Manajemen Pengadaan Aset Barang dan Jasa yang Praktis dengan Procurite

manajemen-pengadaan-aset-barang-dan-jasa-yang-praktis-dengan-procurite

Pada umumnya, setiap organisasi atau perusahaan memiliki jumlah aset/barang dan jasa baik aset berwujud maupun tidak berwujud. Aset yang beragam ini memiliki peranan penting sehingga harus dikelola dengan baik. Dengan begitu aset akan berfungsi secara efektif dan efisien serta memberikan manfaat bagi perusahaan. Bagi setiap perusahaan tentu memiliki manajemen pengadaan aset sesuai dengan kebijakan yang dibuat. 

Kebijakan tersebut bertujuan untuk mendapatkan aset dengan memperhitungkan faktor lainnya. Tentu hal ini digunakan untuk keberlangsungan perusahaan. Namun, sebelum membahas mengenai pemenuhan kebutuhan barang dan jasa, kami akan memberikan penjelasan yang mendasar mengenai beberapa hal terlebih dahulu. Simak penjelasannya pada artikel berikut ini!

Pengertian, Tujuan, Jenis Cara, Prinsip dan Ruang Lingkup Pengadaan Aset

Tahukah Anda apa itu manajemen aset? Ya, manajemen aset merupakan sebuah ilmu pengelolaan kekayaan yang mencakup proses merencanakan kebutuhan aset, mendapatkan, menginventarisasi, melakukan legal audit, menilai, membaharukan atau menghapus dan mengalihkan aset dengan cara efektif dan efisien.

Tujuan dari manajemen aset adalah membantu organisasi atau perusahaan untuk memenuhi kebutuhan aset dengan pengelolaan yang efektif dan efisien.

                A. Pengertian Pengadaan Aset

Pengadaan aset merupakan rangkaian aktivitas untuk mendapatkan aset yang dilaksanakan oleh pihak internal maupun eksternal yang menjadi penyedia aset yang bersangkutan. Pada pelaksanaannya, perlu dilakukan perencanaan yang matang dengan cara mengidentifikasi kebutuhan aset dan beberapa informasi yang mendukung.

Sementara manajemen pengadaan suatu aset merupakan suatu upaya dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan kegiatan mendapatkan aset/ barang dan jasa secara efektif dan efisien.

Adapun tujuan dari manajemen pengadaan secara umum adalah memperoleh aset yang berasal dari pihak internal maupun eksternal. Sementara tujuan khususnya adalah sebagai berikut ini.

1.      Public confidence

Melakukan pengadaan aset dengan menciptakan kepercayaan publik. Dalam pelaksanaannya terdapat prinsip yang mendukung yaitu prinsip akuntabilitas, transparansi, equity, hingga prosesnya yang adil.

2.      Efficiency and effectiveness

Merupakan salah satu cara untuk mewujudkan nilai aset tertinggi hingga mencapai nilai efisiensi. Sehingga perusahaan dapat meraih outcome secara maksimal.

3.      Policy compliance dan consistency

Pelaksanaan kebijakan pengadaan suatu aset sesuai dengan isu/tuntutan yang berkembang seperti misalnya kebijakan yang berorientasi pada kondisi tertentu.

                B. Jenis Cara Pengadaan Aset/Barang dan Jasa

Umumnya, jenis pengadaan aset dilakukan melalui dua cara yaitu melalui pihak dalam dan pihak luar. Untuk pihak dalam biasanya disebut dengan “swakelola” yang merupakan pengadaan kebutuhan aset yang dikelola oleh perusahaan atau pihak yang bersangkutan.

Adapun pengelolaan swakelola dilakukan oleh pengguna barang /jasa, instansi/perusahaan, kelompok masyarakat (LSM), dan penerima hibah. Sementara untuk pihak luar dilakukan untuk memenuhi pengadaan suatu aset yang berasal dari organisasi yang bersangkutan.

1.      Pelelangan umum, metode pemilihan penyedia pengadaan suatu aset dari penyedia barang atau konstruksi jasa yang bersangkutan dan memenuhi syarat.

2.      Pelelangan terbatas, adalah sebuah metode pemilihan penyedia pekerja konstruksi dalam jumlah yang terbatas.

3.      Pelelangan sederhana, pada pelelangan ini menggunakan metode pemilihan penyedia barang/jasa dengan nilai paling tinggi mencapai Rp 200 juta.

4.      Pemilihan langsung, merupakan salah satu metode yang menerapkan pemilihan penyedia barang/jasa untuk pekerja yang memiliki nilai paling tinggi mencapai Rp 200 juta.

5.      Seleksi umum dan sederhana, metode pemilihan penyedia pengadaan aset yang dilakukan oleh semua penyedia yang memenuhi syarat dan dilakukan dengan sederhana oleh perusahaan yang bersangkutan.

6.      Sayembara dan kontes, sayembara merupakan pemilihan penyedia pengadaan suatu aset dengan gagasan, kreativitas dan inovasi tertentu yang tidak ditetapkan berdasarkan harga tertentu.

7.      Penunjukan dan pengadaan langsung, penunjukan langsung adalah pemilihan penyedia pengadaan suatu aset dengan menunjuk secara langsung. Pengadaan langsung adalah pengadaan suatu aset tanpa melalui pelelangan atau seleksi apapun.

                    C. Prinsip Pengadaan

Dalam melakukan pelaksanaan pengadaan suatu aset, tentu diperlukan sebuah keyakinan yang mengacu pada tindakan dan pelaksanaan prinsip pengadaan sesuai dengan bagaimana pengelolaan pengadaan yang dilakukan. Prinsip yang diterapkan pada pengadaan barang/aset adalah sebagai berikut.

1.      Efisien

Proses pengadaan suatu aset barang dan jasa dilakukan dengan cara yang efisien. Yang dimaksud dengan efisien adalah penggunaan dana dengan batas tertentu dalam rangka mencapai kualitas dan sasaran waktu yang telah ditentukan.

2.      Efektif

Pengadaan berbagai aset dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan sasaran yang telah direncanakan sebelumnya. Dengan begitu, manfaat yang diraih akan lebih maksimal.

3.      Transparan

Dalam penerapannya, segala informasi dan ketentuan yang berkaitan dengan pengadaan harus bersifat jelas. Sehingga semua pelaksanaannya dapat diketahui oleh semua penyedia barang/jasa sekaligus masyarakat pada umumnya.

4.      Terbuka

Proses pengadaan dapat dilakukan oleh siapa saja terutama bagi penyedia aset/barang dan jasa yang memenuhi kriteria dan persyaratan yang telah ditetapkan atau sesuai prosedur yang jelas.

5.      Bersaing

Pengadaan berbagai aset yang dilakukan dapat bersaing dengan cara yang sehat dan sportif. Persaingan ini dilakukan oleh semua penyedia aset yang telah memenuhi persyaratan tertentu. Sehingga barang/jasa yang diperoleh tanpa ada intervensi yang mengganggu mekanisme pasar.

6.      Adil

Pengadaan berbagai aset dilakukan oleh semua penyedia barang/jasa dengan cara yang adil tanpa memberatkan sebelah pihak. Namun tetap memperhatikan ketentuan dan kepentingan yang berkaitan dengan prosedurnya.

7.      Akuntabel

Pelaksanaan pengadaan berbagai aset sesuai dengan aturan yang terkait dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kemudahan Pengadaan Aset bersama Procurite

Pengadaan berbagai aset oleh perusahaan merupakan hal yang sangat penting bahkan menjadi kebutuhan mendasar yang harus dipenuhi oleh perusahaan. Olek karena itu, dalam pelaksanaannya harus dikelola dengan baik dan tepat agar sesuai dengan tujuannya.

Proses pengadaan ini menjadi salah satu upaya dalam menentukan dan menyediakan aset untuk pemenuhan kebutuhan operasional perusahaan. Dengan begitu kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan kebutuhan tersebut dapat terpenuhi secara efektif, efisien dan memiliki nilai yang tinggi.

Pengelolaan pengadaan yang baik akan memberikan berbagai manfaat seperti menjaga nilai aset, meningkatkan keamanan aset, memantau resiko penyusutan yang dapat terjadi, menghindari pembelian yang tidak sesuai hingga mempermudah penyusunan anggaran.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi untuk mempermudah proses pengelolaan pengadaan. Aplikasi tersebut tentu memberikan banyak keuntungan lainnya.

Anda bisa menggunakan aplikasi pengadaan dari Procurite. Kami menyediakan pengadaan berbagai aset dalam satu aplikasi sehingga dapat diakses kapan saja dengan mudah. Hanya dengan aplikasi tersebut, Anda bisa merasakan manfaat yang luar biasa.

Procurite dilengkapi dengan fitur utama yaitu pemilihan barang/jasa dengan cepat sesuai dengan kategori, memastikan pembayaran sesuai Purchase Order (PO) sehingga meminimalisir kesalahan pemesanan, proses pelelangan dengan harga dan kualitas terbaik, dan negosiasi yang dilakukan secara online.

Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur tersebut untuk mendapat keuntungan yang maksimal. Tentu dengan prosesnya secara online yang cepat tanpa ribet atau menunggu terlalu lama. Dapatkan keuntungan dan kesuksesan bersama kami, dengan kebutuhan pengadaan berbagai aset yang lebih baik.

Penutup

Pastikan untuk menggunakan software paling baik untuk melakukan manajemen pengadaan aset barang / jasa dengan kualitas terbaik. Jika Anda butuh menggunakan perangkat lunak kami, segera intip halaman penawaran Procurite, ya. Kami tunggu pesanan Anda!

logo procurite

Tebet Timur Dalam Raya No 43 Jakarta, Indonesia

procurite phone icon+(62-21) 8357385

procurite phone icon085811417123