. Adapun data penjualan yang baik diperoleh berdasarkan transaksi yang sebenarnya. Untuk itulah data penjualan ini harus dicatat dengan benar.

Sudah paha bukan penjualan bersih adalah itu apa?  Dan Anda pun sedikitnya sudah tahu juga cara menghitung penjualan bersih bisnis. Tapi sekarang Anda bisa lebih mudah dalam perhitungan dan penjualannya yakni dengan memanfaatkan teknologi terkini dari Procurite.

Manfaatkan Aplikasi Dari Procurite Untuk Perhitungan Penjualan Bersih Bisnis

Tujuannya supaya tidak ada bias di laporan keuangan yang nantinya akan berpengaruh pada proses pengambilan keputusan bisnis yang terbaik. Untuk mendapatkan hal ini Anda bisa memanfaatkan Procurite.

Dengan aplikasi Procurite Anda bisa lebih mudah dalam melacak, mengendalikan dan melakukan analisis semua pengeluaran dari bisnis Anda. Selain itu Anda juga bisa lebih mudah dalam memenuhi pengadaan barang dan memantau status perusahaan dengan mudah kapan saja dan dimana saja dengan jasa Kami.

Procurite atau Procurite Bisnis Indonesia sendiri merupakan salah satu anak perusahaan PT Mitra Mandiri Informatika. Perusahaan ini bergerak dalam bidang teknologi informasi, terutama di bidang pengembangan aplikasi e-procurement

Informasi selengkapnya bisa Anda dapatkan melalui website resmi kami yaitu Procurite.com atau bisa juga menghubungi no contact kami (021) 835-7385. Anda juga bisa datang langsung ke kantor kami di Tebet Timur Dalam raya No. 43 Jakarta Indonesia. 

Selain itu Anda juga bisa mengunjungi instagram kami di @procurite.mmi. Tunggu apalagi segera hubungi Kami dan dapatkan berbagai kebutuhan dan kemudahan dalam menangani bisnis atau perusahaan Anda. 

Yuk, gunakan aplikasi dari Procurite untuk penjumlahan bersih penjualan di bisnis Anda.

logo procurite

Tebet Timur Dalam Raya No 43 Jakarta, Indonesia

procurite phone icon+(62-21) 8357385

procurite phone icon085811417123