Mengenal Pengadaan Barang dan Jasa Lengkap dengan Tujuan Serta Prinsip-prinsipnya

mengenal-pengadaan-barang-dan-jasa-lengkap-dengan-tujuan-serta-prinsip-prinsipnya

Anda pernah mendengar istilah pengadaan barang dan jasa? Ternyata hal ini sangat sering dilakukan untuk proses bisnis dan usaha era sekarang. Prosesnya sudah dimulai dari fase yang masih konvensional sampai sudah beradaptasi menjadi tipe elektronik sehingga semuanya menjadi lebih praktis. 

Bahkan untuk membuat prosesnya semakin mudah Anda perlu tahu kalau pemerintah mengadakan sistem elektronik untuk kegiatan ini. Sehingga mulai dari tahap persiapan, perencanaan, pembayaran sampai dengan pengiriman semuanya sudah dibekali dengan sistem atau software untuk menunjang semua prosesnya sampai selesai.

Mengenal Pengadaan Barang dan Jasa

Sebelum lanjut ke pembahasan yang lebih inti Anda perlu tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan pengadaan barang dan jasa ini. Proses ini melibatkan pemenuhan kebutuhan dan pengelolaan barang dan jasa. Proses ini sudah diperjelas dan didukung oleh pemerintah untuk membuat prosesnya semakin maksimal dan memudahkan siapa saja yang membutuhkannya. 

Pemerintah sendiri menamai sistem yang satu ini dengan Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE). Aplikasi atau software ini nantinya dikelola oleh LKPP sebagai kebutuhan Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah yang ada di Indonesia. Lalu, bagaimana untuk lembaga lain yang membutuhkan? Ternyata ada juga beberapa hal yang perlu Anda perhatikan tentang itu. 

1. Marketplace

Pertama, ada marketplace yang berguna untuk menyediakan segala jenis barang atau jasa yang bisa dibeli secara online. Dalam pelaksanaannya antara penjual dan pembeli hanya perlu mencari apa yang mereka butuhkan cukup dari aplikasi atau website terkuat. Kemudian mereka bisa melakukan pembayaran dan menunggu pengiriman barangnya dilakukan. Tentunya hal ini bakalan mempermudah kinerja menjadi lebih baik. 

2. Katalog Elektronik

Kedua, adanya katalog elektronik yang mempermudah para pembeli untuk melihat apa saja yang ditawarkan oleh vendor. Jadi Anda tidak perlu lagi datang ke tempat vendor hanya untuk melihat barang apa saja yang dijual melainkan bisa langsung melihatnya dari katalog yang disediakan oleh vendor terkait. Cara ini tentunya bakalan menghemat waktu dan tenaga yang dibutuhkan nantinya. 

3. Toko Online

Ketiga, toko online ini juga merupakan bentuk dari pengadaan barang atau jasa yang dimaksud. Saat ini untuk mencari kebutuhan Anda tentu tidak perlu lagi mencari dengan susah. Anda hanya perlu mengetikkan barang atau jasa yang dibutuhkan pada toko online terkait. Intinya semua proses yang terjadi di dalamnya menjadi lebih praktis untuk dilakukan. 

4. Sistem Pembayaran Online

Keempat, adanya sistem pembayaran online yang memungkinkan kedua belah pihak tidak perlu bertemu untuk melakukan pembayaran. Anda bisa langsung transfer menggunakan rekening bank atau bahkan uang digital ketika memilikinya. Kemudian kamu hanya perlu mengirimkan bukti transfer dan penerima bakalan mengecek apakah uangnya dikirimkan atau belum. 

5. Kemudahan Pengiriman

Kelima, adanya sistem pengiriman yang mudah. Maraknya pembelian secara online membuat jasa pengiriman menjadi semakin banyak dan memperbaiki pelayanannya. Saat ini Anda tidak perlu repot mengirimkan sendiri barang yang bakalan dijual atau meminta pembeli mengambil barangnya sendiri. Dengan harga lebih murah Anda bisa menggunakan ekspedisi untuk mengirimkan dan menunggu barang tersebut sampai tepat di depan rumah.

Tujuan Pengadaan Barang dan Jasa

Selain mengenal tentang pengertiannya Anda juga perlu tahu kalau pengadaan barang dan jasa ini memiliki tujuan dibalik pelaksanaannya. Lantas apa saja tujuan yang mendasari proses ini tetap dilakukan? Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Mendorong proses pengadaan yang berkelanjutan

Tujuan utama pengadaan proses ini adalah untuk mendorong atau mendukung pengadaan yang lebih berkelanjutan. Pembangunan dan pengembangan bisnis tentunya bukanlah proses yang sekali dilakukan kemudian sudah ditinggalkan atau tidak dilakukan nanti. Namun proses ini merupakan satu kesatuan yang saling berkesinambungan satu dengan lainnya. 

Diharapkan melalui sistem yang berkelanjutan ini bakalan didapatkan kesejahteraan yang diimpikan oleh banyak orang. Nantinya proses pengadaan jasa dan barang ini bisa menembus semakin banyak lapisan masyarakat yang membutuhkannya. Jadi, kesenjangan sosial yang dirasakan bisa semakin berkurang nantinya. 

2. Sebagai sarana pemerataan pembangunan

Proses pengadaan barang atau jasa ini ternyata juga bertujuan untuk sarana pemerataan pembangunan yang dibutuhkan. Hal ini termasuk dalam upaya besar yang dilakukan pemerintah dalam mensejahterakan rakyatnya. Ketimpangan sosial atau kesenjangan sosial di Indonesia nyatanya menjadi masalah serius yang perlu diselesaikan. 

Salah satu upaya praktis dan menarik yang bisa dilakukan oleh pemerintah adalah dengan mengadakan pemenuhan barang dan jasa untuk siapapun yang membutuhkan. Apalagi saat ini sistemnya sudah dibuat lebih mudah dan praktis jadi keuntungan yang didapatkan juga semakin mudah nantinya. 

3. Keterlibatan industri kreatif yang lebih baik

Tujuan ketiga dengan adanya pengadaan barang atau jasa ini adalah untuk menarik keterlibatan industri kreatif yang lebih baik nantinya. Hal ini bertujuan untuk menarik minat dari semua pihak ketika sudah beralih menggunakan proses yang lebih elektronik dan modern tentunya. 

Perkembangan yang baik ini nantinya bisa menjadi acuan penting dalam perkembangan proses yang lebih baik nantinya. Dalam pelaksanaannya nanti pelaku kreatif ini bakalan terlibat dalam semua proses yang terjadi di dalamnya. 

4. Dukungan barang dan jasa dari penelitian

Tujuan keempat dari pengadaan barang dan jasa ini adalah dukungan barang dan jasa dari penelitian. Proses yang sudah modern ini tentu tidak lepas dari peranan para peneliti lokal untuk menciptakan sistem yang lebih baik nantinya. Anda bakalan melewati lebih banyak revisi dan evaluasi tergantung dengan proses yang telah dilakukan. 

Untuk menunjang penelitian ini tentu saja proses pengadaan barang atau jasa ini harus digencarkan dengan baik. 

5. Pengusaha nasional menjadi lebih kuat

Proses pengadaan ini nyatanya memberikan kemudahan dalam segi peluang lebih banyak untuk pengusaha nasional agar terjalin suatu hal yang lebih kuat. Nantinya bakalan banyak pengusaha yang beralih menjadi sistem online dan mampu menjangkau lebih banyak jangkauan yang dibutuhkan. 

6. Menunjang peran UMKM berkembang

Tujuan keenam dengan adanya pengadaan ini adalah untuk memberikan peran UMKM yang lebih berkembang dengan baik. Usaha UMKM ini memang perlu didukung dengan maksimal biar lebih dikenal luas dan mendapatkan keuntungan lebih baik lagi nantinya ketika digunakan. 

Prinsip-prinsip Pengadaan Barang dan Jasa

Setelah mengenal tujuannya Anda perlu tahu kalau pengadaan barang dan jasa ini juga memiliki beberapa prinsip yang mengatur penggunaannya. Adapun beberapa prinsip yang digunakan oleh proses ini bisa dilihat sebagai berikut:

1. Efisien

Prinsip pertama yang perlu Anda ketahui adalah tentang sisi efisien yang diberikan. Dalam hal ini proses pengadaan barang atau jasa harus dibuat lebih efisien dalam segi tenaga, waktu dan biaya yang dikeluarkan sehingga nantinya bakalan mampu menyelesaikan masalah yang selama ini sering terjadi. Terlebih ketika sudah menggunakan tipe yang elektronik. 

Diharapkan nantinya bisa menggunakan sumber daya manusia maupun sumber daya lain yang ada dengan maksimal untuk mendapatkan tujuan yang diharapkan. Tentunya hal ini memang bukan hal yang mudah namun sudah ditekankan menjadi prinsip penting dari prosesnya. 

2. Efektif

Meskipun banyak yang menyebut prinsip ini sama dengan efisien namun Anda perlu tahu kalau kedua hal tersebut nyatanya berbeda. Ketika berbicara tentang efisien maka yang dimaksud adalah seberapa maksimal sumber daya yang dimanfaatkan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sementara ketika bicara soal efektif maka yang dimaksud adalah seberapa bergunanya sumber daya yang digunakan untuk suatu tujuan tertentu. 

Dalam pelaksanaannya pengadaan barang atau jasa ini nantinya diharapkan mampu memberikan suatu hal yang cukup efektif ketika digunakan. Sehingga tidak banyak tenaga, waktu dan pikiran yang telah dibuang namun tidak begitu memberikan dampak yang maksimal nantinya. 

Anda tentunya tahu bahwa untuk mengukur efektif tidaknya memang cukup sulit dan dibutuhkan parameter yang dibuat untuk mampu mencapai tujuannya. Namun ketika sudah mencapai ukuran yang dimaksud bisa dibilang apa yang dilakukan ini sudah cukup sukses.

3. Transparan

Selain efektif nyatanya prinsip yang perlu dimiliki oleh pengadaan jasa dan barang ini berkaitan dengan sisi transparan. Meskipun saat ini semua hal yang dilakukan sudah serba online namun kedua belah pihak tetap harus tahu tentang apa saja yang sudah dilakukan dan progress apa saja yang perlu dipertimbangkan. 

Sisi transparansi ini mulai diterapkan dari sisi perencanaan, pengaplikasian, pembayaran sampai dengan proses pengiriman barang sampai ke tujuannya. Semua ini bisa dipantau dengan mudah atau ditracking untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan nantinya. 

4. Terbuka dan bersaing

Apa bedanya transparan dan terbuka? Mungkin beberapa orang menganggap kedua prinsip tersebut sama padahal dari sisi artian tentu saja berbeda. Terbuka maksudnya dalam melakukan hal ini semua proses persaingan di dalamnya dilakukan dengan terbuka tanpa ada niatan saling menjatuhkan dari satu pihak ke pihak lainnya. 

Prinsip ini tentunya bertujuan untuk menjaga kredibilitas dan keberlangsungan kegiatan yang dilakukan oleh semua pihak di dalamnya. Prinsip ini bakalan memberikan kemudahan dan kebebasan yang tetap mengikat sesuai aturan semua pihak yang tergabung di dalamnya. 

5. Adil

Maksud dari prinsip ini adalah tidak membeda-bedakan antara satu pihak dengan pihak lainnya karena semua pihak yang masuk di dalamnya memiliki hak serta kewajiban yang sama. Hal ini menjadi tanggung jawab yang perlu dipahami dalam melakukan proses pengadaan jasa dan barang yang dibutuhkan. 

Adil yang dimaksud di sini juga melakukan apa saja sesuai dengan porsinya masing-masing dan tidak memberatkan di salah satu sisi saja. Anda perlu tahu kalau dalam prosesnya pengadaan barang atau jasa ini bakalan melibatkan banyak pihak di dalamnya sehingga semuanya harus terbagi dengan baik jangan sampai ada yang tumpang nantinya. 

6. Akuntabel

Untuk prinsip ini nantinya berkaitan dengan sisi pertanggungjawaban atas apa yang sudah direncanakan sampai dilakukan sesuai tujuannya. Semuanya harus dicatat dengan benar dan tidak ada unsur rekayasa atau kesalahan di dalamnya. Sehingga semua pihak yang terlibat di dalamnya juga bisa mengetahuinya dengan jelas. 

Akuntabel sama halnya dengan mencatat segala bentuk atau kejadian yang berlangsung dalam proses pelaksanaannya. Dengan melakukan proses yang lebih akuntabel Anda bakalan dipermudah ketika menemui kesulitan atau membutuhkan pencarian yang lebih mendalam dari masing-masing kejadian di masa lalu. Anda bisa langsung mengecek dari dokumentasi dan catatan yang telah dibuat berkaitan dengan jam dan waktu kejadiannya. 

Pentingnya Melakukan Perencanaan Barang Dan Jasa

Lalu mengapa proses pengadaan barang dan jasa ini harus dilakukan rencana yang baik? Ternyata ada beberapa hal yang perlu Anda pahami untuk mengenali lebih jauh apa hubungan dan dampak yang diberikan dari perencanaan barang dan jasa ini secara langsung maupun tidak langsung. 

1. Memperlancar Roda Perputaran Pemerintah/Perusahaan 

Pertama, nyatanya proses pengadaan barang dan jasa ini memiliki peranan langsung dalam roda perputaran pemerintah maupun perusahaan tertentu. Nantinya proses ini bakalan berlangsung lebih aman dan lancar untuk sukses tentunya. Semua hal ini berkaitan dengan sistem dan program yang dilakukan oleh pemerintah itu sendiri. Dalam kegiatannya juga memberikan dampak yang signifikan terhadap pemasukan dan perputaran ekonomi yang terjadi di Indonesia itu sendiri. 

2. Memperlancar Seluruh Kegiatan yang Ada

Kedua, proses pengadaan barang dan jasa ini berdampak pada seluruh kegiatan yang bakalan dilakukan nantinya. Namanya juga sebuah rencana, maka rencana ini nantinya akan dilakukan untuk semua kegiatan yang ada di dalamnya. Rencana ini juga dibuat dengan terperinci dengan alasan yang kuat untuk mendapatkan suatu tujuan yang dibutuhkan. Rencana ini akan mempengaruhi kelancaran segala bentuk kegiatan yang bakalan dilakukan dalam semua prosesnya nanti. 

3. Mempermudah Produktivitas

Ketiga, dalam proses pengadaan ini tidak semua barang dan jasa yang dibutuhkan oleh pemerintah bisa disediakan oleh pemerintah atau perusahaan itu sendiri. Sehingga dengan adanya pengadaan jasa dan barang ini akan mempermudah proses maupun produktivitas dengan baik. Untuk mencukupi barang atau jasa yang belum dimilikinya tentu saja dibutuhkan pasokan dari pengusaha swasta untuk bisa melengkapi apa yang belum ada. 

4. Efektifitas Kinerja

Keempat, dalam melakukan pengadaan ini juga didukung dengan aturan dan filterisasi yang ketat untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan nantinya. Sehingga semua proses maupun kinerja yang dilakukan di dalamnya bisa berjalan dengan efektif dan memberikan suatu hal yang menguntungkan untuk didapatkan. 

5. Pemenuh Kebutuhan

Kelima, pengadaan barang dan jasa ini memberikan pasokan atau mempermudah proses pemenuhan kebutuhan pemerintah atau perusahaan yang lebih maksimal untuk dilakukan. Nantinya proses ini diharapkan mampu memberikan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan sampai dengan peran masyarakat yang lebih meningkat dengan lebih baik nantinya. 

Nah, bagi Anda yang berasal dari instansi pemerintah maupun perusahaan tertentu yang membutuhkan proses pengadaan, maka langsung saja sukseskan kegiatan tersebut bersama kami. Yakni hanya bersama Procurite sebagai layanan e-procurement terbaik di Indonesia.

Sukseskan Pengadaan Barang dan Jasa Bersama Procurite!

Kegiatan pengadaan yang dilakukan oleh perusahaan atau instansi pemerintah memiliki peran yang sangat penting. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh mengabaikan kegiatan pengadaan tersebut. Nah, salah satu upaya yang bisa Anda lakukan untuk memperlancar pengadaan adalah menggunakan sistem electronic procurement bersama kami di Procurite. 

Jangan khawatir dan ragu, kami memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun di bidang pengadaan di Indonesia. Itu sebabnya, kami di Procurite sangat sanggup dalam melayani kebutuhan pengadaan Anda secara profesional.

Procurite sendiri adalah aplikasi atau software e-procurement di Indonesia yang membuat Anda lebih praktis dalam melakukan pengadaan. Layanan kami di Procurite juga dilengkapi adanya fitur on cloud atau cloud base. Dengan begitu, dapat membuat pengoperasian pengadaan bersama Procurite menjadi lebih mudah dan lancar.

Bersama kami di Procurite, Anda dihadirkan langsung dengan fasilitas pendukung kegiatan pengadaan barang dan jasa hanya dengan satu aplikasi. Jadi, tunggu apa lagi, sukseskan pengadaan bersama Procurite sekarang juga. 

logo procurite

Tebet Timur Dalam Raya No 43 Jakarta, Indonesia

procurite phone icon+(62-21) 8357385

procurite phone icon085811417123