PROSES PENGADAAN BARANG DAN JASA APA SAJA? – COBA CEK DISINI

proses-pengadaan-barang-dan-jasa-apa-saja-coba-cek-disini

SPEND MANAGEMENT

 

 

Proses procurement atau pengadaan barang dan jasa melibatkan banyak hal seperti mencari vendor, quality control, permintaan pengadaan hingga meneruskan permintaan perusahaan ke vendor yang terlibat sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut hingga tepat waktu. Pada dasarnya proses pengadaan barang dan jasa dibutuhkan budget yang terencana di perusahaan tersebut, dalam mengoptimalkan pembelanjaan tersebut pasti biaya yang digunakan perusahaan akan membutuhkan biaya yang cukup tinggi maka dari itu sangat diperlukan spend management untuk memantau keuangan perusahaan agar dapat lebih efisien dan menjadi lebih hemat kedepannya. Apa yang dimaksud dengan spend management atau yang biasa disebut managemen pengeluaran, ini merupakan proses yang digunakan oleh suatu perusahaan dalam mengontrol pengeluaran atau budget yang digunakan. Proses ini sangat efektif dapat membantu bisnis mengurangi biaya atau mengarahkan penghematan untuk meningkatkan laba suatu perusahaan. 

 

Alasan mengapa spend management sangat penting di suatu perusahaan karena memberikan tingkat transparasi dan kontrol atas pengeluaran yang dapat digunakan untuk mengurangi resiko, meningkatkan laba dan meningkatkan efisiensi operasional perusahaan secara keseluruhan. Manfaat yang didapatkan kita perusahaan menerapkan spend management akan dijelaskan secara detail di bawah ini:

  • Memperoleh data pengeluaran perusahaan secara transparan

Barang atau jasa yang sudah terdeliver tidak didokumentasikan dengan baik sedangkan permintaan barang atau jasa semakin meningkat dari tahun ke tahun sementara produktivitas atau kinerja terus menurun. Tidak ada pengumpulan data secara cermat atau teliti bahkan jikapun ada akan sangat sangat sulit mengartikan keseluruhan data tersebut karena data tersebut tersebar dalam berbagai platform dan beberapa format file bahkan non digital. Oleh karenanya spend management akan membantu mengumpulkan dan mengolah data kedepannya.

 

  • Mencegah maverick spending

Pengertian dari maverick spending adalah pengeluaran yang dihasilkan dari pembelian disertai melanggar aturan yang ditetapkan oleh prosedur perusahaan. Dengan sistem spending management akan membantu dalam meminta persetujuan semua transaksi pembelian dan menciptakan pengawasan yang sangat ekstra  dan mengendalikan ke tingkat yang lebih tinggi.

 

  • Mengatasi atau menghindari penipuan atau fraud

Kadang kita menemukan pegawai kantor membeli keperluan pribadi menggunakan budget perusahaan dan bermaksud akan membayar kembali tapi terkadang mereka tidak bisa mengembalikannya. Dengan sistem spend management ini akan memonitor dengan baik dan dapat menentukan apa saja yang dapat dibeli oleh karyawan dan apakah sudah sesuai dengan kebijakan perusahaan untuk mencegah penipuan dan memastikan pembayaran sesuai barang yang dipesan.

 

  • Memiliki sistem kontrol atau monitoring lebih baik

Spend management membantu pengawasan menjadi lebih detail dimana harus melalui persetujuan dan membatasi pengeluaran yang dianggap tidak penting.

 

  • Membuat sistem procurement jadi lebih lancar dan cepat

Sistem ini menerapkan dimana proses manual berintegrasi menjadi proses online dan kedepannya proses persetujuan akan dilakuan secara online sehingga menjadi lebih efisien dan cermat.

 

  • Mengelola pengeluaran perusahaan

Menghadirkan sistem dalam 1 wadah atau platform untuk memudahkan visualisasi dalam pengumpulan dan pemahaman suatu data, sebelumnya mungkin perusahaan terbiasa menggunakan format excel tapi belom tentu semua data bisa diproses dalam format yang sama maka dengan adanya spending management ini memberikan desain dengan semua format yang bisa digunakan dalam mengumpulkan data.

 

  • Memberikan analisa atau report pengeluaran perusahaan

Dengan adanya laporan atau analisa yang dibuat setiap bulan, perusahaan akan melihat alur pengeluaran perusahaan apakah sudah sesuai rencana atau mungkin menyimpang dari kebijakan yang sudah disetujui.

 

Jika perusahaan Anda berada dalam situasi pengelolaan pengeluaran yang sulit, apakah Anda sudah mempertimbangkan untuk mengoptimalkan proses pengeluaran Anda? Dengan langkah-langkah yang dibahas, kami meyakinkan Anda bahwa adalah mungkin untuk mengelola pengeluaran sebelum menjadi tidak terkendal. Apakah Anda tertarik dengan sistem tersebut? , hubungi kami untuk informasi lebih lanjut tentang langkah-langkah tersebut di https://www.mitramandiri-informatika.co.id/contact-us

logo procurite

Tebet Timur Dalam Raya No 43 Jakarta, Indonesia

procurite phone icon+(62-21) 8357385

procurite phone icon085811417123