Waspada! Kelebihan dan Kekurangan Mobile Banking Sebagai Alat Transaksi

waspada-kelebihan-dan-kekurangan-mobile-banking-sebagai-alat-transaksi

Anda sering kesulitan jika ingin mentransfer uang? Malas keluar rumah untuk ambil uang di atm karena malas mengantri? Ingin cek mutasi rekening uang masuk dan uang keluar masih menggunakan buku tabungan? Di era 4.0 masih menggunakan cara-cara lama? Saatnya, Anda unduh dan pasang aplikasi mobile banking di telepon genggam.

Cara Mudah Transaksi Menggunakan Bantuan Aplikasi Mobile Banking

Beralih ke mobile banking sekarang! Di zaman sekarang udah nggak perlu ribet-ribet. Manfaatkan teknologi saat ini dengan menginstal aplikasi mobile banking kartu atm yang Anda gunakan. Lebih mudah dan praktis dalam segi penggunaan di kehidupan saat ini loh.

Tak perlu khawatir lagi, kini mengakses atm bisa lewat smartphone! Lebih mudah bisa dimana saja dan kapan saja mengirim uang tanpa ribet. Ingin tahu cara penggunaannya? Baca artikel ini sampai akhir.

Berkenalan dengan Aplikasi Mobile Banking

Mobile banking merupakan layanan untuk melakukan transaksi perbankan melalui ponsel atau smartphone layanan on could mobile banking dapat digunakan dengan menggunakan internet data saat melakukan transaksi perbankan melalui aplikasi yang telah diunduh oleh nasabah.

Aplikasi perbankan diberikan oleh bank secara cuma-cuma dengan memanfaatkan smartphone dan kuota internet untuk diunduh. Nasabah tak perlu khawatir karena bisa mengunduhnya melalui HP atau IOS. Kemudian bisa secara bebas mengakses dan melakukan transaksi perbankan di mana pun.  

Apakah mengalami kendala dalam mengaktifkan aplikasi sistem layanan perbankan di smartphone? Tidak tahu langkah-langkah memulainya? Ada syarat-syarat khusus bagi Nasabah baru dalam mengaktifkannya? Berikut ini kami jelaskan untuk Anda: 

  1. Pertama, mengunduh aplikasi mobile banking bank ATM yang Anda gunakan.
  2. Kedua, install lalu menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan aplikasi.
  3. Ketiga, masukan nomor ponsel yang akan didaftarkan dan satu hal pastikan nomor ponsel Anda aktif dan memiliki pulsa yang cukup karena proses pendaftaran melalui pengiriman pesan dengan pulsa untuk diberikan kode OTP.
  4. Keempat, kode OTP akan masuk melalui SMS kemudian masukkan kode yang telah dikirimkan dan masukan ke dalam kolom yang disediakan, jangan lupa klik lanjutkan.
  5. Kelima, akan diarahkan ke halaman login dan nasabah dapat melogin menggunakan data yang sudah diisi kemudian masuk ke menu utama aplikasi.
  6. Keenam, aktivasi Anda akan berhasil.

Anda tahu apa fungsi utama mobile banking? Fungsi utamanya adalah mempermudah Anda jika melakukan transaksi atau perbankan dengan cara yang jauh lebih praktis, yakni hanya melalui smartphone di genggaman. Cara mengaksesnya pun sangat mudah, Anda hanya perlu memasukkan password atau pin setiap kali ingin melakukan transaksi. Jangan beritahu orang lain dengan password dan pin yang Anda miliki.

Anda tidak perlu khawatir, kini berbagai bank sudah banyak yang menggunakan sistem layanan perbankan untuk para nasabahnya. Berikut ini daftar bank yang memiliki akses layanan tersebut:

  1. (BCA Mobile) Aplikasi BCA Mobile.
  2. (Cimb Go) Mobile CIMB Niaga.
  3. (Permata Mobile X) Mobile Banking Permata.
  4. (Mandiri Online) Bank Mandiri
  5. (BRI Mobile) Bank BRI.
  6. (BNI Mobile Banking) Bank BNI.
  7. (Jenius BTPN Mobile)
  8. Bank JENIUS.

Kemudahan Menggunakan Mobile Banking

1. Tidak Perlu Ribet Antre di Bank

Anda tipe orang yang sibuk? Tapi selalu melakukan transaksi perbankan. Saat pergi ke bank harus menunggu antrean? Padahal tidak memiliki waktu lama untuk menunggu. Tapi Anda diharuskan mengantre karena Nasabah lain pun antre.  

Permasalahan sepele menunggu di bank saja Anda masih pusing?  Ketinggalan zaman banget. Mulai saat ini Anda tidak perlu capek-capek pergi ke bank untuk melakukan transaksi pembayaran.

Kini telah hadir aplikasi transaksi bank layanan berbayar digital cukup download aplikasinya. Transaksi menjadi jauh lebih mudah dan menyenangkan. 

Transaksi perbankan kapan saja melalui smartphone, tablet, dan PDA. Cukup download di perangkat ponsel Anda. Membuat deposito, transfer dana, cek saldo dan membayar tagihan dengan sentuhan jari.

Baca Juga: Kode Transfer Bank

2. Tidak Telat Membayar Tagihan

Membayar tagihan juga bisa menggunakan aplikasi perbankan. Anda tidak perlu pergi ke teller bank setiap bulan. Karena semua bisa Anda bayarkan di dalam aplikasi. Tidak perlu khawatir lagi jika telat membayar belum lagi resah kalau dihubungi terus menerus. Cukup bermodalkan paket data untuk mengaksesnya, mudah sekali bukan?

Tidak lagi menghadapi jatuh tempo yang bikin panik. Anda bisa dengan cepat membayar semua tagihan dari jauh-jauh hari. Karena hanya tinggal sentuhan jari semua bisa dengan mudah Anda atasi. 

3. Memantau Saldo Akun Anda

Dengan aplikasi tersebut Anda bisa kapan saja mengakses informasi saldo di ATM Anda setiap menit dan dapat melihat saldo masuk dan keluar pada menu mutasi rekening. Tidak lagi khawatir dengan keuangan di saldo Anda yang bisa secara tiba-tiba berkurang. Anda juga dapat mengatur keuangan jika mengetahui berapa jumlah nominal saldo yang Anda miliki.

Anda bisa melakukan pengawasan terhadap saldo, tidak sembarangan orang melakukan transaksi di ATM Anda. Maka dari itu pastikan Anda menjaga password dan pin ATM Anda. Kini semua transaksi ada di genggaman Anda. 

4. Bebas Biaya

Apakah Anda tahu jika transfer melalui aplikasi sesama bank bisa bebas dari biaya admin? Nah, ini salah satu keunggulannya lho. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan dalam transaksi. Anda bisa lebih berhemat keuangan dengan tidak membayar biaya Admin.  Ingat, bebas biaya admin hanya bisa dilakukan oleh sesama bank.

5. Transaksi Jauh Lebih Aman

Dengan menggunakan aplikasi perbankan. Anda menjadi lebih aman dalam memantau keuangan Anda. Karena Anda bisa melihat siapa yang melakukan transaksi dengan bank Anda. 

Kekurangan Mobile Banking Waspada Sebelum Terjadi

  1. Nasabah rentan terhadap risiko penipuan “smishing”, yaitu dihubungi hacker yang menyamar sebagai institusi keuangan modus biasanya adalah menanyakan secara detail terkait rekening bank yang Anda miliki.
  2. Dibutuhkan smartphone yang canggih untuk mengaksesnya. Fitur keamanan melalui koneksi yang terenkripsi bisa di-hack jika smartphone Anda terdapat aplikasi bank tersebut hilang atau dicuri orang.
  3. Jika ingin install aplikasi perbankan harus menggunakan smartphone canggih untuk mengaksesnya.
  4. Dalam mengakses aplikasi tersebut Anda harus memastikan memiliki jaringan internet yang kuat. Karena aplikasi perbankan menggunakan paket data, diharapkan kuota Anda mencukupi untuk mengaksesnya.
  5. Berisiko terhadap pencurian data. Hal tersebut tentu butuh kewaspadaan.
  6. Jika pertama kali membuat akun di aplikasi perbankan Anda akan dikenai biaya SMS untuk mendapatkan kode OTP jika ingin mendaftarkan nomor rekening di aplikasi.

E-Procurement Management System Memudahkan Proses Pengadaan Barang

E procurement management system procurite dapat memproses pengadaan barang/jasa yang pelaksanaannya dilakukan secara elektronik dan berbasis web/internet dengan memanfaatkan fasilitas teknologi komunikasi dan informasi yang meliputi pelelangan umum secara elektronik yang diselenggarakan oleh Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Di system E-procurement juga terdapat fitur on cloud merupakan salah satu fitur terbaik yang mendukung sistem ini. Pelajari selengkapnya tentang aplikasi kami disini dan dapatkan uji coba secara gratis. 

logo procurite

Tebet Timur Dalam Raya No 43 Jakarta, Indonesia

procurite phone icon+(62-21) 8357385

procurite phone icon085811417123