Tujuan E-Procurement

tujuan-e-procurement

Hadirnya teknologi AI atau Artificial Intellegency membuat kebutuhan industri kini menjadi automasi. Tidak perlu lagi pengurusan administrasi yang berbelit-belit saat proses pengadaan. Faktor inilah yang menjadi salah satu tujuan e-Procurement.

Perkembangan teknologi menuntut adanya percepatan dari proses pengadaan barang dan jasa. Dengan adanya kemudahan pengadaan, pihak industri, pemerintah, dan instansi dapat meningkatkan produktivitas pengerjaan proyek.

Sebelum memahami lebih lanjut manfaat dari e-Procurement, Anda harus memahami terlebih dahulu tujuan e-Precurement. Tidak hanya berfokus pada kemudahan pelayanan juga memberikan potensi-potensi besar lainnya.

Tujuan E-Procurement

Secara singkat tujuan e-Procurement adalah untuk membuat proses pengadaan barang dan jasa menjadi efisien, efektif, dan produktif. Untuk lebih detail lagi simak paparan berikut ini :

Menjamin Proses Yang Transparan

Perlunya jaminan akan transparansi dalam pengadaan barang  dan jasa. Hal ini menjadi salah satu faktor e-Procurement dipilih para pengguna. Baik itu dari instansi pemerintah hingga masyarakat.

Secara transparansi sistem ini diimplementasikan ke seluruh proses pengadaan. Mulai dari perencanaan kebutuhan, penilaian terhadap vendor atau supplier hingga tahap pembayaran.

Proses yang transparan ini membuat Anda lebih mudah untuk berinvestasi dalam proses pengadaan barang dan jasa.  

Meningkatkan Akuntabilitas

Perkembangan industri di era globalisasi ini membuat masyarakat menuntut akuntabilitas dari semua lini sektoral. Sesuai dengan tujuan e-Procurement sebelumnya. Proses transparansi berpengaruh pada akuntabilitas pemegang stakeholders

Seringkali dalam proses pengadaan secara konvensional, dilakukan dengan cara yang tidak sesuai ketentuan. Seperti misalnya masalah gratifikasi dalam proses pengadaan. 

Sistem pembayarannya yang bisa dilakukan secara tunai maupun kredit dan terhubung secara real-time. Dengan begini laporan keuangan perusahaan secara otomatis laporan keuangan akan diperbaharui saat itu juga. 

Hal ini menjadikan laporan keuangan Anda lebih kredibel dan dapat dipercaya sehingga akuntabilitas bisa terwujud. Tujuan e-Procurement membuat sistem menjadi akuntabel pun tercapai.

Mempermudah Akses Pasar

Sistem e-Procurement memberikan kesempatan pada supplier untuk berpartisipasi pada pengadaan publik. Masyarakat dapat dengan mudah terintegrasi dengan beberapa tender di wilayahnya. 

Jangkauan pasar semakin luas dan produk pun semakin beragam. Masyarakat jadi tidak perlu mengakses pasar secara manual.

Dengan aplikasi Procurite, Anda bisa mengakses tender yang sesuai Anda inginkan. Semua proses pengadaan barang dan jasa menjadi mudah dan efisien hanya dengan menggunakan aplikasi Procurite.

Menciptakan Persaingan Yang Sehat

Persaingan dalam bisnis dalam internal maupun eksternal adalah hal yang tidak bisa dipungkiri. Namun, dalam dunia bisnis penting untuk menciptakan lingkungan yang sehat dalam berkompetisi.

Dalam e-Procurement, supplier dipilih oleh pembeli melalui proses yang adil dan seleksi yang ketat. Di mana proses penyeleksian ini dilihat dari segi kualitas hingga pelayanan. 

Hal ini akan berbeda hasilnya jika proses pemilihan supplier hanya berdasarkan faktor pertemanan. Sehingga tidak memberikan kesempatan bagi supplier lainnya yang jauh lebih bagus kualitasnya.

Sistem ini mampu menciptakan iklim yang kondusif di tengah perubahan global. Sehingga tercipta persaingan yang dapat mendorong perkembangan ekonomi. 

Baca Juga: Procurement Automation

Selain itu, persaingan yang sehat dapat membantu meningkatkan hubungan antar supplier dengan pembeli. 

Efisiensi Dalam Penulisan Laporan

Tujuan e-Procurement berikutnya adalah penyederhanaan berkas. Semua riwayat pengadaan barang dan jasa dilakukan oleh sistem. 

Data keseluruhan proses disimpan oleh database dengan tingkat keamanan lebih baik dari proses konvensional. Di mana pengerjaannya dua kali kerja atau lebih yang tidak efektif.

Potensi adanya kelalaian manusia juga diminimalisir sedemikian rupa dengan sistem e-Procurement. Anda juga bebas dari pengiriman ulang berkas-berkas administrasi. Sistem e-Procurement membuat Anda fokus pada proyek-proyek yang lebih strategis.

Aplikasi Procurite mampu mengelola proses pengadaan yang dulunya dilakukan secara manual. Tidak hanya melayani permintaan, tapi juga membuat RFQ, hingga mengatur proses akhir pengadaan barang. Hanya dengan Precurite, segalanya menjadi lebih mudah.

Mempermudah Proses Pembelian

Pemesanan barang dilakukan secara otomatis melalui sistem e-Procurement sesuai dengan permintaan pembeli. Apalagi jika anda memilih proses pembelian secara berkala. 

Anda juga bisa mengurangi kemungkinan kehabisan barang dan jasa yang terjadi sewaktu-waktu. 

Dibandingkan proses pemeriksaan persediaan dan penyusunan pembelian yang biasanya dilakukan secara manual. Sistem e-Procurement membuat Anda jadi bisa lebih menghemat waktu.

Mempermudah Proses Monitoring dan Audit

Akses yang real time mempermudah penelusuran dari proses pengadaan barang dan jasa. Barang atau jasa yang Anda beli dapat dilacak secara real time sehingga informasinya dapat diketahui saat itu juga. 

Mulai dari tahapan-tahapan pengadaan, secara prosedural, dan administrasinya terekam dengan baik. 

Bagi supplier juga akan lebih mudah mengecek proposal yang diajukan. Apakah sudah dalam tahap proses atau sebaliknya ditolak. 

Hal ini memudahkan perusahaan mengontrol barang dan jasa yang dipesan.

Manfaat Dari E-Procurement

Setelah mengetahui tujuan e-Procurement, selanjutnya anda perlu mengetahui manfaatnya. Manfaat yang didapat tergantung oleh para stakeholders yang berperan dalam proses pengadaan barang dan jasa.

Pemerintah atau ULP

Manfaat pertama e-Procurement bagi pemerintah adalah mendukung proses pelelangan dalam barang dan jasa secara digital. Sistem e-Procurement dapat meminimalisir pertemuan Panitia Pengadaan dengan peserta lelang. Hal ini mampu mengurangi potensi praktik-praktik korupsi dan semacamnya.

Pemerintah dalam hal ini memiliki Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) sebagai penyelenggaranya.

Dengan memakai sistem e-Procurement, akan penawaran yang lebih banyak karena akses yang lebih mudah. Hal ini membuat alternatif pengadaan menjadi variatif. Mulai dari segi harga, kualitas, dan pelayanan.

Dan yang terakhir, mempermudah pertanggungjawaban dalam proses pengadaan barang dan jasa. Hal ini akan akan meningkatkan kinerja pemerintah dalam hal transparansi dan akuntabilitas.  

Supplier

Untuk pemasok barang dan jasa, sistem e-Procurement memberikan peluang usaha yang luas. Dengan peluang pemasok barang mampu menciptakan persaingan bisnis yang sehat dan kondusif. 

Selain itu, supplier juga mampu berkembang dalam berinovasi mengembangkan produknya. Dengan inovasi yang semakin berkembang, maka kontribusi dalam ekonomi pun semakin meningkat.

Manfaat lainnya adalah Supplier dapat mengikuti lelang tanpa perlu memikirkan biaya transportasi saat pelelangan. 

Aplikasi Procurite memberikan kemudahan dalam berbagai fitur-fitur yang tersedia. Salah satunya adalah Bid & Auction. Sebagai supplier Anda bisa memasang harga terbaik barang Anda saat proses pelelangan. 

Masyarakat

Sistem e-Procurement memberi kesempatan pada masyarakat untuk mengawasi proses dari pengadaan. Hal ini akan mencegah adanya kebocoran anggaran dalam tubuh kepemerintahan.

Sistem e-Precurement juga memberi peluang agar masyarakat mampu menganalisis kinerja pemerintah. Terutama dalam pengadaan barang dan jasa. 

Dengan adanya pengawasan dari masyarakat, pemerintah terus melakukan perbaikan kebijakan dan sistemnya. Hal ini akan mengurangi praktik fraud yang sering mewarnai proses pengadaan di pemerintahan.

Begitulah uraian dari tujuan e-Procurement serta manfaatnya. Setelah membacanya anda akan lebih paham betapa pentingnya penggunaan e-Procurement. Tidak mustahil, sistem pengadaan konvensional yang manual dan berbelit-belit suatu hari benar-benar hilang.

Lebih jauh lagi, Anda bisa mempelajari lebih lanjut tahapan-tahapan dengan mengakses aplikasi Procurite. Anda juga bisa mengakses website kami untuk informasi terkait konsultasi dalam pengadaan barang dan jasa. 

logo procurite

Tebet Timur Dalam Raya No 43 Jakarta, Indonesia

procurite phone icon+(62-21) 8357385

procurite phone icon085811417123