Tips Sukses Cara Jualan Online Bagi Pemula

tips-sukses-cara-jualan-online-bagi-pemula

Saat ini adalah eranya jualan online, berbagai kebutuhan bisa Anda butuhkan di internet dan Anda juga bisa berjualan apa saja di internet. Namun, memang tidak semua orang sukses dengan cara jualan online ini.

Tidak sedikit online shop yang harus tutup di tengah jalan, dan mungkin keadaan inilah yang bisa membuat Anda mengurungkan niat berbisnis online. Akan tetapi, kami percaya bahwa kesuksesan adalah hak semua orang.

Maka dari itu, berikut kami berikan beberapa tips sukses untuk Anda berjualan online.

Tips Sukses Cara Jualan Online Bagi Para Pemula

Sebelum Anda terjun ke dunia bisnis online, ada baiknya agar mempelajari beberapa tips yang akan kami jelaskan berikut ini. 

1. Persiapkanlah mental sebelum Anda memulai bisnis

Tips pertama yang perlu Anda persiapkan yakni memiliki mental yang kuat. Seperti yang diketahui, persaingan bisnis online sangatlah banyak, juga kemungkinan untuk gulung tikar pun bisa terjadi saat kalah bersaing.

Jika Anda sebelumnya belum pernah berjualan online, ini tentu menjadi tantangan yang perlu dihadapi. Saat awal berbisnis, Anda akan sering menjumpai keadaan saat produk belum dilirik oleh konsumen, hingga di bulan-bulan pertama Anda mungkin tidak mendapat pemasukan yang diharapkan.

Hal ini memang wajar terjadi pada semua orang yang merintis bisnis baik itu online maupun offline. Dengan demikian, mental yang kuat perlu dimiliki oleh setiap pebisnis, agar ketika bertemu dengan keadaan tersebut, Anda tidak akan patah semangat.

2. Tentukanlah produk apa yang ingin Anda jual

Dalam menentukan produk yang ingin dijual, Anda bisa memulainya dari apa yang dikuasai atau digemari. Anda juga bisa melihat kebutuhan masyarakat sekarang ini.

Bahkan, tidak sedikit juga orang-orang yang mulai berjualan online dengan merujuk pada segala sesuatu yang sedang populer atau viral. Jika memang Anda sedikit kesulitan dalam menentukannya, amatilah produk yang sebelumnya sudah dijual oleh orang lain. Sesudah itu, Anda bisa melakukan modifikasi serta inovasi agar produk-produk tersebut memiliki keunikan serta kelebihannya tersendiri.

3. Tetapkan harga yang wajar

Tips cara jualan online Selanjutnya, yakni mengenai harga suatu produk. Penting sekali bagi Anda menetapkan harga yang wajar untuk memastikan bahwa barang Anda bisa terjual tepat waktu.

Adapun strategi yang paling mudah dalam menentukan harga yakni melihat pesaing. Jika memang ingin cepat terjual, Anda dapat memakai strategi potongan harga atau diskon dengan tetap mempertimbangkan keuntungan.

Disamping itu, Anda juga tidak perlu ragu dalam menetapkan harga yang sedikit lebih tinggi, jika memang menurut Anda item yang dijual mempunyai kualitas bagus dari produk-produk yang serupa.

4. Ambil gambar produk dengan kualitas tinggi

Selanjutnya, bagi Anda pemula yang akan berjualan online, perhatikan juga mengenai foto produknya. Anda harus menyediakan foto berkualitas tinggi untuk menarik calon pembeli serta membiarkan mereka 

Jika memang memungkinkan, aturlah foto produk dengan latar depan, samping, belakang serta usahakan untuk meminimalisir gangguan, sehingga fokusnya ada pada produk itu sendiri. Ambil foto dari beberapa sudut untuk memberi gambaran yang lengkap bagi calon pembeli.

5. Deskripsikan produk Anda secara rinci

Menjual apapun secara online, baik itu di media sosial, marketplace, atau situs apapun, Anda perlu memperhatikan deskripsi yang lengkap. Cara berjualan online untuk para pemula, yakni dengan menawarkan sebanyak mungkin mengenai detail produk, sehingga dapat menjawab seluruh pertanyaan dari calon pembeli.

Pastikanlah untuk menyertakan detail lengkap, seperti halnya merek, nomor model hingga pabrikan. Cantumkan juga informasi yang akurat dan detail yang relevan mengenai kondisi barang Anda, termasuk cacat (jika itu memang ada).

Jujur itu sangatlah penting ketika menjelaskan barang tersebut, terutama dari segi ukuran, kondisi serta tempat asal.

6. Promosikan produk jualan Anda sesering mungkin

Jika bisnis Anda terbilang baru, jangan malu untuk konsisten melakukan promosi serta mengiklankannya di media sosial. Agar nantinya produk Anda semakin terkenal.

Buatlah konten dengan rajin untuk memperkenalkan produk jualan Anda. Meskipun Anda ternyata tidak sempat mengiklankan sendiri produk tersebut, ada pilihan lain yang bisa dilakukan, yakni membayar ke marketplace untuk menjadi official store premium member. 

7. Tanggapi pertanyaan customer dengan cepat

cara jualan online yang baik selanjutnya yakni Anda harus siap siaga ketika menjawab pertanyaan para calon pembeli. Untuk transaksi di media sosial maupun marketplace memang cenderung bergerak cepat.

Jadi sangat penting untuk Anda memantau pesan atau chat yang masuk setiap saat. Jika nantinya Anda tidak menanggapi pertanyaan calon pembeli dalam waktu 24 jam, mereka mungkin sudah membeli barang serupa di toko lain.

8. Lakukan evaluasi dan kaji ulang strategi jualan Anda

Dalam dunia bisnis, terutama ketika jualan online, Anda harus sering melakukan evaluasi mengenai performa toko Anda, baik dari segi promosi atau produk yang dijual. Ini dilakukan agar Anda dapat meningkatkan kualitas toko lebih baik lagi.

Evaluasi ini juga dilakukan untuk mengantisipasi adanya berbagai hal tidak berguna yang perlu Anda atasi. Jadi, lakukanlah evaluasi secara rutin, baik itu secara mingguan hingga bulanan.

Strategi Cara Jualan Online Agar Produk Anda Unggul di E-Commerce

Sebelumnya, Anda sudah memahami bagaimana tips cara jualan online bagi para pemula. Nah, selanjutnya, Anda juga perlu mengetahui strategi jitu dalam agar produk-produk Anda semakin laris.

Berikut ulasan lengkapnya!

1. Buatlah nama toko yang menarik serta mudah diingat

Jika Anda ingin mengungguli toko online lainnya, strategi yang perlu dilakukan yakni pilihlah nama yang toko yang berbeda dengan para kompetitor. Nama juga bisa menjadi media branding dalam menampilkan kualitas terbaik dari toko Anda.

2. Gunakan logo sebagai identitas toko Anda

Penggunaan logo bisa membuat toko Anda lebih mudah dikenali oleh konsumen, terlebih bagi para konsumen yang setia. Pastikan juga logi yang Anda gunakan unik, agar tidak diduplikasi orang lain.

3. Berikan apresiasi kepada loyal customer

Memberi apresiasi kepada loyal customer merupakan salah satu strategi dalam menjaga hubungan yang baik dengan mereka. Anda dapat membuat serangkaian promo yang menarik untuk para pelanggan setia Anda. cara jualan online yang satu ini bisa menjadi strategi terbaik yang bisa dilakukan.

Bukan hanya itu, jumlah pembeli dari toko Anda pun bisa meningkat dari sebelumnya, dengan demikian toko online Anda akan berkembang dari waktu ke waktu.

Beberapa strategi diatas bisa Anda aplikasikan untuk kemajuan usaha online Anda, apalagi jika Anda masih seorang pemula. Sebagai tambahan, untuk lebih memudahkan dalam mengelola bisnis, seperti halnya dalam hal pengadaan barang secara praktis, Anda bisa menggunakan aplikasi atau software Procurite.

Aplikasi yang berbasis on cloud/cloud base ini bisa memenuhi segala kebutuhan pengadaan di toko Anda dengan mudah, Anda pun bisa mendapatkan penawaran harga terbaik. Dengan aplikasi ini, Anda pun bukan hanya untung dalam pengadaan barang, namun pengelolaan keuangan Anda juga akan terstruktur dengan baik.

Baca Juga: Supplier Toko Online Terpercaya

Dengan kemudahan ini, tips serta strategi cara jualan online pun akan terealisasi semakin baik. Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda bisa melihat portofolio kami di website kami ini, Procurite!

Aplikasi Procurite sudah tersistem dengan cloud yang bisa memudahkan penggunanya dalam mengelola bisnis.

logo procurite

Tebet Timur Dalam Raya No 43 Jakarta, Indonesia

procurite phone icon+(62-21) 8357385

procurite phone icon085811417123